Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tutorial Cara Mengetahui TV Digital atau Analog dengan Mudah

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog
Panduan Cara Mengetahui TV Digital atau Analog

Saat ini banyak warga indonesia yang sedang mencari tahu cara mengetahui TV digital atau analog di rumah mereka. Hal ini berhubungan dengan kebijakan pemerintah, yang melakukan proses migrasi dari siaran TV analog ke siaran TV digital pada tahun 2022.

dengan adanya proses migrasi ini, pemerintah berharap masyarakat Indonesia dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas bagus dan jernih.

Namun, sebagian dari Anda mungkin masih belum paham, apakah siaran yang Anda nikmati sekarang sudah TV digital atau belum. Karena ada beberapa syarat yang perlu Anda miliki jika ingin menikmati siaran digital.

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek apakah TV itu digital atau analog. Berikut caranya:

Cek Stiker Televisi

Cara mengetahui TV digital atau analog yang pertama yaitu dengan mengecek stiker yang ada pada belakang layar.

Jika ada stiker atau informasi yang menuliskan  DVB-T2, ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver. Berarti TV Anda sudah bisa menangkap sinyal digital dengan sendirinya.

Tetapi, Anda perlu ingat bahwa setiap merek atau produk memiliki informasi dan tulisan tersendiri untuk memastikan produknya bisa menangkap siaran digital.

Spesifikasi Televisi

Pada spesifikasi TV, biasanya menunjukkan apakah perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk menangkap siaran digital secara lengkap. Anda dapat mencari tahu tipe produk, lalu cari informasi tentang televisi tersebut lewat internet.

Melihat Daftar Channel TV

Cara selanjutnya yaitu dengan mengecek siaran yang ada di TV Anda. Jika Anda memperoleh siaran yang bertuliskan HD pada belakang atau depan stasiun TV, maka TV Anda sudah mendukung siaran digital.

Mengunjungi Website Kemkominfo

Cara mengetahui TV digital atau analog yang terakhir yaitu dengan mengunjungi lama kemkominfo secara langsung, melalui https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi.

Dalam laman tersebut, anda bisa mencari cara mengetahui TV digital atau analog milik anda untuk menangkap siaran.

Selain TV, Anda juga dapat melakukan pengecekan dengan perangkat tambahan seperti dekoder TV. Alat ini mampu menangkap siaran digital dengan baik.

Baca juga: Panduan Cara Setting TV Polytron LED Agar Jernih Permanen

Cara Mengubah TV Analog Ke TV Digital

Jika Anda ingin mengubah TV analog menjadi TV digital, caranya adalah dengan menggunakan set top box (STB) DVBT2.

STB yaitu alat yang digunakan untuk mengonversi sinyal digital menjadi suara dan gambar yang bisa tampil atau terlihat pada TV analog biasa.

Anda bisa memperoleh STB dengan membelinya di marketplace online dengan harga yang bervariasi. Cara memasang STB sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasukkan kabel konektor untuk video (AV) dan audio ke port yang tersedia pada TV Anda.

Jika Anda sudah menggunakan TV dengan model LED atau LCD, Anda hanya perlu memasukkan kabel video (AV) dan audio di port yang ada di samping atau belakang TV.

Untuk mulai menyaksikan siaran TV digital, Anda harus menyalakan TV seperti biasa lalu masuk ke menu AV. Anda juga harus mencari siaran digital lewat STB.

Penggunaan STB dapat mempermudah Anda untuk beralih ke TV digital, tanpa harus mengganti TV milik Anda.

Lalu, apakah TV digital memerlukan antena? Baik TV analog ataupun TV digital, keduanya masih membutuhkan antena. Karena STB hanya berfungsi untuk mengubah sinyal dari digital ke analog. Namun, sinyal digital masih harus ditangkap dengan menggunakan antena digital.

Untuk itu, cara pertama yang harus Anda lakukan untuk beralih ke TV digital yaitu dengan membeli set top box (STB) dan antena digital. Alat tersebut bisa Anda dapatkan di marketplace dengan harga yang beragam.

Berapa Harga Set Top Box TV Digital?

Jika Anda belum memiliki STB, Anda bisa membelinya lewat marketplace yang ada di Indonesia. Kisaran harga STB yang sudah memenuhi standar yaitu antara Rp210.000 hingga Rp500.000.

Antena TV Digital Yang Bagus Merk Apa?

Berikut ini dua rekomendasi antena TV digital yang bagus untuk Anda.

1.      Toyosaki

Merek ini merupakan salah satu antena yang paling populer di Indonesia. Anda dapat menemukan produknya dengan mudah di pasaran dengan harga yang bervariasi. Merek toyosaki ini menawarkan pilihan produk antena untuk luar ruangan ataupun dalam ruangan.

2.      Intra

Intra menjadi salah satu merek dalam negeri yang memiliki beragam antena TV, khususnya penggunaan outdoor. Salah satu produk yang terkenal dari Intra yaitu Intra INT 888. Antena ini merupakan antena outdoor lengkap dengan remote control untuk memudahkan Anda dalam memindahkan arah antena sesuai keinginan.

Apakah TV Polytron 32 Inc Sudah Digital?

Polytron Dignity Series merupakan TV LED 32 inci yang telah mendukung 3 in 1 tuner. TV Polytron 32 inci ini sudah memiliki dukungan Digital Satellite Tuner (DVB-S2), sehingga Anda dapat menikmati siaran TV dari seluruh dunia.

Selain itu, TV Polytron 32 inci ini sudah memiliki dukungan DVB-T2 (Digital Terrestrial Tuner) yang memungkinkan Anda untuk menonton siaran digital dengan gambar yang jernih, tanpa noise, dan gambar yang tidak berbayang.

Baca juga: Tutorial Cara Membatasi Pengguna WiFi TP Link Dengan Mudah

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan cara mengetahui TV digital atau analog. Semoga dapat membantu Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengubah TV analog ke TV digital. Sehingga Anda tidak perlu membeli TV baru.

 

Post a Comment for "Tutorial Cara Mengetahui TV Digital atau Analog dengan Mudah"