Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati? Temukan Jawabannya Disini!

Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati
Menemukan Solusi Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati

PENAGUN.COM. HP Vivo Anda tiba-tiba mati sendiri? Anda tidak sendirian! Memang ada beberapa pengguna ponsel Vivo yang mengeluhkan ponselnya tiba-tiba mati sendiri. Ponsel Vivo mendadak mati total memang bukanlah sesuatu yang aneh. Itu tidak hanya terjadi di ponsel Vivo saja, namun juga ponsel dari vendor lainnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan kenapa HP Vivo tiba-tiba mati beserta dengan cara mengatasinya.

Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati?

Oleh karena itu, ketika Anda menemukan HP Vivo Anda tiba-tiba mati, Anda harus tahu penyebabnya terlebih dulu. Berkaitan dengan faktor penyebabnya, ada beberapa faktor yang bisa Anda ketahui. Umumnya, penyebab HP Vivo tiba-tiba mati karena ada kesalahan software maupun hardware-nya. 

Jika yang rusak itu pada bagian hardware–nya, maka Anda harus mengganti komponen pulsa yang rusak tersebut. Mau tidak mau Anda harus membawanya ke servis ponsel. Sementara, jika yang bermasalah adalah perangkat lunaknya, Anda akan lebih mudah untuk mengatasinya. Anda bisa mencoba mengatasi masalah tersebut sendiri, tanpa harus segera Anda bawa tempat servis.

Penasaran Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati Total?

Semua ponsel, termasuk beragam seri Vivo, bisa saja mengalami masalah mati total. Tentu untuk mengatasi ponsel mendadak mati tidak mudah. Anda harus tahu terlebih dulu penyebab mengapa ponsel tersebut tiba-tiba mati.

Ponsel tiba-tiba mati memang membuat penasaran sekaligus bikin pusing. Padahal, Anda merasa sudah menggunakan ponsel secara hati-hati. Namun yang namanya produk elektronik, terkadang juga untung-untungan. Kita mungkin mendapatkan produk yang berkualitas, namun juga tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan yang gacha.

Anda sedang asyik main game, eh tiba-tiba mati total. Tentu saja, masalah itu jika tidak Anda segera atasi maka akan menganggu kebutuhan dan kenyamanan Anda sehari-hari. Mungkin Anda bertanya-tanya sebenarya apa penyebab ponsel Vivo itu mendadak mati? Biasanya penyebab ponsel mati adalah sebagai berikut!

  • Ada aplikasi error yang sedang berjalan di ponsel Anda.
  • Ada kerusakan di baterai
  • Adanya bug sistem operasi ponsel
  • Media penyimpanan dan kapasitas RAM habis
  • Overheat atau panas berlebihan pada ponsel

Kelima penyebab di atas merupakan penyebab umum yang menyebabkan ponsel Vivo mendadak mati. Namun untuk mencari penyebab utamanya, Anda perlu mengeceknya satu per satu. Setelah itu, Anda bisa mengatasi masalah itu agar ponsel Anda bekerja secara normal kembali.

Baca juga: Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual dengan Mudah Praktis

Penyebab HP Vivo Tiba-tiba Mati?

Kenapa tiba-tiba HP mati dan tidak bisa dinyalakan lagi? Tentu ada beberapa penyebab mengapa HP mendadak mati. Begitu juga dengan ponsel Vivo Anda jika tiba-tiba mati tanpa Anda menyadarinya. Penasaran apa penyebabnya? Berikut penyebab HP Vivo tiba-tiba mati. Ad

Ada aplikasi yang eror

Penyebab pertama mengapa ponsel Anda tiba-tiba mati karena adanya aplikasi yang bermasalah di ponsel Anda. Aplikasi tersebut menganggu sistem operasi ponsel Anda dan menyebabnkan ponsel Anda bermasalah hingga tiba-tiba mati sendiri. Anda perlu mengecek terlebih dulu apakah ada aplikasi yang bermasalah di ponsel Anda.

File Sampah Menumpuk

Selain ada aplikasi yang eror penyebab mengapa ponsel Anda mati mendadak karena menumpuknya file sampah dan cache. Ini juga akan memperlambat hingga membuat ponsel mendadak mati karena terlalu banyak file sampahnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengecek secara rutin dan berkala. Setelah itu, Anda juga harus membersihkan file-file sampah tersebut.

