Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola TV Anda Sendiri. Mudah, loh

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola

Bagaimana Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola TV Anda Sendiri

PENAGUN.COMCara Mencari Kualitas Sinyal Parabola. Menonton acara TV favorit sambil menikmati cemilan nikmat menjadi cara terbaik untuk menghabiskan waktu santai. Itu semua terasa sempurna sampai televisi Anda tidak dapat menemukan sinyal parabola di saluran mana pun.

Biasanya kendala tersebut terjadi akibat cuaca buruk atau hujan. Namun, bagaimana kalau kualitas sinyal parabola Anda hilang di cuaca yang baik. Bahkan Anda mungkin nyaris bisa melihat bintang-bintang di langit yang cerah pada malam hari.

Mau tidak mau Anda perlu memanggil teknisi untuk bisa mendapatkan kembali sinyal parabola ke TV Anda. Perbaikannya tidak membutuhkan meteran atau alat mewah, tetapi mereka bisa menagih cukup besar untuk perbaikan yang memakan waktu tidak lebih dari sepuluh menit.

Untungnya kini sudah bisa menemukan banyak informasi tentang penyelarasan dan kekuatan sinyal. Mulai dari penyebab hingga cara mencari kualitas sinyal parabola. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola

Tayangan TV rumah Anda mengalami masalah? Antena parabola bisa menjadi solusinya. Sekarang ini sudah banyak yang mulai beralih menggunakan parabola untuk mendapat tayangan TV yang jernih.

Parabola merupakan suatu antena yang mempunyai kemampuan menangkap sinyal sangat baik. Hal ini berkat permukaannya yang mencekung dan lebar, mirip ujung lampu senter. Secara fungsi, parabola sama dengan antena biasa.

Di mana keduanya dapat menangkap gelombang radio atau siaran untuk kemudian mengirimkannya langsung ke televisi di rumah Anda. Hasilnya, Anda bisa menikmati ragam siaran yang ditayangkan dengan bagus.

Saat ini mayoritas masyarakat, terutama mereka yang tinggal di perumahan, mulai memanfaatkan parabola. Selain itu, orang-orang yang berada di daerah jauh dan kurang terjangkau sinyal pemancar TV juga mulai menggunakan parabola.

Alasannya, karena parabola mampu menjangkau area-area tersebut sehingga siapa saja bisa menonton TV untuk melepas stress.

Penerapan antena parabola tidak sekadar untuk menonton acara TV saja, melainkan dapat dimanfaatkan untuk beberapa keperluan lain. Misalnya internet. Dalam hal ini, Internet Service Provider akan mengirim sinyal koneksi internet secara wireless dalam jarak jauh.

Seperti kebanyakan perangkat elektronik lainnya, parabola juga tidak luput dari beberapa masalah. Salah satu yang banyak dialami adalah kendala kualitas sinyal parabola.

Akibatnya, Anda tidak akan dapat menikmati siaran acara TV yang diinginkan. Mengingat peranan antena parabola sebagai penghubung antara sinyal digital dan perangkat televisi.

Tidak harus selalu bergantung pada teknisi. Sebagai pengguna antena parabola, tidak ada salahnya Anda mengetahui tentang permasalahan kualitas sinyal parabola di rumah.

Berikut adalah sejumlah trik yang bisa Anda terapkan untuk mencari kualitas sinyal parabola.

Pastikan tidak ada penghalang di sekitar dish

Jangan lupa untuk memperhatikan area sekitar tempat pemasangan antena parabola. Pastikan tidak ada sesuatu apapun yang menghalangi posisi satelit yang dituju, misalnya pohon atau bangunan.

Pasalnya keberadaan pohon, bangunan, atau benda padat lainnya bisa menyebabkan terhalangnya sinyal satelit.

Akibatnya, antena parabola Anda tidak dapat menangkap sinyal satelit secara maksimal. Anda bisa memindahkan posisi antena atau

Atur ulang arah dish antena parabola

Salah satu faktor utama yang sangat mempengaruhi kualitas sinyal parabola ialah arah dish terhadap satelit tujuan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengatur ulang arah antena parabola agar dapat mengarah tepat ke satelit.

Caranya dengan menggerakkan dish antena secara perlahan ke segala arah, baik atas, bawah, kiri, maupun kanan. Terus lakukan hingga indikator kualitas sinyal parabola menunjukkan level maksimalnya. Pastikan sudut evaluasi antena atau sudut azimuth antena sudah diatur setepat mungkin agar lebih presisi.

Ingat! Gerakkan dish antena parabola dengan sepelan mungkin. Jangan terburu-buru. Pasalnya, perubahan arah dish, walau hanya sedikit saja, akan memberi pengaruh besar terhadap kualitas sinyal parabola.

