Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Remote Motor Honda Vario 150 yang Tidak Bunyi

Cara Mengatasi Remote Motor Honda Vario 150 yang Tidak Bunyi

Haloo sobat penagun, kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman bagaimana cara mengatasi remote motor honda vario 150 yang tidak keluar bunyinya. Sebenarnya bunyi disini maksudnya bunyi tit..tit..yang keluar dari motor setiap mau dihidupkan. Pengguna motor honda vario 150 tentunya pasti tahu setiap kita mau menghidupkan motornya, pasti posisi remote-nya harus dalam keadaan aktif terlebih dahulu atau ada indikator lampu hijau kedip di remote-nya. Setelah remote-nya aktif, lalu kita tekan tombol power starter-nya barulah keluar bunyi tiitt..tiitt. Nah dari pengalaman pribadi saya, suatu saat setelah saya menekan tombol power starter, bunyi tiit...tiit itu tidak keluar sama sekali, walaupun memang motor bisa dihidupkan secara normal. Yaa maklumlah dari yang biasanya bunyi tiit...tiiit...tiba-tiba ga bunyi sama sekali tentu bagi saya akan menjadi pertanyaan besar. 

Kemungkinan Penyebab Remote Honda Vario 150 Tidak Bunyi

Saat itu yang ada di pikiran saya banyak kemungkinan-kemungkinan penyebab hilangnya bunyi tiit..tiit pada remote motor vario 150 tersebut. Kemungkinan-kemungkinan itu antara lain baterai remote-nya sudah lemah, kemungkinan kedua adalah baterai atau aki motornya yang sudah soak kemungkinan ketiga mungkin juga remote-nya yang memang rusak. Untuk memastikan mana kemungkinan yang paling tepat, saya melakukan berbagai eksperimen. Saya cek bunyi klakson motornya normal alias masih keras, dan nyala lampu-lampu-nya masih terang semua, saya pikir tidak mungkin aki motor-nya yang soak, lagian itu motor saya masih terbilang baru. Waktu itu kebetulan saya punya remote cadangan 1 buah, langsung saya coba dan hasilnya normal alias keluar bunyi tiit...tiit. Nah lo, langsung saya mikir wah ini pasti remote-nya yang rusak atau baterai remote-nya yang lemah. Saya langsung coba buka casing remote-nya, terlihat lah baterai model kancing ukuran yang saya rasa ga banyak di jual di pasaran, jadi saya pun malas gitu mau coba nyari baterai baru kalau ukurannya tidak familiar hehe.

Kemudian saya sempat mikir juga, jangan-jangan ada salah kepencet atau apa gitu sehingga ada mode lain yang secara ga sengaja dipilih. Saya mau lihat di buku panduan motornya tapi saat itu yang ada malah ga nemu buku panduannya entah saya simpan dimana haha..Akhirnya barulah nyoba nyari di mbah google, dan ternyata benar bahwa yang terjadi sebenernya adalah remote sedang dalam posisi mode silent alias tak bersuara. Nah kok bisa tiba-tiba ganti mode? nah itu juga saya ga tau waktu itu mungkin anak-anak yang sering pencet-pencet atau ada yang salah pencet secara ga sengaja sehingga terjadi perpindahan mode ke mode silent. 

Cara Mengatasi Agar Remote Vario 150 Bunyi Kembali

Nah untuk mengatasi permasalahan remote honda vario 150 yang tidak bunyi karena mode silent, tentunya kita harus kembalikan lagi ke mode normal. Bagaimana caranya? ikuti langkah-langkah berikut secara seksama ya.

Langkah 1. Pastikan posisi remote sudah dalam keadaan OFF atau ditandai dengan lampu warna merah. Mungkin anda bagi pengguna vario 150 ini sudah tahu maksud dari langkah pertama ini, tapi tidak ada salahnya saya jelaskan cara ngecek remote kita apakah OFF atau ON. Caranya kita tinggal pencet sekali pada bagian tombol yang paling bawah atau tombol nomer 2 pada gambar dibawah ini. Jika lampu LED warna merah menyala artinya remote dalam keadaan OFF, tapi jika lampu LED warna-nya hijau itu artinya remote dalam kedaan OFF.

Cara Mengatasi Remote Motor Honda Vario 150 yang Tidak Bunyi

Jika lampu LED masih warna hijau, maka harus kita off-kan dahulu, caranya tentu sudah paham pastinya, yaitu tekan dan tahan agak lama tombol nomer 2 (lihat gambar diatas) sampai lampu LED menjadi warna merah.

Langkah 2. Jika remote sudah dipastikan posisi off atau lampu menyala merah, maka kita ulangi lagi yaitu tekan sekali pada tombol nomer 2, saat led menyala merah langsung tekan sekali pada tombol nomer 1. Nanti yang terjadi lampu LED warna merah itu akan kedip-kedip. Nah sekarang uji coba menghidupkan motor seperti biasa yaitu tekan dan tahan tombol nomer 2 sampai lampu warna hijau, lalu hidupkan motor, dan cek bunyi tiit...tiit..sudah kembali hehe.

Nah mungkin ada pertanyaan lagi, bagaimana jika ingin kembali ke mode silent aja, biar ga bunyi tiit..tiit? caranya sama saja yaitu ulangi langkah 1 sampai langkah 2. Yang membedakan itu indikator pada langkah ke-2-nya. Jadi saat kita pencet tombol nomer 2, maka lampu LED akan kedip-kedip warna merah, nah saat masih kedip-kedip warna merah tersebut langsung cepat-cepat pencet tombol nomer 1. Nanti yang terjadi sebaliknya, dari yang tadinya lampu warna merah-nya kedip-kedip menjadi warna merah-nya tidak kedip-kedip. Itu artinya remote sedang dalam mode silent. 

Jadi sebenernya intinya untuk mengecek remote sedang dalam posisi mode silent atau mode berbunyi adalah kita tekan tombol nomer 2, nanti kelihatan LED-nya menyala kedip-kedip atau menyala tanpa kedip-kedip. Jika menyala kedip-kedip berarti sedang mode berbunyi tiit..tiit, sebaliknya jika menyala tapi tidak kedip-kedip maka posisi remote sedang silent. Selamat Mencoba Sobat..

Post a Comment for "Cara Mengatasi Remote Motor Honda Vario 150 yang Tidak Bunyi"