Terkena Virus atau Malware

Virus dan malware juga bisa membuat ponsel Vivo Anda tiba-tiba mati sendiri. Virus tersebut akan menyerang sistem operasi ponsel Anda dan membuat kinerja ponsel menjadi terhambat hingga yang paling parah mati mendadak.

Overheat

Penyebab mengapa ponsel Vivo Anda tiba-tiba mati bisa jadi karena oveheat, atau ponsel terlalu panas. Ini biasanya terjadi ketika Anda menggunakan ponsel untuk kegiatan berat dalam waktu yang terlalu lama. Salah satunya ialah memainkan game berat.

Jika Anda main game terus menerus dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin ponsel Anda akan mati mendadak. Tentu ini mencegah hal ini terjadi, Anda harus bisa mengontrol waktu ketika bermain game. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kipas tambahan untuk mendinginkan ponsel.

Selain penyebab-penyebab di atas, ada juga penyebab lain yang membuat ponsel Anda tiba-tiba mati. Salah satunya adanya crash pada sistem operasi ponsel. Selain itu, mungkin Anda juga pernah nge-root ponsel Anda sehingga membuat sistem tidak berjalan dengan baik.

Solusi HP Tiba-tiba Mati?

Solusi HP Tiba-tiba Mati


Setelah Anda mengetahui apa saja yang penyebab kenapa HP Vivo tiba-tiba mati, kami akan memberikan langkah-langkah mengatasinya. Berikut adalah langkah-langkah mengatasi ponsel Vivo mendadak mati sendiri.

Masuk Ke Safe Mode

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika menemukan ponsel Anda tiba-tiba mati adalah dengan masuk ke safe mode. Tujuan masuk ke mode ini adalah untuk mencari penyebab mengapa ponsel Anda tiba-tiba mati.

Salah satu penyebab mengapa ponsel Vivo Anda tiba-tiba Anda mati karena adanya aplikasi eror yang berjalan di sistem ponsel Anda. Nah, bagaimana mengatasi sistem yang eror ini? Anda bisa masuk ke safe mode dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Nyalakan kembali ponsel Vivo Anda yang baru saja mati.
  2. Tekan tombol power.
  3. Setelah itu, Anda akan menemukan beberapa opsi di menu power.
  4. Pilih Power Off dan tahan sekitar 2 detik.
  5. Akan ada opsi pop up untuk masuk ke safe mode.
  6. Pilih OK. Ponsel Anda akan me-restart secara otomatis.
  7. Setelah hidup, maka Anda sudah masuk ke mode aman.

Dalam safe mode atau mode aman itu  akan memunculkan semua aplikasi, kecuali aplikasi-aplikasi yang bermasalah. Jika ada aplikasi yang tidak muncul di mode aman, maka Anda bisa memperbaiki aplikasi tersebut. Bisa jadi masalah aplikasi itulah yang membuat ponsel Anda tiba-tiba mati.

Setelah Anda menemukan aplikasi apa yang bermasalah, maka Anda bisa keluar dari mode aman. kemudian, Anda bisa uninstall atau hapus aplikasi yang bermasalah tersebut. Jika memang aplikasi masih Anda butuhkan, maka Anda  bisa instal ulang aplikasi tersebut.

Bersihkan Cache dan File Sampah

Selain menghapus aplikasi bermasalah, Anda bisa membersihkan cache di ponsel Anda. Cache dan file sampah memang menjadi masalah umum di ponsel. Salah satunya penyebab ponsel Vivo Anda tiba-tiba mati.

Anda bisa mencoba untuk menghapus file sampah dan cache secara rutin. Pembersihan ini bisa Anda lakukan setiap hari, atau setidaknya dua hari sekali. Alat pembersih file sampah ini bisa Anda gunakan aplikasi bawaan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa Anda download di Play Store, salah satunya CCleaner.

Scan Virus

Virus juga bisa menjadi penyebab mengapa ponsel Anda tiba-tiba mati. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pemindaian virus atau malware secara berkala di ponsel Anda. Ada banyak kasus ponsel tiba-tiba mati karena penyebab utamanya adalah virus dan malware tersebut.

