Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gelombang 18 Kartu Prakerja Akan Dibuka, Daftar Akun Prakerja Terlebih Dahulu

Kartu Prakerja Gelombang 18

Hallo sobat PENAGUN, pasti sobat sudah tahu Program Kartu Prakerja kan? Terakhir Program Kartu Prakerja sampai pada gelombang 17. Nah, dari informasi yang saya dapatkan di halaman FB resminya Kartu Prakerja, rencana akan dibuka gelombang 18 tetapi belum disebutkan kapan detil tanggal-nya. Perlu diketahui sebelum mengikuti program Kartu Prakerja ini, sobat harus mempunyai akun Prakerja terlebih dahulu. Tidak ada salahnya sambil menunggu Kartu Prakerja Gelombang 18, saya ulas bagaimana cara mendaftar di akun Prakerja ini.

Bagaimana dan Dimana Cara Daftar Akun Prakerja?

Seperti pada gelombang-gelombang sebelumnya, cara daftar program kartu prakerja ini dilakukan secara full online, dan tentunya tidak ada biaya sepeserpun alias gratis.

Persyaratan

Sebelum mendaftar program Kartu Prakerja ini, pastikan anda memenuhi persyaratan-persyaratan yang diberikan, antara lain.

  1. WNI 18 tahun keatas
  2. Pengangguran atau Pencari Kerja
  3. Buruh atau Karyawan
  4. Wiraswasta
  5. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  6. Bukan TNI/POLRI, bukan ASN, bukan pegawai BUMD/BUMN, bukan anggota DPRD/DPR
  7. Bukan penerima bansos kemensos (DTKS), dan bukan penerima BPUM

Daftar Akun Prakerja

Setelah persyaratan-persyaratan yang diminta anda penuhi, kemudian langkah berikutnya adalah ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke situs https://www.prakerja.go.id/
  2. Klik Daftar Sekarang
  3. Masukan Nama Lengkap anda, masukan alamat email dan kata sandi baru, jangan lupa centang pernyataan dibawahnya , lalu klik BUAT AKUN
  4.  Cek email anda, buka inbox, lihat kiriman pesan dari pihak prakerja. ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail.
  5. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke website prakerja, lalu klik login untuk masuk ke dashboard akun anda. Sekarang anda sudah punya akun di prakerja.

Langkah berikutnya adalah anda disuruh melengkapi data diri anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk atau login ke dashboard akun prakerja anda
  2. Masukan no.KTP dan tgl lahir , lalu klik berikutnya
  3. Isi data diri mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status pekerjaan, foto KTP, lalu klik Berikutnya
  4. Masukan no.telpon dan kode OTP yang masuk via SMS

Mengikuti Tes Awal

Setalah anda selesai daftar akun prakerja, langkah berikutnya adalah mengikuti tes online yang sudah disediakan di dashboard akun prakerja anda. Tes ini terdiri dari TES MOTIVASI dan TES KEMAMPUAN DASAR.  Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar ini memiliki durasi waktu selama 15 menit. Setelah mengikuti tes tersebut, tunggu pemberitahuan lewat email anda. Setelah mendapat email pemberitahuan, kembali ke akun prakerja anda, lalu lihat bagian dashboard akun anda,  nanti ada tombol GABUNG disitu, klik saja. Setelah klik itu artinya anda sudah berhasil gabung di program prakerja ini. Anda tinggal menunggu saat pengumuman apakah diterima atau tidak. Jika tombol GABUNG belum muncul, berarti program kartu prakerja-nya belum dibuka, selalu ikuti berita dari saluran resmi dan juga rajin cek dashboard prakerja anda apakah tombol GABUNG-nya sudah muncul apa belum.

Kapan Prakerja Gelombang 18 Dibuka?

Saat postingan ini ditulis, tombol GABUNG di dashboard akun prakerja belum nyala atau muncul, berarti belum dibuka. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya diatas, akun FB resmi prakerja sudah memberikan info bahwa gelombang 18 prakerja akan dibuka walaupun tidak disebutkan kapan tanggalnya. Dari pengalaman gelombang-gelombang sebelumnya, biasanya pembukaan prakerja selalu tepat jam 12 siang. Dan biasanya pembukaan pendaftaran prakerja dikasih waktu selama 3 hari, setelah 3 hari akan ditutup lagi. Mungkin nanti saya usahakan saya update juga jika prakerja gelombang 18 sudah dibuka.

Demikianlah info mengenai persiapan mengikuti program Kartu Prakerja yang akan memasuki gelombang ke-18, semoga bermanfaat.

UPDATE = Gelombang 18 Prakerja dimulai Tgl 17 Agustus - 19 Agustus 2021.


Post a Comment for "Gelombang 18 Kartu Prakerja Akan Dibuka, Daftar Akun Prakerja Terlebih Dahulu"