Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Scan Ulang Siaran TV Digital di Set Top Box Luby

Di postingan ini saya akan jelaskan secara detail cara scan ulang program siaran TV digital di Set Top Box (STB) merk LUBY. Perlu diketahui STB merk LUBY ini salah satu merk STB yang sudah mengantongi sertifikasi dari kementrian kominfo yang difungsikan agar sinyal digital atau siaran TV digital bisa diubah menjadi gambar dan suara yang bisa ditampilkan di TV analog biasa atau kita menyebutnya TV tabung. Sebenarnya di postingan sebelumnya yaitu di link ini sudah dibahas cara scan ulang TV agar memperoleh siaran digital, tetapi di postingan tersebut hanya khusus TV-TV yang sudah support siaran TV digital alias tanpa memakai STB atau receiver digital. Sedangkan postingan disini akan dijelaskan cara scan ulang siaran TV digital di TV-TV tabung yang tentunya menggunakan alat tambahan berupa STB atau set top box. Kebetulan STB yang saya miliki merk LUBY jadi buat bahan postingan disini saya pilih merk LUBY tersebut.

Apa Tujuan Melakukan Scan Ulang atau Memprogram Ulang Channel di TV?

Mungkin anda akan bertanya buat apa kita harus scan ulang channel TV-nya, padahal sebelumnya sudah bisa menerima beberapa channel siaran TV digital? Alasan sekarang ini kita sesekali harus scan ulang channel TV kita adalah

  1. Untuk menambah channel siaran TV digital, siapa tahu ada channel yang belum tertangkap sebelumnya. Hal ini wajar dilakukan, karena program migrasi siaran analog ke siaran digital belum lama diberlakukan kepada masyarakat Indonesia. Jadi bisa saja migrasi dari siaran analog ke digital oleh para stasiun-stasiun pemancar TV dilakukan secara bertahap, mungkin hari ini kita dapat 10 channel, tapi 1 bulan kemudian ada penambahan stasiun TV yang bisa ditangkap misal menjadi 15 channel.
  2. Ada beberapa kejadian yang menyebabkan tiba-tiba channel TV digital-nya hilang. Mungkin karena ada perubahan frekuensi atau hal-hal lainnya. Nah inilah gunanya scan ulang channel TV digital kita.

Langkah-Langkah Scan Ulang Siaran TV Digital di STB Luby

Berikut langkah-langkah me-scanning ulang siaran TV digital di Set Top Box merk Luby.

  • Langkah pertama pencet tombol menu di remote bawaan STB-nya. Letak tombol menu ditunjukan lingkaran merah pada gambar dibawah ini
Cara Scan Ulang Siaran TV Digital di Set Top Box Luby
  • Nanti di layar TV kita akan terlihat tampilan menu-nya. Kemudian kita pilih menu Installation.

Cara Scan Ulang Siaran TV Digital di Set Top Box Luby
  • Lalu pilih menu Auto Search. Lalu pencet tombol OK pada remote. Jika ada jendela confirm, pilih aja YES.

Cara Scan Ulang Siaran TV Digital di Set Top Box Luby
  • Nanti otomatis sistem akan mencari gelombang atau channel siaran TV-nya, tunggu saja sampai selesai. Jika sudah selesai tekan saja tombol EXIT di remote sampai tampilan menu di TV-nya hilang.
Nah itu saja langkah-langkah-nya untuk scan ulang channel siaran tv digital di STB luby, mudah bukan?. Saran saya lakukan sekali atau dua kali scan ulang biar kita tahu ada channel baru atau tidak. Mungkin ada yang nanya bagaimana dengan merk lain selain LUBY? Pada prinsipnya sebenarnya sama saja, paling nanti beda penamaan menu-menu-nya saja. Selamat Mencoba.

Post a Comment for "Cara Scan Ulang Siaran TV Digital di Set Top Box Luby"