Anda bisa menggunakan anti-virus bawaan dari ponsel Vivo Anda. Namun, banyak juga anti virus dari pihak ketiga yang bisa Anda instal untuk membersihkan virus dan malware di ponsel Anda.

Dinginkan Ponsel

Cara mengatasi ponsel yang tiba-tiba mati selanjutnya ialah dengan mendinginkan atau mengistirahatkan ponsel Vivo Anda. Biasanya, Anda memainkan game di ponsel dalam waktu yang cukup lama. Itu akan membuat ponsel overheat dan membuat ponsel tiba-tiba mati sendiri.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus membatasi waktu bermain game Anda. Jika Anda merasa suhu ponsel sudah sangat panas, maka Anda harus segera berhenti. Hal itu lebih baik Anda lakukan untuk mengantisipasi kerusakan parah akibat suhu ponsel terlalu tinggi.

Namun demikian, jika ponsel memang sebagian besar Anda gunakan untuk bermain game. Kami sarankan Anda menggunakan kipas tambahan untuk menjaga suhu ponsel agar tetap stabil dan tidak terlalu panas.

Biasanya suhu yang panas saat bermain game ini juga ditentukan oleh jenis chipset-nya. Ada beberapa chipset yang suhunya cepat panas saat ponsel Anda gunakan untuk kebutuhan berat, termasuk bermain game.

Ganti Baterai Baru

Seiring Anda menggunakan ponsel Vivo Anda, daya baterai pun lama kelamaan akan menurun. Apalagi jika Anda menggunakan ponsel tanpa aturan, seperti tetap menggunakannya bermain game saat ponsel sedang di-charge. Itu akan memperpendek umur baterai dan membuat ponsel Anda tiba-tiba mati saat Anda sedang menggunakannya.

TAnda-tAnda ponsel Anda butuh baterai baru adalah daya berkurang drastis saat Anda sedang menggunakannya. Jika sudah seperti itu, kami sarankan Anda menggantai baterai ponsel dengan yang baru dan original.

Factory Reset

Jika pemindaian virus kurang bisa bekerja, Anda bisa melakukan factory reset. Factory reset ini merupakan cara untuk mengembalikan pengaturan ponsel Anda ke pengaturan pabrik yang semula. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi ponsel yang tiba-tiba sendiri.

Namun, perlu Anda ketahui ketika Anda melakukan factory reset, maka data-data di ponsel Anda juga akan terhapus. Cara mengatasi ponsel ini bisa Anda jadikan sebagai opsi terakhir yang bisa Anda lakukan sendiri sebelum Anda membawa ke tukang servis. 

Langkah-langkah untuk factory reset ini sebenarnya cukup mudah. Namun sebelumnya Anda harus back up data Anda terlebih dulu agar data Anda tidak hilang saat melakukan factory reset.

Perbaiki di Pusat Servis

Jika semua cara mengatasi ponsel Vivo di atas sudah Anda lakukan, namun tetap tidak bisa. Maka Anda bisa membawa ponsel Anda ke pusat servis. Jika ponsel Anda masih bergaransi, Anda bisa langsung membawanya ke pusat servis resmi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jika di luar masa garansi, Anda bisa membawa ponsel Anda di pusat servis terbaik menurut Anda.

Jangan sekali-kali mencoba untuk membongkar ponsel Anda sendiri. Hal tersebut akan membuat kerusakan semakin parah apabila dilakukan oleh orang yang tidak kompeten. Percayakan pada ahlinya agar ponsel Anda segera mendapatkan penanganan yang terbaik.

Kesimpulan

Setelah Anda membaca artikel di atas, Anda sudah tahu penyebab kenapa HP Vivo tiba-tiba mati. Sebelum Anda buru-buru membawanya ke pusat servis, Anda bisa mengidentifikasi terlebih dulu. Penyebab ponsel Anda mati itu karena masalah hardware atau software. Anda bisa mencoba cara-cara mengatasi ponsel mati di atas. Cara tersebut cukup membantu Anda untuk mengatasi HP mati total tanpa harus membawanya ke pusat servis.

Post a Comment for "Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati? Temukan Jawabannya Disini!"