Gunakan Lnb berkualitas

Lnb atau low noise block adalah perangkat yang berfungsi  untuk menangkap sinyal dari pancaran satelit. Bisa juga untuk menurunkan besarnya frekuensi sinyal untuk kemudian diteruskan ke receiver melalui kabel Coaxial.

Umumnya ada dua jenis Lnb yang bisa Anda temukan, yakni C band dan Ku band. Masing-masing punya kualitas berbeda terhadap penguatan dan daya tangkap dari sinyal satelit ke antena parabola.

Untuk mendapat kualitas sinyal yang baik, sangat disarankan untuk memakai jenis Lnb parabola terbaik yang tingkat penguatan sinyalnya besar. Anda bisa mencarinya di internet atau meminta referensi dari teman.

Tentukan kedalaman lnb parabola

Cara mencari kualitas sinyal parabola terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan menentukan kedalaman dari Lnb parabola.

Misalnya pada parabola c band. Kedalaman Lnb terhadap scalar ring atau bracket-nya ternyata dapat berpengaruh terhadap sinyal satelit yang diterima. Penentuan kedalaman Lnb parabola ini ditujukan guna menyaring pengganggu yang tidak dibutuhkan supaya tidak ikut tertangkap oleh Lnb.

Begitu pun dengan jenis Lnb parabola dengan frekuensi ku band. Pengaturan arah konektornya juga bisa memengaruhi kualitas sinyal yang ditangkap. Dalam hal ini, Anda disarankan mengubah arah konektor antena secara perlahan hingga menemukan level kualitas sinyal yang besar.

Baca juga: Kenapa kartu SD tidak terbaca di HP SAMSUNG. Temukan Jawabannya di Sini

Penyebab Parabola Tidak Ada Sinyal

Penyebab Parabola Tidak Ada Sinyal


Pernahkan Anda bertanya-tanya, “kenapa sinyal parabola hilang?”. Padahal saat itu Anda sedang menonton acara televisi favorit. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dan membuat kesal. Apalagi Anda perlu memanggil teknisi dan mengeluarkan biaya lebih untuk mengatasi masalah tersebut.

Lantas, apa sebenarnya penyebab parabola tidak ada sinyal? Berikut penjelasannya.

1.Switch/Desg mati

Masalah hilangnya sinyal parabola yang pertama bisa disebabkan karena matinya switch atau Dseg. Adapun fitur ini berfungsi sebagai konektor untuk membagikan sinyal dari Lnb ke parabola.

Matinya switch biasa ditandai dengan intensitas sinyal yang loss atau hilang. Bisa pula karena adanya tarik-menarik sinyal. Solusi masalah ini sangat mudah. Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Lnb mati

Kalau Anda sudah mengganti switch tetapi sinyal parabola masih tetap loss, berarti masalah bisa ada pada Lnb-nya. Ciri-ciri matinya Lnb ialah apabila ada salah satu satelit yang 0 persen alias tidak ada sinyalnya.

Apabila Lnb Anda mati, jangan Anda biarkan begitu saja. Kalau Anda mendiamkannya, maka receiver akan rusak alias mati total. Dalam kasus ini, sebaiknya Anda segera memanggil teknisi untuk mengatasi masalah tersebut.

3.Konektor kabel parabola tidak konek ke receiver

Penyebab parabola tidak ada sinyal lainnya yakni karena kabel dari parabola atau Lnb tidak konek ke receiver. Ini bisa terlihat dari intensitas sinyal pada receiver, yang bisa Anda lihat di layar televisi, mencapai angka 0 persen.

Untuk mengatasi masalah ini, jangan langsung mengubah arah dish atau parabola. Sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu pada bagian konektor kabelnya. Pastikan konektor dalam posisi tepat.

4. Ada kesalahan saat memprogram

Masalah hilangnya sinyal parabola bisa juga terjadi karena adanya kesalahan ketika Anda memprogram receiver. Memang intensitas sinyalnya tidak akan sampai 0 persen, akan tetapi pada bagian kualitas sinyalnya akan jadi sangat kecil. Sekitar 4-5 persen sehingga tidak akan terlihat tayangan siaran apapun pada layar televisi.

5. Terjadi perubahan atau pergantian frekuensi

Serupa dengan kesalahan dalam memrogram. Hilangnya sinyal parabola bisa terjadi karena ada perubahan frekuensi atau pergantian satelit. Akibatnya, semua channel yang berada pada satelit itu akan hilang.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya perlu memasukkan frekuensi baru atau TP dari channel yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan blind scan untuk menemukan saluran televisi yang berganti satelit atau TP.

6. Rusaknya receiver

Penyebab terakhir dari hilangnya sinyal pada parabola bisa juga akibat kerusakan pada receiver. Masalah ini ditandai dengan sinyal yang sampai 0 persen dan hanya dapat menerima satu polaritas saja, baik horizontal dari vertikal.

