Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tutorial Cara Membatasi Pengguna WiFi TP Link Dengan Mudah

 

Cara Membatasi Pengguna WiFi TP Link
Cara Mudah Membatasi Pengguna WiFi TP Link

Para pengguna memperlambat koneksi jaringan WiFi, terutama jika menggunakan WiFi dengan mbps yang rendah. Anda bisa menggunakan cara membatasi pengguna WiFi TP link untuk membatasi penggunanya.

Jika pengguna WiFi terlalu banyak, akan membuat koneksi jaringan WiFi menjadi lemot. Apalagi jika Anda menggunakan WiFi yang memiliki Mbps kecil.

Koneksi WiFi dengan koneksi paket data merupakan dua hal yang berbeda. Pada koneksi WiFi, hampir semua orang dapat mengaksesnya. Walaupun terkadang Anda sudah melindungi agar tidak tersambung ke perangkt lain, namun tetap saja ada yang nakal dan membobolnya.

Lalu, bagaimana cara membatasi pemakaian WiFi? Simak tips dan cara membatasi pengguna WiFi TP link berikut ini.

Cara Membatasi Pengguna WiFi TP Link

Sebelum membahas tentang  cara membatasi pengguna WiFi TP link, Anda juga harus mengetahui cara melihat siapa saja yang memakai WiFi tp link? Berikut ini cara melihat pengguna yang terhubung dengan jariangan WiFi Anda melalui router TP Link.

·         Install aplikasi Tether terlebih dahulu lewat Google Playstore.

·         Jika Anda sudah berhasil memasang aplikasi tersebut, kemudian buka aplikasi dan tekan tombol router yang terdeteksi.

·         Anda bisa login dengan username default yang terletak di bawah perangkat.

·         Selanjutnya akan muncul tampilan status “Wireless”.

·         Lalu pilihlah menu “Clients”. Data perangkat yang sudah terhubung akan langsung tersaji pada layar.

·         Anda bisa langsung menghapus perangkat yang Anda curigai di sini.

Setelah Anda mengetahui cara melihat siapa saja yang memakai WiFi tp link, selanjutnya Anda wajib menyimak cara membatasi pengguna WiFi TP link berikut ini.

Baca juga: Panduan Cara Setting TV Polytron LED Agar Jernih Permanen

Lewat Aplikasi NetLimiter

NetLimiter adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membatasi bandwidth pengguna WiFi TP link. Sebenarnya tidak hanya berguna pada TP link saja, namun Anda bisa menggunakannya untuk semua modem. Berikut ini cara menggunakan aplikasi NetLimiter:

·         Unduh dan install aplikasi NetLimiter terlebih dahulu.

·         Kemudian buka aplikasinya. Lalu lihatlah perangkat atau aplikasi yang terlalu banyak menyedot WiFi.

·         Selanjutnya klik centang pada opsi “Download Limit dan Upload Limit”. Hal ini berguna untuk membatasi pengguna WiFi Anda.

·         Kemudian pilih opsi “Value” lalu pilih “Limit”. Anda bisa membatasi limit sesuai dengan keinginan.

·         Lalu tekan tombol “Save”.

Lewat Pengaturan Router

Cara membatasi pengguna WiFi TP link selanjutnya yaitu lewat pengaturan router secara langsung. Yuk simak caranya berikut ini:

·         Pertama, bukalah browser. Lalu ketikkan 192.168.1.1 pada kolom pencarian, kemudian klik cari.

·         Selanjutnya masukkan username dan password yang Anda miliki.

·         Anda akan memasuki pengaturan modem, kemudian pilih opsi “LAN”.

·         Pilihlah opsi “DHCP Server”, lalu ubah “IP Pool” sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya 10 dan default 100 biasanya.

·         Selesai.

Dengan menggunakan cara di atas, jika suatu perangkat tersambung dengan WiFi namun perangkat tersebut sudah melebihi batas pengaturan Anda. Maka perangkat secara otomatis tidak dapat tersambung kembali. Agar bisa tersambung kembali, maka perangkat harus menunggu perangkat lain ada yang mati terlebih dahulu.

Mengenal Apa Itu TP Link?

TP link adalah sebuah perusahaan asal Tiongkok yang menyediakan alat-alat jaringan. Perusahaan tersebut mendistribusikan produknya ke lebih dari 170 negara di dunia. Sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan produk TP link ini di pasaran. Selain itu, produknya juga mudah untuk digunakan dan mudah Anda bawa dengan praktis.

Router menjadi alat pilihan untuk memperkuat sinyal WiFi pada beberapa tempat seperti kafe, kantor kecil, rumah, dan lain-lain. Selain memiliki banyak kegunaan, harga router juga relatif murah.

Agar memaksimalkan kegunaannya, Anda harus mengetahui cara setting router TP Link terlebih dahulu.

Cara Setting Router TP Link

Untuk melakukan setting router WiFi TP link, Anda harus mempersiapkan router dan perlengkapan bawaannya. Cara setting router TP link adalah sebagai betikut:

·         Pertama, Anda harus menyalakan router terlebih dahulu.

·         Kemudian sambungkan router ke modem dengan kabel. Masukkan salah satu kabel ke port internet WAN. Bisanya port tersebut berwarna abu-abu atau biru.

·         Kemudian hubungkan kabel satunya ke port Ethernet atau LAN yang berwarna kuning.

·         Selanjutnya, hubungkan router dengan komputer, dengan cara menyambungkan kabel ke port LAN. Selama proses instalasi, sebaiknya Anda jangan mengunakan koneksi WiFi dari router.

·         Buka web TP-Link. Caranya masukkan alamat web pada address bar yaitu http://linkwifi.net.

·         Kemudian Anda bisa login dengan cara memasukkan username dan password default. Anda bisa mengecek pada buku panduan.

·         Lalu masukkan data dan konfigurasi router berdasarkan provider yang Anda pakai.

·         Jika Anda ingin mengubah nama jaringan WiFi, maka klik Wireless 2.4 Ghz kemudian pilihlah “Wireless Setting”.

·         Sebelum mengubah kata sandi, Anda harus mengubah Version yang terletak sebelum field kata sandi. Pilihlah opsi “WPA2-PSK”.

·         Untuk mengganti kata sandi, Anda bisa mengetikkan sandi baru pada kolom “Wireless Password”. Lalu klik “Save”.

·         Setelah router menyala, Anda bisa menyambungkan HP Anda ke jaringan router. Caranya adlah dengan menghubungkannya ke WiFi utama milik Anda.

Baca juga: Tutorial Cara Mengetahui TV Digital atau Analog dengan Mudah

Kesimpulan

Nah itulah cara membatasi pengguna WiFi TP link dengan mudah. Dengan menggunakan cara tersebut, kini koneksi internet Anda sudah tidak lemot lagi seperti sebelumnya. Cara di atas juga bisa Anda gunakan untuk melakukan setting pada modem merek lain. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Post a Comment for "Tutorial Cara Membatasi Pengguna WiFi TP Link Dengan Mudah"