Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Siaran TV Analog Bakal Dihapus, Begini Caranya Agar TV Tabung Bisa Menangkap Siaran TV Digital

Siaran TV Digital

Halooo sobat PENAGUN, di postingan ini saya akan membahas tentang Cara Agar TV Tabung atau TV Analog Bisa Menangkap Siaran TV Digital. Mungkin ada yang bertanya kenapa harus siaran TV digital? Perlu sobat ketahui bahwa siaran televisi analog yang biasanya kita tonton sehari-hari menggunakan antena UHF, sebentar lagi akan digantikan oleh siaran televisi digital selambat-lambatnya pada 2 November 2022. Nah itu yang ngomong bukan saya lho ya, info itu langsung dari KEMENKOMINFO.

Apa Sih Itu Siaran TV Digital dan Kelebihannya?

Selama ini kalau kita nonton TV pake antena UHF, itulah yang namanya siaran TV Analog, dan sudah mengudara selama 60 tahun lamanya. Maka dari itu pemerintah lewat Kemenkominfo berencana akan mengganti atau melakukan migrasi dari siaran TV Analog ke siaran TV Digital paling lambat 2 November 2022. Siaran TV Digital ini menggunakan teknik modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang jauh lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya bagi masyarakat Indonesia. Berbeda dengan siaran TV Analog selama ini yang kadang masih kurang jernih atau orang bilang masih sering ada semutnya, di siaran TV Digital ini dijamin kinclong dan stabil. Ingat ya, TV Digital ini bukan Streaming TV via internet, jadi kualitas siarannya seperti TV-TV digital yang berbayar atau TV-TV yang menggunakan antena parabola, cuma ini kan tetap gratis dan tetep pake antena UHF biasa.

Apakah Harus Ganti TV Baru?

Tidak perlu sobat, untuk TV-TV jaman sekarang yang sudah dalam bentuk LED TV atau LCD TV, biasanya di dalamnya sudah ada menu konversi ke siaran digital, anda tinggal memindah aja di dalam menu setting-nya. Nah beda kasusnya jika TV sobat adalah TV Tabung atau TV-TV generasi lama, maka dibutuhkan alat tambahan yaitu receiver TV digital.

Bagaimana Cara Instalasi Receiver TV Digital Agar TV Tabung Bisa Menangkap Siaran TV Digital?

Sobat perlu alat yang namanya receiver TV digital atau lebih dikenal dengan nama STB (Set Top Box), banyak dijual di marketplace-marketplace online, cari saja dengan kata kunci STB atau receiver TV Digital DVB T2 , akan muncul receiver-receiver tv digital berbagai merk disitu, dengan kisaran harga 200-an ribu. Alat receiver TV Digital ini biasanya sudah satu paket sama remote dan adaptor-nya. Saya akan jelaskan sedikit instalasinya ke TV Tabung. Disini kebetulan saya menggunakan STB atau receiver TV Digital DVB T2 merek Evinix H1. Ini kebetulan yang saya punya merek Evinix, kalau merek yang lain saya pikir sama saja, karena biasanya konektor-konektor-nya semuanya sesuai standarisasi. Lihat gambar instalasi bagian panel belakang receiver TV digital ke bagian TV Tabung berikut ini. 

Cara instalasi receiver TV Digital

Dari gambar diatas saya yakin sudah jelas ya, bagian antena sambungkan ke antena seperti biasa, kemudian bagian konektor warna kuning (video) dihubungkan antar receiver (STB) dan TV. Begitu juga dengan audio L dan audio R, tinggal cocokan aja warnanya, yang merah di receiver sambung ke yang merah di TV, begitu juga dengan yang warna putih. Untuk adaptor biasanya sudah satu paket dengan pembelian receiver TV digital-nya, tinggal colok aja disitu. Jadi nanti bagian konektor antena di TV tabungnya ga kepake lagi, karena antena sekarang nyambungnya ke konektor antena di receiver TV digital-nya. Setelah dipasang dengan benar seperti gambar diatas, mungkin ada yang bertanya, nanti saat TV-nya hidup bagaimana settingannya? cukup mudah, biasanya di TV atau di remote TV-nya itu ada bagian mode AV1, AV2, dan Video. Nah sobat pilih ke bagian Video, nanti TV akan terhubung ke alat receiver-nya. Setelah terhubung ke alat receivernya, sobat gunakan remote receivernya, cari menu untuk mulai mencari gelombang siaran TV digitalnya. Mudah bukan?

Apakah Antena Harus Diganti?

Untuk antena tidak perlu diganti, cukup menggunakan antena yang sudah ada sebelumnya. Untuk antena-antena UHF jaman sekarang pun sudah banyak yang support siaran TV digital. 

Mungkin itu saja sharing tentang bagaimana caranya agar TV tabung bisa menangkap siaran TV digital. Ingat ya, batas paling lambat siaran tv analog migrasi ke siaran tv digital adalah tanggal 2 november 2022.

 

Post a Comment for "Siaran TV Analog Bakal Dihapus, Begini Caranya Agar TV Tabung Bisa Menangkap Siaran TV Digital"