Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Segera Cairkan BLT UMKM BPUM BRI 2021 Tahap 2 Sebelum Batas Waktunya Habis

Pencairan BLT UMKM 2021

Halloo sobat blogger, admin PENAGUN kali ini akan membahas mengenai Cara Pencairan Bantuan Sosial BLT UMKM atau juga dikenal BPUM BRI Tahun 2021. Bantuan UMKM ini merupakan bantuan untuk stimulus terhadap dampak terjadinya wabah pendemi corona atau covid19. Seperti kita ketahui, wabah pendemi covid19 bukan saja merenggut banyak jiwa, tapi juga berdampak pada segi perekonomian khususnya rakyat kecil.

Ada Berapa Tahap Bantuan UMKM?

Pemerintah kita selama pendemi ini sudah memberikan berbagai stimulus dalam bentuk bantuan salah satunya adalah bantuan untuk para pemilik usaha kecil dan menengah atau UMKM. Bantuan UMKM atau BPUM sekarang ini sudah memasuki tahap 2. Perlu diketahui untuk bantuan UMKM tahap 1-nya sudah selesai pada tahun 2020 kemarin yaitu sebesar 2.4 juta rupiah per pelaku UMKM. Yang akan dibahas disini adalah bantuan BLT UMKM untuk tahap 2 di tahun 2021.

Berapa Besar Bantuan UMKM Tahap 2?

Besaran bantuan BLT UMKM tahap 2 tahun 2021 ini adalah sebesar 1.2 juta rupiah per pelaku UMKM. Di tahun 2021 ini pemerintah mengalokasikan kuota penerima BLT UMKM tahap 2 ini sebanyak 12,8 juta pelaku UMKM. 

Kapan Mulai Pendaftaran BLT UMKM Tahap 2?

Untuk pendaftaran UMKM Tahap 2 ini sudah ditutup bulan April 2021 kemarin. Di postingan ini saya khusus membahas cara pencairannya BLT UMKM ini, tentunya bagi yang sudah lolos BLT UMKM Tahap 2 ini.

Bagaimana Cara Cek Penerima BLT UMKM Tahap 2?

Sama seperti BLT UMKM Tahap 1, cara ngecek kita diterima atau ditolak di program BLT UMKM Tahap 2 ini adalah dengan mengunjungi website BPUM BRI yaitu link CEK BPUM BRI DISINI. Setelah itu akan tampil halaman sebagai berikut.

cara cek penerima BPUM BRI 
Dari gambar diatas saya rasa cukup jelas ya, sobat tinggal input NIK KTP di kolom pertama, kemudian salin kode verifikasi ke kotak kosong disebelah kanannya, lalu klik Proses Inquiry. Nanti akan terlihat hasilnya.

 

Gambar pertama menunjukan jika anda diterima BLT UMKM (background warna hijau), gambar kedua sebaliknya jika anda ditolak BLT UMKM (background warna merah). Mungkin nanti ada postingan khusus tentang cara cek diterima atau ditolaknya BLT UMKM, soalnya selain dari bank BRI, ada juga yang dari bank BNI.

Kapan Batas Pencairan BLT UMKM Tahap 2?

Nah ini yang tak kalah pentingnya, batas pencairan BLT UMKM Tahap 2 ini maksimal 3 bulan dihitung dari uang masuk rekening penerima BLT UMKM. Jadi misal, BLT UMKM Tahap 2 ini kalau ga salah mulai masuk ke rekening itu sekitar akhir bulan April 2021, maka penerima BLT UMKM maksimal mencairkan dana tersebut pada bulan Juli 2021, lewat dari bulan Juli dana tersebut bakal ditarik lagi oleh pemerintah. Dan saat postingan ini ditulis sudah bulan Juli, maka itu segera cairkan BLT UMKM Tahap 2 ini paling telat maksimal akhir juli ini.

Bagaimana Teknis Cara Pencairan BLT UMKM Tahap 2?    

Nah, saatnya masuk topik utama postingan ini yaitu cara pencairan BLT UMKM Tahap 2 ini. Yang saya ulas disini khusus yang via BRI ya, kebetulan pengalaman pribadi lewat BRI. Sebelumnya pastikan anda statusnya sudah diterima sebagai penerima BLT UMKM ini, bisa dicek di penjelasan sebelumnya diatas. Setelah itu datang ke bank BRI terdekat anda, bawa dokumen-dokumen berikut.

  1. Fotocopy e-KTP dan Aslinya
  2. Isi lembar form SPTJM (lembar ini disediakan di kantor BRI)
  3. Buku tabungan bagi yang pernah menerima BLT UMKM Tahap 1 thn 2020
  4. Sebaiknya bawa bolpoin sendiri

Nah, sebenernya dari aturan pencairan, sarat-sarat diatas sudah cukup. Tetapa banyak dilapangan tidak sesuai kenyataan, ada banyak bank BRI yang kadang menambahkan sarat-sarat dokumen selain yang sudah saya sebutkan diatas, antara lain:

  1. Fotocopy KK
  2. Foto selphie di tempat usaha anda
  3. Surat Keterangan Usaha dari kelurahan/kecamatan atau bisa juga NIB/IUMK dari OSS yang dibuat secara online. Untuk pembuatan NIB/IUMK secara online ini saya akan buatkan postingan khusus. 

Nah itu mungkin sarat-sarat tambahannya, kalau saran saya sebaiknya dipersiapkan saja sarat-sarat tambahan itu, daripada nanti malah bolak-balik. Dari yang saya pantau di forum penerima BLT UMKM ini, bank BRI tiap daerah punya kebijakan-kebijakan sendiri, ada yang cukup bawa e-ktp saja sudah bisa cair, tapi ada juga yang masih melampirkan sarat-sarat tambahan seperti yang saya sebut diatas. Padahal secara logika, sarat-sarat tambahan itu kan seharusnya sudah menjadi sarat saat proses pengajuan sebelumnya, bukan lagi saat proses pencairan

Kembali ke topik, jika sarat-sarat diatas sudah dipersiapkan lengkap, anda tinggal datang aja ke bank BRI terdekat, nanti ikuti petunjuk yang diberikan oleh pihak bank. Biasanya pertama nanti kita menghadap bagian CS untuk verifikasi data kita, selanjutnya baru kita menghadap bagian teller bank untuk proses pencairan. Ini bukti screenshoot di buku tabungan jika sudah dicairkan.

rekening BLT UMKM

Gambar diatas adalah bukti pencairan BLT UMKM BPUM BRI milik saya pribadi. Disitu saya sudah mengikuti 2 tahap BLT UMKM, Tahap pertama 2.4 juta pada tahun 2020, dan yang terakhir di 2021 ini sebesar 1.2 juta rupiah. 

Apakah Masih Ada BLT UMKM Tahap 3?

Dari informasi yang saya terima lewat berbagai media, BLT Tahap 3 mungkin belum ada, tapi dengar-dengar dalam rangka kebijakan PPKM darurat di jawa bali dan sebagian luar jawa, pemerintah kabarnya bakal menambah kuota BLT UMKM yang tahap 2 ini, dan tentunya batas waktunya juga katanya diperpanjang sampai bulan september. Nanti akan saya ulas jika berita itu sudah valid. Sekali buat anda penerima BLT UMKM yang sudah masuk rekeningnya bulan april 2021, segera cairkan ke bank BRI terdekat paling lambat akhir bulan juli 2021 ini. Sementara itu dulu postingan tentang Pencairan BLT UMKM 2021 ini, semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Segera Cairkan BLT UMKM BPUM BRI 2021 Tahap 2 Sebelum Batas Waktunya Habis"