Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan Cara Setting TV Polytron LED Agar Jernih Permanen

Cara Setting TV Polytron LED Agar Jernih

Menemukan Cara Setting TV Polytron LED dengan mudah

PENAGUN.COM. Lagi asyik menonton TV, tiba-tiba gambarnya buram dan nggak jelas. Pasti pusing dan bete, kan? Lantas, Anda kencari tahu Bagaimana cara setting TV Polytron LED agar jernih dan enak ditonton? Anda akan menemukan solusinya pada pembahasan berikut ini.

Secara umum, tingkat kejernihan layar televisi bisa diatur sesuai kebutuhan Anda. Apapun jenis dan merk televisinya, Anda bisa mengatur level kejernihan layarnya seperti kemauan Anda.

Dalam hal ini, tingkat kejernihan yang tersedia untuk merek TV Polytron terdiri dari 3 level. Lantas, bagaimana cara mengubah dan mengatur settingan layar ini? Informasi terkait cara lebih lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini:

Cara Setting TV Polytron LED Agar Jernih

Warna layar TV yang rusak ternyata bisa mengganggu Anda saat sedang menonton sinetron atau berita. Kalau dibiarkan terus-menerus, gangguan seperti ini juga bisa merusak mata Anda. Segera atasi masalah ini dengan melakukan cara setting TV Polytron LED agar jernih seperti berikut:

  1. Carilah opsi "Gambar" pada pengaturan menu.
  2. Pilihan menu seperti ketajaman, kecerahan, warna, dan sebagainya akan muncul. Lalu, pilihlah opsi "Aspek Rasio" untuk mengatur kualitas gambar yang ada di layar televisi.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih opsi pengaturan "Penghalus Gambar". Ada beberapa tingkatan kualitas gambar yang bisa Anda pilih, yaitu level rendah, sedang, dan tinggi. Coba pilih tingkatan gambar yang paling cocok dengan selera Anda.

Pertama adalah tingkat kejernihan level rendah. Pada level ini, layar televisi akan menampilkan gambar tayangan secara buram. Artinya, resolusi tayangan yang Anda tonton sangat minim akibat rasionya kecil.

Kedua adalah tingkat kejernihan level sedang. Berbeda dari level sebelumnya, pada level ini tingkat kejernihan tayangan agak lebih tinggi. Resolusi tayangan juga cukup enak dilihat. Apalagi rasio layarnya juga sudah lebih besar dibandingkan level rendah.

Terakhir ada tingkat kejernihan level tinggi. Dibandingkan level-level kejernihan lainnya, level ini memiliki rasio layar paling besar. Hal itu berpengaruh pada tingkat kejernihan layar serta tayangan yang ditampilkan.

  1. Klik OK. Pengaturan kualitas gambar untuk layar LED TV Polytron Anda pun selesai.

Imbangi juga pengaturan layar TV dengan melakukan perawatan secara berkala. Anda bisa memulainya dengan cara perawatan yang sederhana. Misalnya saja mengelap debu yang menempel pada layar televisi, mengecek ulang pengaturan program TV, serta memastikan layar televisi LED Anda tetap kering.

Langkah-langkah tersebut bisa Anda terapkan untuk TV Polytron versi analog maupun digital. Semakin rajin Anda melakukan setting dan perawatan layar yang rutin, maka layar televisi Anda pun akan terjaga kejernihannya.

Setting Warna TV yang Bagus

Melakukan cara setting TV Polytron LED agar jernih bisa juga melalui remote. Cara ini sangat cocok diterapkan bagi para pengguna TV Polytron jenis tabung maupun LED. Cukup bermodalkan remote saja, Anda sudah bisa melakukan setting secara manual.

Pengaturan layar TV umumnya memang dilakukan oleh seorang ahli. Kini, Anda juga bisa mengatur kejernihan layar TV tanpa bantuan ahli. Cara setting lengkapnya bisa Anda terapkan pakai langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ambil remote TV Anda.
  2. Pencet tombol menu pada setting TV Polytron LED. Setelah menu pengaturan terbuka, maka akan muncul berbagai opsi setting.
  3. Pilihlah opsi "Pengaturan Kanal/Saluran". Dalam beberapa detik, Anda akan diarahkan untuk memilih menu selanjutnya.
  4. Pilih lagi opsi "Pencarian Manual". Tekan Enter.
  5. Selanjutnya, pilih tulisan "Sistem Warna" untuk mengatur tingkat kejernihan layar televisi Anda. Sesuaikan tingkat kejernihannya dengan kenyamanan Anda saat menonton televisi.
  6. Aturlah tingkat rasio layar serta resolusinya seperti kemauan Anda. Pengaturan kualitas tayangan layar televisi pun selesai dilakukan. Nikmatilah tayangan yang Anda tonton sepuas-puasnya.

