Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menemukan Penyebab dan Solusi Intensitas Sinyal Parabola Hilang

 



Menemukan Penyebab dan Solusi Intensitas Sinyal Parabola Hilang

Menemukan Penyebab dan Solusi Intensitas Sinyal Parabola Hilang


Bagi para pengguna parabola, intensitas sinyal parabola hilang adalah masalah genting. Sinyal yang putus-putus dapat mengganggu aktivitas menonton TV. Itu sebabnya, sebisa mungkin Anda menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Salah satu solusi yang digadang-gadang bisa memperbaiki masalah sinyal parabola hilang adalah dengan melakukan perawatan dish.

Namun, solusi yang Anda lakukan tak cukup hanya itu saja. Anda perlu melakukan solusi lain yang sesuai dengan permasalahan sinyal parabola Anda. Maka, cara satu-satunya agar Anda menemukan solusi yang pas yaitu mencari penyebabnya. Coba telusuri apa saja penyebab sinyal parabola Anda putus-putus dan bahkan hilang?

Untuk mendapatkan solusinya, Anda perlu melakukan serangkaian pengamatan melalui intensitas sinyal yang dihasilkan parabola. Inilah indikator penting yang harus diperhatikan saat mau memperbaiki sinyal parabola di rumah Anda. Apabila intensitas sinyalnya buruk, maka segera perbaiki dish parabola Anda.

Penyebab Intensitas Sinyal Parabola Hilang

Kondisi parabola yang buruk sedikit banyak telah mempengaruhi intensitas sinyal parabola hilang. Coba saja Anda lakukan pengecekan. Saat kondisi parabola Anda terawat, apakah sinyal yang dihasilkan putus-putus atau justru malah lancar? Jika sinyalnya bagus, maka penyebab intensitas sinyal buruk dipastikan berasal dari kondisi parabolanya. Hal yang sama juga berlaku di kondisi sebaliknya.

Perlu digaris bawahi bahwa kondisi parabola bukan menjadi satu-satunya penyebab dari sinyal parabola tidak lancar. Masih ada beberapa penyebab lain yang kadang terabaikan dari pengamatan Anda. Lantas, apa saja indikator penyebab sinyal parabola putus-putus hingga hilang?

Ada 4 hal yang mesti Anda perhatikan jika intensitas sinyal dan kualitas sinyal parabola 0%. Mulai dari LNB, kabel Coaxial, Switch, dan receiver. Coba cek keempat komponen ini jika Anda mengalami kondisi seperti di atas.

Sementara itu, jika intensitas sinyal 60% namun kualitas sinyalnya malah 0%, Anda harus memperhatikan 4 hal ini juga. Mulai dari receiver, settingan yang salah, frekuensi berubah, hingga arah dish berubah. Oleh sebab itu, cara memperbaiki sinyal parabola yang hilang dalam kondisi ini adalah dengan memperbaiki dan mengatur ulang setting parabolanya.

Baca juga: Kenapa HP Vivo Tiba-tiba Mati? Temukan Jawabannya Disini!

Bagaimana Cara Mencari Sinyal TV yang Hilang

Apa yang akan Anda lakukan saat tayangan televisi Anda tiba-tiba hilang? Hal pertama yang terlintas di benak Anda pasti memanggil teknisi. Memang tidak salah untuk meminta bantuan tenaga ahli seperti teknisi. Namun, Anda juga bisa memperbaiki intensitas sinyal parabola hilang menggunakan kemampuan Anda sendiri.

Cara mencari sinyal TV paling gampang adalah dengan memperbaiki parabola. Ada dua jenis parabola yang bisa dijadikan opsi, yaitu C-Band dan KU-Band. Kedua jenis parabola ini memiliki kualitas dan intensitas sinyal berbeda. Tapi, dari antara kedua jenis parabola ini, jenis yang paling sering dipakai orang adalah C-Band.

Ketika sinyal yang dihasilkan parabola C-Band mendadak hilang, sebaiknya Anda periksalah bagian LNB-nya. Apakah konektor receiver sudah terpasang dengan LNB? Jika belum, segera koneksikan sambungannya agar sinyal parabola dapat terkoneksi pada televisi Anda.

Bagaimana Cara Mencari Sinyal TV yang Hilang

Hal lainnya yang bisa menyebabkan intensitas sinyal parabola hilang adalah dari switch yang tidak berfungsi. Apabila switch mati, tentu saja dapat mempengaruhi intensitas sinyal yang dipancarkan. Sebagai solusinya, Anda bisa mencari sinyal TV yang hilang dengan memperbaiki kerusakan switch.

Setelah itu, cek perbedaan intensitas sinyal dan kualitas sinyal yang dihasilkan. Apakah sinyalnya semakin lancar atau masih putus-putus? Ketika switch sudah diperbaiki, biasanya pancaran sinyalnya akan lancar.

Salah satu indikator terjadinya kerusakan switch ditandai dari intensitas sinyalnya tarik-menarik. Ketika sinyal parabola tarik-menarik, maka akan membuat sinyal TV hilang. Segera ganti instalasi switch Anda menggunakan dua LNB.

Intensitas Sinyal Parabola Hilang Timbul

Sekarang Anda bisa mencari sinyal parabola yang hilang timbul menggunakan aplikasi HP. Caranya cukup gampang. Anda cuma perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Lakukan penginstalan dan Anda sudah bisa langsung menggunakan aplikasinya untuk mengatasi masalah sinyal hilang.

Cara mencari sinyal parabola menggunakan hp salah satunya menggunakan aplikasi Satfinder. Aplikasi ini terbukti ampuh dipakai mencari sinyal parabola yang hilang timbul. Para pengguna parabola seperti Anda wajib memiliki aplikasi ini di HP. Sebab, aplikasi ini bisa membantu Anda mencari sudut LNB, elevasi, hingga pencarian lokasi GPS.

Agar bisa menikmati seluruh fitur dari aplikasi Satfinder, pastikan bahwa Anda sudah menginstalnya di HP. Selanjutnya, pakailah fitur-fitur yang tersedia pada menu sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak beberapa lama kemudian, sinyal parabola yang hilang akan mudah Anda temukan.

Baca juga: Solusi Kenapa Siaran k Vision Hilang Tanpa Sebab. Mudah dan Work

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan seputar cara mencari intensitas sinyal parabola hilang. Terapkan satu per satu tutorial cara mencari sinyal parabola tersebut setiap kali sinyal TV Anda hilang. Apabila cara-cara tersebut masih tidak bisa mengembalikan sinyal yang hilang, sebaiknya hubungi teknisi saja.

Memakai bantuan teknisi akan mempermudah penanganan masalah sinyal parabola Anda yang hilang timbul. Namun, kalau Anda ingin menghemat pengeluaran, coba saja perbaiki sendiri menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan di atas. Semoga pembahasan ini bisa membantu masalah sinyal parabola Anda.

Post a Comment for "Menemukan Penyebab dan Solusi Intensitas Sinyal Parabola Hilang"