Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Scan Ulang TV Anda Agar Memperoleh Siaran TV Digital, Begini Caranya

Scan Ulang TV Anda Agar Memperoleh Siaran TV Digital
Sobat PENAGUN, kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana caranya agar TV anda bisa menangkap siaran TV Digital. Tapi disini saya berikan catatan yaitu hanya untuk TV yang sudah support siaran digital didalamnya, jadi tanpa perlu ada tambahan STB (Set Top Box) atau receiver. TV-TV sekarang atau mungkin anda lebih mengenal istilah LED TV, biasanya didalamnya sudah tertanam bagian receiver untuk menerima siaran TV digital, sehingga tidak perlu membutuhkan receiver luar atau STB. Anda cukup memprogram atau men-scan ulang siaran TV anda. 

Bagamana Detil Caranya Memprogram atau Scan Ulang Siaran TV? 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sudah banyak model LED TV jaman sekarang yang sudah support siaran digital, salah satu yang akan saya contohnya disini adalam merk TV LED LG, karena yang saya punya di rumah kebetulan adalah TV LED LG 32 inch, hehe. Untuk mendapatkan siaran TV Digital pada TV-TV digital atau LED TV model sekarang ini sebenarnya cukup gampang yaitu tinggal memprogram ulang atau scan ulang di menu pencairan gelombang di televisi anda. Bagi sobat blogger yang belum tahu cara scan ulang siaran TV-nya, berikut caranya.

  • lewat remote TV anda buka pilihan MENU SETTING, biasanya menggunakan logo roda bergerigi. Setelah itu biasanya ada submenu Program. Kalau di TV LED LG tampilannya kurang lebih seperti ini.

menu program
  • Lalu pilihnya mode auto tuning, ini maksudnya agar TV anda melakukan scan channel siaran secara otomatis. 

menu auto tunning
  • Setelah itu klik START, TV akan memproses pencairan siaran TV secara otomatis, baik mencari siaran tv analog maupun digital.

pencairan sinyal
  • Anda tinggal menunggu selama proses pencairan auto tunning tersebut. Untuk LED TV yang saya contohkan yaitu LED TV LG, saat proses pencairan gelombang atau channel, akan tampil 3 jenis siaran, yaitu siaran Digital (DTV), RADIO, dan TV atau  siaran analog biasa. Nanti jika proses auto tunning itu selesai akan kelihatan hasilnya berapa siaran digital yang tertangkap, dan siaran analog yang tertangkap.
proses pencairan sinyal TV

Mungkin ada yang bertanya untuk merk lain selain LED TV LG bagaimana cara scan ulang program siarannya? Untuk TV-TV khususnya LED TV jaman sekarang, pada dasarnya sama saja, intinya anda cari menu setting di control panel. Kemudian carilah submenu yang mengarah ke Program atau Channel atau Tunning, lalu biasanya disitu ada pilihan auto tunning (pencairan otomatis) dan juga manual. Anda cukup pilih yang pilihan auto tunning saja.

Bagaimana dengan TV Tabung Agar Menerima Siaran TV Digital?

Untuk TV-TV jaman dulu atau TV Tabung perlu ada tambahan alat berupa receiver atau Set Top Box agar bisa menerima siaran TV digital. Untuk lebih detilnya sudah saya buatkan postingannya disini

Kenapa Harus Siaran TV Digital?

Masih banyak yang bertanya kenapa harus siaran TV Digital? Berikut alasannya.

  1. Kualitas gambar jauh lebih jernih begitu juga dengan suaranya. Tidak ada istilah lagi gambar berbayang atau noise atau gambar bersemut.
  2. Lebih stabil terhadap perubahan kondisi cuaca.
  3. Pada siaran TV analog, semakin jauh terhadap stasiun pemancar sinya akan melemah dan gambar akan semakin terganggu. Sedangkan pada siaran TV digital, walaupun sinyal lemah tetep bisa memancarkan gambar dan suara dengan stabil dan bersih sampai sinyal itu benar-benar hilang atau sudah tidak bisa ditangkap lagi.
  4. Siaran digital memungkinkan adanya layanan interaktif seperti memberi rating suatu program siaran TV. Selain itu juga ada fasilitas untuk mengetahui acara yang telah dan akan ditayangkan.

Kapan Proses Migrasi Siaran TV Analog ke Siaran TV Digital?

Pemerintah menargetkan bulan november 2022 semua siaran TV Analog sudah beralih ke siaran TV Digital. Untuk tahap-tahapnya, lebih rincinya bisa sobat baca di postingan sebelumnya disini

Mungkin itu saja yang saya sampaikan tentang cara scan ulang TV anda agar menerima siaran TV digital, khususnya untuk TV-TV jaman sekarang seperti LED TV. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Scan Ulang TV Anda Agar Memperoleh Siaran TV Digital, Begini Caranya"