Lantas, bagaimana cara setting warna TV tabung? Buat para pengguna TV Polytron tabung, sekarang Anda sudah bisa melakukan setting warna secara manual. Caranya tentu agak berbeda dari setting warna TV jenis LED.

Beberapa cara pengaturan warna TV tabung mungkin terlihat hampir sama. Namun, ada beberapa cara lainnya juga yang tampak berbeda. Ikuti saja langkah-langkah setting warna TV Polytron tabung berikut ini:

  1. Pencet tombol menu pakai remote.
  2. Ketikkan kode pengaturan yang muncul di layar televisi. Kode khusus yang dimaksud adalah nomor 1013. Kode ini merupakan kode khusus buat mengatur warna TV Polytron tabung.
  3. Kecilkan bagian RED sampai warnanya hilang. Bagian RED inilah penyebab dari kualitas warna TV tabung Anda buram.
  4. Pencet lagi tombol Menu untuk menyimpan setting warna tadi.

Cara Setting TV Polytron LED Tanpa Remote

Cara Setting TV Polytron LED Tanpa Remote


Selama ini Anda mengenal remote sebagai alat pengatur manual televisi. Pengaturan TV jenis apapun bisa Anda lakukan seorang diri saat memakai remote. Tapi, bagaimana bila Anda melakukan setting TV tanpa bantuan remote?

Ternyata, tanpa memakai remote sekalipun Anda masih bisa melakukan setting TV, termasuk TV Polytron. Misalnya suatu hari nanti remote TV Anda hilang, Anda bisa tetap tenang. Sebab, tanpa remote sekalipun Anda tetap mampu mengatur setting TV.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengubah aturan TV tanpa adanya remote? Pakai saja trik cara setting TV Polytron LED agar jernih berikut ini:

Setting warna TV tanpa memakai remote sebenarnya cukup gampang. Sebagai salah satu merek elektronik populer, tentu saja Polytron memfasilitasi jenis pengaturan ini. Mau pakai remote maupun tanpa remote, Anda tetap bisa mengatur settingan TV-nya.

Cara pengaturannya memang hampir sama. Bedanya hanya di cara penerapannya saja. Selebihnya, Anda bisa mencontek langkah-langkah melakukan settingan pakai versi remote.

Saat melakukan setting ulang, Anda bisa mengganti fungsi remote dengan layar sentuh. Rata-rata TV LED sudah dilengkapi fitur touch screen. Manfaatkan fitur ini sebagai pengganti fungsi remote TV.

Mengenal Apa Itu Noise Reduction Pada TV

Secara umum, makna kata noise adalah derau. Dalam hal ini, derau bisa diartikan sebagai gangguan. Biasanya, noise akan muncul setiap kali kualitas penerimaan sinyal menurun. Akibatnya, gambar tayangan TV akan terganggu sewaktu Anda tonton.

Beberapa contoh noise mungkin sudah sering Anda rasakan. Mulai dari gangguan sinyal radio yang memicu suara desisan pada loudspeaker.

Saat menonton televisi pun Anda pernah mengalaminya. Kemunculan noda atau titik-titik pada layar TV seringkali menjadi sebuah gangguan. Kenyamanan Anda saat menonton TV akan terganggu akibat munculnya noise.

Berdasarkan jenisnya, ada dua jenis noise yang sering muncul. Jenis pertama adalah noise internal. Sedangkan jenis kedua adalah noise eksternal. Kedua jenis noise ini sangat berbeda dari segi efek bentuk.

Gangguan semacam ini sebenarnya sudah ada solusinya. Belilah produk TV yang dilengkapi fitur AVL serta DNR. Kedua fitur ini akan membantu mengurangi efek noise pada layar TV Polytron LED.