Baca juga: Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual dengan Mudah Praktis

Cara Mencari Siaran TV yang Hilang di Parabola

Ada kalanya channel bisa tiba-tiba hilang dari televisi Anda. Penyebabnya bisa beragam. Misalnya pergantian frekuensi Lnb, pergeseran parabola, atau tidak sengaja terhapus. Tak perlu khawatir karena sebenarnya Anda masih bisa mengembalikan saluran tersebut.

Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam melakukannya. Anda perlu sedikit kejelian agar channel Anda bisa kembali lagi ke televisi. Kalau tergesa-gesa, bisa saja malah menambah kerusakan yang terjadi. Berikut adalah tutorial untuk mencari siaran TV yang hilang di parabola.

Periksa konektor

Cara mencari siaran TV hilang pada parabola yang pertama adalah dengan mengecek bagian kabel dan konektornya. Periksalah kondisi polarisasinya, apakah fungsinya masih normal atau tidak.

Kalau sinyalnya berada pada kisaran 60 persen, kemungkinan ada kesalahan pada kabel Lnb sehingga terdapat bagian yang mati. Kalau kita diamkan, ini akan berdampak serius pada receiver-nya. Solusinya, Anda bisa mengganti Lnb tersebut.

Terapkan blind scan

Proses blind scan merupakan  salah satu langkah terbaik dalam mengembalikan siaran TV yang hilang. Tak perlu cemas karena cara ini sama sekali tidak akan memberi efek samping tertentu terhadap parabola. Sebelum melakukan proses blind scan, pastikan kekuatan sinyal berada di atas angka 60 persen.

Adapun langkah pertama untuk melakukan blind scan adalah dengan masuk ke menu pengaturan. Setelah itu pilih instalasi > satelit, lalu pilih satelit yang sesuai. Kemudian lakukan pemindaian dengan menekan tombol biru lalu pilih ‘Blind Scan’. Tunggu beberapa saat hingga proses blind scan selesai.

Alat Pencari Sinyal Parabola

Ada dua jenis alat pencari sinyal parabola yang bisa Anda temukan di pasaran, yakni:

Pencari Satelit Analog

Perangkat elektronik pasif ini memerlukan daya eksternal untuk dioperasikan. Pencari satelit ini merupakan perangkat yang menerjemahkan sekaligus menerima sinyal radio dari udara yang paling tepat untuk menonton televisi.

Pencari Satelit Digital

Berbanding terbalik dengan analog, pencari satelit digital tidak membutuhkan daya eksternal untuk bekerja. Sebagian besar modelnya terkontrol oleh mikroprosesor. Sehingga hasilnya lebih akurat. Pencari sinyal digital ini juga bisa menampilkan nada-nada. Semakin tinggi nadanya, sinyal yang masuk juga akan semakin baik.

Setting Parabola Agar Kualitas Sinyal Bagus

Setting Parabola Agar Kualitas Sinyal Bagus


Tentu Anda tidak ingin tontonan terganggu karena masalah sinyal. Oleh sebab itu, pastikan kualitas sinyal parabola di rumah Anda tetap bagus. Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan sejumlah cara berikut untuk mengatur sinyal parabola agar tetap kuat, sebagai berikut.

Mengatur ulang receiver

Kalau Anda menerima pesan bertuliskan Searching for Satellite di layar televisi, lepaskan kabel daya dari receiver selama 30 detik. Setelah itu, sambungkan kembalikan kabel daya ke receiver Anda.

Melakukan re-peaking

Sebelum melakukan peaking ulang parabola, pastikan Anda mengakses menu Signal Meters terlebih dahulu:

  • Tekan tombol menu pada remote Anda
  • Pilih Pengaturan dan Bantuan di menu sebelah kiri.
  • Pilihlah Pengaturan
  • Pilih Satelit di menu sebelah kiri
  • Pilihlah, Lihat Kekuatan Sinyal di layar kanan bawah (gulir ke sana menggunakan panah pada remote Anda)
  • Pilih Pengukur Sinyal di layar kanan bawah

Setelah itu, atur ulang posisi televisi Anda agar sejajar dengan pandangan Anda saat memutar ulang parabola Anda. Jika memungkinkan, mintalah seorang teman untuk memantau pengukur sinyal dan menyampaikan kekuatan sinyal siaran saat Anda melakukan peaking parabola Anda.

Untuk melakukan re-peaking sinyal, Anda perlu menerapkan langkah-langkah ini:

  • Periksa apakah tiangnya rata
  • Sesuaikan azimuth parabola
  • Sesuaikan ketinggian parabola

3.Memastikan keamanan parabola Anda

Salah Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola dengan memastikan keamanan parabola Anda. Setelah Anda menyetel azimuth dan menyetel elevasi, pastikan semua baut penopang dan baut elevasi telah Anda kencangkan. Konfirmasikan pada pengukur sinyal menu Dish Pointing bahwa kekuatan sinyal siaran berada pada level tertinggi.

Post a Comment for "Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola TV Anda Sendiri. Mudah, loh"