Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengalaman Membeli Macbook Secara Online di Tokopedia

Pengalaman Membeli Macbook Secara Online di Tokopedia
 

Sobat penagun, saya akan mengulas semua hal tentang pengalaman pribadi saya membeli laptop macbook secara online di salah satu marketplace yaitu di tokopedia atau orang-orang sering nyebutnya tokped. Saya memutuskan untuk menulis dan berbagi pengalaman membeli macbook ini dengan harapan teman-teman yang mau membeli barang secara online bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan bisa mendapatkan barang sesuai ekspektasi teman-teman. Saya akan jabarkan secara detail semuanya apa-apa yang harus dipersiapkan dan diperhatikan dalam berbelanja online. Kebetulan disini marketplace yang saya bahas adalah tokopedia karena kebetulan saya sudah terbiasa berbelanja di tokopedia ini, sampai tulisan ini diposting saya sudah menyandang member platinum di tokopedia hehe. Mungkin lain waktu saya akan membahas pengalaman belanja online di marketplace lain, tunggu saja. 

Dari sekian banyak barang-barang belanjaan online saya, yang akan saya share di kesempatan ini dan pertama kali di blog ini adalah membeli laptop macbook dari apple karena nilai dari barang ini cukup lumayan fantastis untuk ukuran saya ya, hehe. Cukup fantastis karena harganya kurang lebih 18 jutaan waktu itu, bikin ga bisa tidur menunggu barang ini tiba haha. 

Hal-Hal yang Dipersiapkan Sebelum Membeli Barang Secara Online

Sebelum membeli online, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita membeli secara online. Ini sangat penting sekali, agar kita tidak kecewa dengan barang-barang yang kita beli dan juga terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti penipuan dan sebagainya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli secara online, dan disini saya praktekan atau contohkan dari pengalaman saya sendiri saat membeli macbook di tokopedia.

Langkah 1. Mencari kata kunci barang yang mau saya cari di tokopedia, yaitu waktu itu saya menggunakan kata kunci macbook. Saya ketikan kata kunci itu di kolom pencarian web tokopedia. Setelah ketik kata kunci tersebut, akan tampil banyak daftar toko-toko yang menjual macbook.

Langkah 2. Di langkah berikutnya saya cari kriteria macbook yang lebih spesifik lagi. Karena macbook itu sendiri banyak sekali varian dan jenis-jenis-nya. Pilihlah sesuai fungsi dan kebutuhan kita ya teman-teman. Saat itu saya memilih varian macbook air 2020 M1 Chip dengan RAM 8 GB dan kapasitas SSD sebesar 512 MB dengan Garansi Apple International selama 1 Tahun. 

Langkah 3. Kemudian dari banyaknya toko yang ada di daftar pencarian, yang saya lihat pertama kali adalah jumlah penjualan-nya. Carilah yang lumayan banyak penjualan, ga harus paling banyak, tapi setidaknya sudah cukup banyak, lebih jelasnya lihat lingkaran merah pada gambar berikut. Itu adalah banyaknya penjualan dari berbagai toko yang menjual macbook.

Pengalaman Membeli Macbook Secara Online di Tokopedia

Langkah 4. Jika kita sudah memilih salah satu toko dengan kriteria penjualan yang banyak, berikutnya kita cek reputasi toko tersebut apakah rate dari para pembeli-nya bagus atau tidak. Caranya bisa dicek dari banyaknya bintang atau rate yang dimiliki toko tersebut. Dari gambar sebelumnya diatas, bisa dilihat rata-rata bintang atau rate yang diperoleh dari toko tersebut yaitu lihat sebelah kiri yang dilingkari merah pada gambar diatas. Disitu ada angka rata-rata rate yang diperoleh, carilah yang minimal angkanya diatas 4.7

Langkah 5. Kemudian saya cek dan buka data rate toko tersebut lebih detail. Kalau di tokopedia kita cek di bagian tab menu Ulasan. Saat kita sudah di halaman ulasan, saya filter yang memberi rate bintang 1 atau rate paling jelek. Jadi biasanya walaupun misal rate toko itu di angka 4.9 atau mendekati 5, pasti biasanya ada yang memberi rate jelek atau bintang 1, tidak ada salahnya kalau kita baca rate yang jelek tersebut walaupun jumlahnya cuma 1 atau 2 orang dari sekian ratus atau ribuan pembeli. Mungkin teman-teman nanya tujuannya apa? Kalau bagi saya pribadi, walaupun cuma ada 1 orang pembeli yang memberi rate jelek, saya tetap akan cek keluhan pembeli tersebut apakah sebuah kesalahan fatal atau bukan. Kalau pembeli memberi rate bintang 1 atau paling jelek gara-gara pengiriman lama atau masalah seputar pengiriman lainnnya, saya akan abaikan rate jelek tersebut. 

Langkah 6. Soal pengemasan barang. Sebaiknya untuk barang-barang besar dan rawan pecah apalagi harganya diatas 1 juta-an, gunakan packing kayu agar lebih terjamin apalagi yang membutuhkan perjalanan darat jauh. Nah pengalaman saya kemarin membeli macbook saya tidak request packing kayu karena kebetulan pengiriman ke tempat saya tidak membutuhkan perjalanan darat yang panjang, jadi tentunya via udara dari jakarta dikirim ke alamat saya di ibukota propinsi, jadi masih deket dengan bandara. Tapi sebaiknya kalau teman-teman tidak yakin, mau alamat anda jauh atau dekat dengan kota, tetap pakailah packing kayu untuk barang-barang yang besar atau rawan pecah, apalagi harganya lumayan mahal hehe.

Langkah 7. Setelah kita yakin tentang spesifikasi barang yang mau kita beli dan toko dimana kita beli, maka segera chekout saja dengan penuh keyakinan. Mungkin ada teman-teman yang nanya di toko mana saya beli macbook di tokopedia? Ini saya kasih screenshoot-nya saja ya, silakan teman-teman bisa dijadikan referensi. 

Pengalaman Membeli Macbook Secara Online di Tokopedia

Di gambar diatas sudah jelas ya saya beli macbook air di toko New Rizkyapple yang ada di tokopedia. Itu kebetulan salah satu toko rekomendasi yang saya pilih saat itu. Tentunya masih ada toko-toko rekomendasi lainnya ya, silakan gunakan tips-tips yang saya bagikan diatas, pasti disitu ada banyak toko-toko yang rekomendasi untuk dijadikan pilihan dalam membeli macbook. 

Setelah checkout dan melakukan pembayaran kita tinggal nunggu barang itu tiba di rumah kita. Terus terang waktu saya membeli macbook tersebut, lumayan bikin was-was juga terutama waktu statusnya masih dalam perjalanan, pikirannya saya udah kemana-mana, maklum-lah barang senilai 18 juta haha. Tapi Alhamdulilah macbook air itu tiba dengan selamat tanpa ada kerusakan apapun dan berfungsi normal. Ini penampakan macbook yang dulu saya beli, saat postingan ini ditulis, macbook ini sudah berumur 1 tahun lamanya hehe.

Pengalaman Membeli Macbook Secara Online di Tokopedia

Mungkin itu saja sharing pengalaman saya membeli macbook secara online di tokopedia. Intinya jangan takut membeli barang secara online ya, yang penting kita sudah tahu langkah-langkah yang harus diperhatikan dan dipersiapkan saat mau membeli barang secara online. Selamat Mencoba.


Post a Comment for "Pengalaman Membeli Macbook Secara Online di Tokopedia"