Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Lho, AliExpress Indonesia Ternyata Ikutan Diblokir Juga!

Sebenarnya ga ada kepikiran saya membuat postingan ini, tapi saat postingan ini dibuat yaitu 15 November, saya baru tahu kalau kita sudah ga bisa berbelanja online lagi di aliexpress.  Lumayan kaget juga dan ga mengira juga ternyata aliexpress ikut-ikutan diblokir oleh pemerintah kita, kirain cuma TikTok Shop saja yang diblokir. Itulah yang menjadi alasan saya ingin mencurahkan atau mengeluarkan uneg-uneg saya lewat tulisan di postingan ini he..he... Sebenarnya saya ga terlalu sering sekali belanja lewat aliexpress, kalau ga salah inget saya baru sekitar 3 kali belanja di aliexpress. Kebanyakan dari orderan saya adalah hunting part-part atau kit elektronik yang jarang atau bahkan ga ada yang jual di Indonesia.

Awalnya saat saya buka website-nya aliexpress, seperti biasa saya hunting barang-barang yang memang tidak ada di Indonesia, atau sesekali saya cek lagi wishlist saya di aliexpress, siapa tau sudah saatnya untuk dibeli hehe. Ketika mencoba untuk memasukan ke keranjang, dan proses berikutnya adalah cekout, ternyata pilihan pengiriman ke negara Indonesia sudah ga ada alias menghilang, nah lho! Coba lihat gambar screenshoot di bawah ini.

Nah lihat lingkaran merah pada gambar diatas. Untuk tujuan pengiriman, tidak ada region Indonesia. Kalau dulu-dulu pasti ada. Ini jelas karena kebijakan baru pemerintah dalam hal ini kementrian perdagangan tentang larangan pembelian barang dari luar negara secara langsung atau melalui marketplace. Kebijakan ini setau saya bersamaan dengan pelarangan atau dihapuskannya tiktok shop di aplikasi tiktok, karena dalam kebijakan baru tersebut mengatur bahwa media sosial harus terpisah dengan marketplace, tidak boleh campur jadi satu aplikasi.  OK lah untuk masalah pelarangan tiktok shop jadi satu dengan medsos-nya tidak akan saya bahas disini. Disini saya fokus untuk aturan pembelian barang dari luar negeri.

Sebenarnya, sebelum saya tahu hilangnya negara Indonesia sebagai salah satu tujuan pengiriman barang di aliexpress ini, untuk marketplace shopee yang khusus pembelian dari luar negeri juga sudah dihapuskan. Biasanya di shopee kita bisa membeli barang dari luar negeri langsung, tapi untuk sekarang sudah ga bisa lagi. Nah untuk yang di aliexpress ini saya beneran baru tahu sekarang. Kemudian saya cek di marketplace luar negeri lainnya seperti amazon dan ebay, ternyata negara Indonesia masih ada sebagai salah satu tujuan pengiriman. Nah ini yang bikin bingung juga kok ga semuanya sekalian. Di alibaba yang notabene induknya aliexpress juga katanya masih bisa untuk pengiriman ke Indonesia.

Pertanyaannya mungkin kenapa hanya di aliexpress saja kita ga bisa melakukan pembelian barang. Apakah karena harga di aliexpress itu murah-murah? sehingga karena alasan murah tersebut, pemerintah selalu menggunakan alasan untuk melindungi UMKM sebagai pembenaran. Memang betul aturan pelarangan beli barang di luar negeri lewat marketplace bisa untuk melindungi UMKM agar persaingan harga lebih sehat, karena untuk barang dengan spek yang sama, seringnya produksi lokal malah jauh lebih mahal. Maka itulah orang-orang lebih suka order dari luar negeri menggunakan marketplace. 

Sebenarnya tujuan aturan itu dibuat sangat baik, agar barang-barang dari luar negeri tidak ikut merusak harga di lokal. Tetapi kan dengan pelarangan membeli barang dari luar negeri lewat marketplace, konsekuensinya barang-barang yang biasa kita beli dari luar negeri harus sudah tersedia di marketplace lokal. Nah sudah bisakah kita memenuhi konsekuensi tersebut? saya rasa kok belum ya, jauh dari harapan, haha. Saya lihat di saluran YouTube yang membahas tentang masalah ini, banyak yang mengeluhkan terutama bagi mereka yang terbiasa mencari barang-barang unik atau hi-tech yang belum bisa diproduksi di negara kita. Mereka juga UMKM lho, misal tukang servis laptop atau HP yang notabene sering membeli part-part dari luar negeri karena di Indonesia memang ga ada yang jual. Itu hanya satu contoh saja, tentu masih banyak mereka yang profesinya mengharuskan membeli barang dari  luar negeri.

Harapan saya sebenarnya ingin agar peraturan terbaru tersebut bisa dikaji ulang atau direvisi agar lebih cermat dan lebih terarah lagi, sehingga kesannya tidak membabi buta. Salam Blogger.



Post a Comment for "Lho, AliExpress Indonesia Ternyata Ikutan Diblokir Juga!"