Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan ChatGPT yang Sedang Viral dan Benarkah Bisa Menggantikan Era Google?

Cara Menggunakan ChatGPT dan Benarkah Bisa Menggantikan Era Google?
 

Jumpa lagi sobat PENAGUN, pada kesempatan ini saya akan membahas teknologi yang sedang viral di bulan desember 2022 ini yaitu mengenai kemunculan ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI. OpenAI ini merupakan perusahan teknologi yang risetnya fokus mengenai kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence. Salah satu orang yang terlibat dalam pendirian OpenAI ini adalah Elon Musk. Sedangkan ChatGPT merupakan salah satu dari produk mereka yang sekarang ini sedang viral khususnya di kalangan pengguna internet karena konon katanya bisa menggeser dominasi search engine atau mesin pencari dari mbah google. Sebenarnya produk AI dari OpenAI selain ChatGPT masih ada lagi yaitu DALL-E. Secara garis besar kalau DALL-E produk AI yang mengubah sebuah text atau kalimat ke sebuah gambar, sedangkan ChatGPT teknologi AI untuk membuat text dari sebuah perintah.

Apa Itu ChatGPT?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ChatGPT ini adalah salah satu produk AI dari OpenAI yang fungsinya sebagai pembuat atau penyusun sebuah text dari kata kunci, sebuah pesan atau bahkan dari sebuah pernyataan yang kita input sebelumnya. Jadi bahasa sederhananya kita ketik sebuah pernyataan atau kita mau nanya sesuatu apapun itu, maka si ChatGPT akan menjawabnya yang menurut saya jawabannya cukup terstruktur dan komprehensif, menarik bukan? Bahkan jika kita input soal matematika-pun, si ChatGPT ini mampu menjawabnya dengan benar.

Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT?

ChatGPT untuk sekarang ini, saat artikel ini ditulis, masih versi prototype, dan masih GRATIS. Untuk memulai menggunakan ChatGPT ini sangatlam mudah. Berikut langkah-langkah menggunakan ChatGPT:

  • Buka website https://chat.openai.com

  • Lalu karena kita pengguna baru, klik Sign Up

  • Akan muncul jendela berikut ini. isikan saja email anda yang masih aktif. lalu centang bagian perintah pendeteksi human atau i'm not robot.

signup chatGPT

  • Kemudian klik Continue. Lalu akan muncul perintah membuat password. Tulis saja password yang anda inginkan minimal 8 karakter.

signup chatGPT

  • Lalu klik Continue. akan muncul halaman verifikasi email yang isinya kita disuruh buka email kita yg didaftarkan tadi, lalu cek inboxnya, cari yang berasal dari OPENAI, lalu buka pesannya, biasanya ada link yang harus diklik, klik saja, nanti jika berhasil maka proses verifikasi selesai, yang artinya juga proses pendaftaran di ChatGPT juga sudah selesai.

signup chatGPT

  • Lalu kembali lagi ke halaman https://chat.openai.com

  • Klik login, loginlah dengan data email dan password yang sudah terdaftar tadi.

  • Lalu akan masuk halaman dashboard ChatGPT.

dashboard chatGPT

  • Kita tinggal isi saja kalimat atau pertanyaan di kolom bagian bawah (lihat lingkaran merah), disitu saya contohkan dengan menulis kalimat Caranya agar bisa menerima siaran TV digital. Setelah itu kita tinggal klik lambang kirim sebelah kanan-nya (lihat tanda panah merah).

  • Hasilnya sebagai berikut. Sangat luar biasa, begitu lengkap jawaban dan uraiannya. Struktur kalimatnya pun enak dibaca.

test chatGPT

  • Saya coba input soal matematika hasilnya pun sangat akurat. Berikut contohnya.


test chatGPT

Bagaimana Prospek ChatGPT di Masa Depan?

Setelah kita melihat ChatGPT ini, pasti akan timbul pertanyaan-pertanyaan tentang masa depan ChatGPT ini gimana, banyak pengguna internet terutama para blogger yang juga mempertanyakan soal hal ini karena akan mengubah kebiasaan kita sebagai blogger yang notabene selalu mencari ide dalam pekerjaan menulisnya. Kalau dari saya pribadi, ChatGPT ini cukup membantu dalam mencari referensi atau ide-ide pertama kali yang mau ditulis, tetapi secara keseluruhan menulis blog, saya lebih memilih tetap menulis secara manual. Saya lihat di ChatGPT ini mengambil referensi-referensi secara random dari berbagai sumber, tapi dari info yang dapat saya baca, update sumber-sumber yang diambil chatGPT ini terbatas sampai satu tahun sebelumnya. Misal sekarang tahun 2022, maka ChatGPT mengambil referensi dan informasi secara random dari sumber-sumber yang terupdate sampai 2021. 

Apakah ChatGPT Akan Menggeser Google? Bagaimana Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing?

Kemudian pertanyaan selanjutnya apakah ChatGPT ini akan menggeser dominasi mesin pencari GOOGLE? Kalau dari opini saya pribadi, untuk 1-2 tahun mendatang sepertinya belum banyak berpengaruh, tapi setelah 2 tahun nanti mungkin hal itu akan menjadi kenyataan atau paling tidak menjadi saingan berat Google. Tapi dari yang saya baca, pihak Google pun sekarang tidak tinggal diam alias sudah memberi kode merah, pihak Google direncanakan akan membuat platform AI untuk menandingi OpenAI ini. Sebenarnya kalau dari saya pribadi, baik Google maupun ChatGPT ini mempunyai segmen yang berbeda dalam hal mencari informasi yang dibutuhkan pengunjung. Kalau kita di google, kita masukan kata kunci, maka banyak muncul link-link atau tautan berupa informasi yang terkait dengan kata kunci yang kita input. Hal ini membutuhkan waktu lama karena harus memilih mana informasi yang tepat sesuai yang kita cari, tapi kelebihannya sekali kita dapatkan, informasi yang kita dapatkan cenderung paling update dan pastinya sesuai atau bahkan diluar ekspektasi kita. Sedangkan di ChatGPT, kelebihannya sangat simple, kita tinggal chat masukan kalimat atau pertanyaan, selebihnya biar ChatGPT yang menjawabnya tanpa kita harus pilih-pilih link sumber yang cocok. Tapi menurut saya kekurangan ChatGPT adalah tentang kualitas info yang diberikan, jadi kesannya info-nya itu-itu saja atau bahkan kurang update. Kita lihat aja kedepan ya, apakah akan terjadi rivalitas atau bahkan hanya salah satu yang akan dominan? Yang jelas ga ada salahnya kita coba dan manfaatkan ChatGPT ini, mumpung masih GRATIS, kita ga tau kedepan bakal dikomersialkan atau tidak, hehe.


Post a Comment for "Cara Menggunakan ChatGPT yang Sedang Viral dan Benarkah Bisa Menggantikan Era Google?"