Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Wajib Punya Aplikasi PeduliLindungi, Begini Caranya

Download sertifikat di PeduliLindungi

Sobat PENAGUN, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Bagaimana Caranya Mendownload Sertifikat Vaksin Covid-19. Tentunya informasi di postingan ini adalah update terbaru dan saya usahakan akan selalu diupdate terus jika mengalami perubahan nantinya. Perlu diketahui sekarang ini beberapa daerah misalnya DKI Jakarta sudah mengeluarkan peraturan adanya kewajiban penggunaan sertifikat vaksin covid-19 sebagai syarat dalam melakukan berbagai aktifitas di masyarakat. Masuk mall wajib menunjukan sertifikat vaksin covid-19, bepergian dengan transportasi umum juga wajib mempunyai sertifikat vaksin covid-19. Bahkan sekarang ini masuk warteg dan ingin makan ditempat harus sudah bisa menunjukan sertifikat vaksin covid-19. Ga cuma pembeli tetapi penjual makanan atau pemilik usaha makanan pun diminta sertifikat vaksin covid-19 sebagai sarat untuk berjualan. Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan masyarakat yang sudah mewajibkan adanya sertifikat vaksin covid-19 ini. Nah, kalau anda belum divaksin covid-19 bakalan repot untuk kedepannya, dan juga saya yakin kedepan bakal diberlakukan secara nasional. Untuk itu demi kebaikan bersama, segeralah anda melakukan vaksin covid-19 di sentra-sentra vaksin atau di pusat kesehatan masyarakat terdekat anda misal di puskesmas. Setelah di vaksin biasanya anda bisa mendapatkan akses untuk memperoleh sertifikat covid-19. Tetapi sarat utama sebelumnya adalah anda harus mempunyai akun atau terdaftar di Aplikasi PeduliLindungi.

Bagaimana Caranya Mendaftar di Aplikasi PeduliLindungi?

Aplikasi PeduliLindungi bisa diunduh atau didownload di playstore ataupun apple store. Disini yang saya akan jelaskan khusus untuk yang playstore saja karena kebetulan saya menggunakan smartphone android jadi untuk downloadnya adalah via playstore.

  • Buka Playstore di smartphone anda
  • Search dengan kata kunci PeduliLindungi
  • Pastikan namanya PeduliLindungi dengan bagian bawahnya tertulis kementrian kominfo dan medical. Lihat gambar dibawah ini.

  • Setelah aplikasi terinstall di smartphone anda, bukalah aplikasi PeduliLindungi tersebut.
  • Di bagian bawah ada tautan MASUK, klik saja itu. lalu akan muncul kebijakan privacy, klik saja SAYA SETUJU.
Daftar Aplikasi PeduliLindungi
  • Nanti akan diarahkah halaman LOGIN. Karena anda belum punya akun, maka pilih DAFTAR. Lebih jelasnya lihat lingkaran merah pada gambar dibawah ini.
Daftar PeduliLindungi
  • Nanti masuk halaman pendaftaran, disitu disediakan pilihan daftar lewat alamat email atau nomor telepon. Jika lewat email, isikan nama lengkap dan email aktif anda. Lalu beri centang pada persetujuan kebijakan privacy, kemudian klik DAFTAR. Nanti ada kode tertentu yang masuk ke email anda untuk proses verifikasi. Begitu juga jika pendaftaran lewat nomer telepon maka kode verifikasi akan masuk melalui sms ke nomer HP anda.
Daftar PeduliLindungi
  • Jika proses verifikasi sukses, anda tinggal login ke aplikasi PeduliLindungi. Untuk login ke aplikasi juga diberi pilihan dengan email atau no.HP. Karena setiap login nanti juga ada proses verifikasi-nya biasanya berupa code 6 digit. Jika via email, code itu akan dikirim ke email anda, jika lewat HP, code itu akan dikirim ke HP anda lewat SMS. Jika sudah proses verifikasi, biasanya ada tampilan halaman berisi beberapa persetujuan-persetujuan, discroll aja sampai mentok ke bawah kemudian klik SAYA LANJUTKAN atau SAYA SETUJU. Jika sudah masuk dashboard akun anda berarti anda sudah resmi punya akun di PeduliLindungi.

Bagaimana Caranya Mengunduh Sertifikat Vaksin Covid-19? 

Perlu diketahui sebelumnya untuk mencetak sertifikat vaksin covid-19 salah satunya adalah lewat link yang dibagikan via SMS ke HP penerima vaksin. Penerima vaksin tinggal klik link itu langsung mengarah ke lembar sertifikat vaksin covid-19. Tapi untuk sekarang, cara seperti itu sudah tidak berlaku lagi, karena setiap kita klik link yang diberikan lewat SMS, kita pasti akan diarahkan untuk login terlebih dahulu di aplikasi PeduliLindungi. Jadi pastikan anda sudah punya akun di aplikasi PeduliLindungi. Bagi yang belum baca postingan ini bagian atas ya, sudah saya jelaskan disitu. Sekarang saya jelaskan bagaimana cara mengunduh sertifikat vaksin covid-19? Berikut caranya.

  • Step 1. Login di aplikasi PeduliLindungi milik anda
  • Step 2. Setelah masuk dashboard klik AKUN di bagian atas kanan.
 unduh sertifikat
  • Step 3. Lalu akan tampil halaman submenu seperti gambar berikut. Anda klik saja Sertifikat Vaksin
unduh sertifikat
  • Step 4. Setelah itu akan muncul tampilan dengan nama anda disitu, anda klik sebelah paling kanan yaitu ikon tanda panah kekanan. lihat gambar dibawah.
unduh sertifikat
  • Jika pada Step 4 yang anda lihat bukan icon tanda panah kanan tapi icon gembok terkunci, maka yang anda lakukan kembali ke step 3. pilih Riwayat dan Tiket Vaksin. Nanti anda disuruh mengisi NIK anda disitu, setelah mengisi NIK maka jika memang sudah divaksin akan tampil halaman riwayat tiket vaksinnya disitu. selanjutnya anda bisa kembali lagi ke menu Sertifikat Vaksin tadi dan ikuti sampai step 4, harusnya ikon gembok terkunci itu sudah terbuka atau diganti dengan ikon tanda panah ke kanan.
  • Step 5. Melanjutkan step 4, maka akan tampil halaman lembar sertifikat anda. Jika baru vaksin pertama maka yang muncul baru sertifikat yang pertama saja, begitu juga jika sudah lengkap 2x vaksin maka ada 2 sertifikat yang muncul.
unduh sertifikat
  • Anda tinggal klik gambar sertifikat tersebut, nanti sertifikat akan tampil di layar penuh, lalu lalu klik UNDUH SERTIFIKAT. sertifikat akan masuk ke galery smartphone anda. Anda tinggal cetak sertifikat tersebut kapanpun anda mau. 

Mungkin itu saja mengenai cara mendaftar akun di PeduliLindungi dan cara mendownload sertifikat vaksin covid-19 di aplikasi PeduliLindungi. Semoga bermanfaat.

UPDATE 2023 : Status COVID-19 di Indonesia sudah dicabut, PeduliLindungi diganti dengan aplikasi SATU SEHAT MOBILE.

Post a Comment for "Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Wajib Punya Aplikasi PeduliLindungi, Begini Caranya"