Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Segera Menukar Kartu ATM Model Magnetic Stripe ke Model Chip Sebelum Diblokir

Migrasi Kartu ATM Model Magnetic ke Model Chip
Sobat Penagun, kali ini saya akan mengulas tentang Jadwal Blokir beserta Cara Menukar Kartu ATM dari model lama yaitu magnetic stripe ke model baru yaitu model chip. Sebelumnya pihak perbankan telah meminta kepada para nasabahnya untuk melakukan penggantian kartu ATM debit mereka yang masih menggunakan magnetic stripe untuk diganti ke model chip. Pergantian tersebut menyusul dikeluarkannya Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number 6 digit untuk kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia. Perlu diketahui tiap bank punya kebijakan sendiri tentang masa tenggat atau batas waktu kartu ATM debet-nya harus dilakukan migrasi ke model chip.

Kapan Batas Waktu Penggantian Kartu ATM Magnetic Stripe?

Sebenernya batas waktu penggantian kartu ATM magnetic stripe ini biasanya diberitahukan lewat SMS ke para nasabah bank. Tapi tidak ada salahkan saya ulas disini batas waktu penggantian kartu ATM magnetic strip dari berbagai bank, saya ambil dari berbagai sumber. 

Bank Mandiri

Untuk Bank Mandiri menerapkan kebijakan batas paling lambat penukaran kartu ATM Magnetic Strip ke kartu ATM Chip adalah secara bertahap yaitu sebagai berikut. 

  • Tahap 1 mulai 1 April 2021 untuk kartu dengan expiry date 2021-2022
  • Tahap 2 mulai 1 Juni 2021 untuk kartu dengan expiry date 2023-2025
  • Tahap 3 mulai 1 Juli 2021 untuk kartu dengan expiry date diatas 2026

Penukaran dapat dilakukan di BANK MANDIRI terdekat diwilayah anda, gratis dan cukup bawa kartu ATM lama, buku tabungan, dan kartu identitas (e-KTP).

Bank BRI

Untuk Bank BRI batas waktu penukaran kartu ATM Magnetic Strip ke kartu ATM Chip adalah 31 Desember 2021. Penukaran kartu ATM lama ke model chip bisa dilakukan di kantor unit kerja BRI di seluruh Indonesia dengan membawa kartu ATM lama, buku tabungan, dan kartu identitas. Biaya penggantian ini GRATIS

Bank BNI

Untuk Bank BNI batas penggantian kartu ATM Magnetic Strip ke kartu ATM Chip adalah 30 November 2021. Daftar kartu debit BNI yang harus diganti yakni Nomor Identifikasi (BIN) yang berawalan 532668, 537176, 526422, 526423, 526921, 519893, 517892, 517863, 517885 (Kartu berlogo Mastercard), 194684, 194690, 601004 (Kartu berlogo Non Mastercard/GPN). Saya sendiri kebetulan nasabah BNI dengan kartu ATM BNI berawalan 526422. Penukaran kartu ATM BNI ini bisa dilakukan di BANK BNI terdekat maupun bisa menggunakan mesin BNI Sonic (Self Service Opening Account). 

Bank BCA

BCA memberi target batas penukaran kartu ATM Magnetic Strip ke kartu ATM Model Chip paling lambat 1 Januari 2022. Bisa dilakukan di seluruh cabang kantor Bank BCA di seluruh Indonesia. 

Apa Yang Terjadi Jika Lewat Batas Waktu Penukaran Tapi Kartu ATM Belum Diganti?

Kartu ATM bakal terblokir dan tidak bisa digunakan lagi. Jika sudah terblokir, mau ga mau harus ke bank juga untuk mengurusnya sekalian mengganti kartu ATMnya ke model chip. Perlu diketahui buat para sobat blogger bahwa penggantian kartu debit dari magnetic strip ke model chip mempunyai tujuan menjaga dan memperkuat keamanan para nasabah. 

Beda Kartu ATM Magnetic Strip dan Kartu ATM Chip

Dari visual fisiknya sudah beda, untuk Kartu ATM berbasis chip ada chip semacam bentuk sim card pada kartu handphone. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut. 

 

Demikian postingan tentang Cara Menukar Kartu ATM Model Magnetic Stripe ke Kartu Model Chip, jangan lupa segera ganti kartu ATM Magnetic sobat ke model Chip sebelum lewat batas waktu penukaran.



Post a Comment for "Segera Menukar Kartu ATM Model Magnetic Stripe ke Model Chip Sebelum Diblokir"