Lantas, apa itu AVL pada TV Polytron? AVL merupakan singkatan dari Automatic Volume Level. Fitur ini memiliki fungsi cukup unik, yaitu meminimalisir munculnya noise pada tayangan televisi.

Fitur seperti ini memang cuma tersedia di televisi LED canggih. Salah satunya adalah TV LED merk Polytron. Fitur sejenis AVL ini akan sangat berguna saat pancaran sinyal sedang dalam kondisi labil. AVL akan memaksimalkan tangkapan sinyal menjadi konversi gambar dalam kualitas jernih.

Nikmatilah kualitas tayangan televisi bebas dari noise dengan fitur AVL. Sayangnya, fitur secanggih AVL ini baru tersedia di merk TV Polytron LED. Makanya, beralihlah ke produk televisi buatan Polytron sekarang juga.

Penyebab TV LED Berubah Warna

Perubahan warna pada TV LED bisa menjadi pertanda telah terjadi suatu kerusakan. Biasanya, hal ini ditandai dengan perubahan kualitas tayangan televisi. Misalnya, tingkat kecerahan layar tiba-tiba menurun.

Indikasi terjadinya kerusakan pada layar televisi LED adalah perubahan warna. Gambar tayangan yang semula jernih tiba-tiba akan menjadi buram. Perubahan warna TV lainnya yang biasa terjadi adalah tayangan TV didominasi oleh warna merah.

Kerusakan seperti ini seringkali diabaikan oleh pengguna televisi, termasuk Anda. Banyak orang menganggap bahwa gangguan ini terjadi karena masalah setting warna saja. Padahal, ada penyebab lain yang bisa memperparah perubahan warna pada TV.

Rusaknya mainboard merupakan salah satu penyebab dari terjadinya perubahan warna pada TV Anda. Biasanya, inti kerusakan berasal dari komponen chip controller. Chip ini memiliki fungsi untuk mengatur pertukaran data dalam sistem mainboard.

Jika sistem ini terganggu, maka kerusakan seperti warna TV berubah bisa saja muncul. Sebab, mainboard memegang fungsi kendali utama atas seluruh data pengaturan TV.

Gangguan pada modul T-Con juga menjadi penyebab lain dari perubahan warna pada TV. Sebagian TV LED masih menggunakan tipe modul ini, namun sebagian TV LED sisanya memakai tipe modul lain.

Coba bongkar TV LED Anda. Lakukan pengecekan secara rinci untuk menentukan modulnya rusak atau masih bagus. Anda juga boleh melakukan pengecekan pakai cara setting TV Polytron LED agar jernih.

Jika tegangan dari modul T-Con IC AS15 terhambat, maka akan memicu terjadinya masalah pada TV Polytron LED. Masalah seperti perubahan warna layar menjadi putih adalah salah satu akibat dari kerusakan modul T-Con. 

Menggunakan modul T-Con untuk TV LED memang dikenal cepat rusak. Kelemahan itu akhirnya membuat modul ini jarang sekali dipakai dalam perangkat televisi LED. Apa televisi Anda masih memakai modul seperti ini juga? Kalau tidak, pakailah modul lain yang lebih canggih.

Kesimpulan Setelah Setting TV Polytron LED

Perubahan apa yang terjadi setelah Anda menerapkan cara setting TV Polytron LED agar jernih? Apakah layar TV Anda telah berubah menjadi lebih enak saat ditonton?

Secara umum, Anda bisa melakukan setting warna TV Polytron tanpa adanya bantuan ahli. Cukup siapkan remote, Anda sudah bisa melakukan pengaturan warna dan tingkat kejernihan layar televisi.

Cara setting pakai remote maupun tanpa remote bisa Anda terapkan. Kedua cara pengaturan warna TV ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Begitu pula halnya saat Anda mau membeli TV LED Polytron baru. Pilihlah TV LED yang memiliki fitur noise reduction, yaitu fitur AVL atau DNR. Ketua fitur ini dapat membantu mengurangi gangguan noise pada televisi.

Semoga seluruh ulasan dalam artikel ini dapat membantu Anda. Lakukan trik memperbaiki warna TV LED rusak secara bertahap sesuai ulasan di atas. Dengan begitu, permasalah warna pada layar televisi bisa terselesaikan.

 

Post a Comment for "Panduan Cara Setting TV Polytron LED Agar Jernih Permanen"