Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Upgrade dan Tukar Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa ke Grapari dan Tanpa Ganti Nomer

Cara Upgrade dan Tukar Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa ke Grapari dan Tanpa Ganti Nomer

Kartu 3G ke 4G Telkomsel adalah proses migrasi yang memungkinkan pelanggan untuk meningkatkan kecepatan internet mereka dari teknologi 3G ke 4G. Proses migrasi ini dapat dilakukan secara online sehingga bisa dilakukan oleh kita sendiri. Proses migrasi ini dapat membantu pelanggan untuk menikmati kecepatan internet yang lebih cepat dan lebih stabil. Migrasi kartu 3G ke 4G Telkomsel dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa harus pergi ke GRAPARI dan juga tentunya tanpa mengubah nomer kartu lama kita. Pelanggan hanya perlu mengunjungi situs web Telkomsel dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Proses migrasi ini dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 10 menit.

Operator Telkomsel sendiri akan mematikan jaringan 3G-nya mulai tahun 2022 kemarin secara bertahap. Artinya seluruh jaringan 3G telkomsel akan dialihkan semuanya ke jaringan 4G, dan mau tidak mau kita sebagai pelanggan telkomsel harus ikut beralih atau migrasi ke jaringan 4G. Biasanya di smartphone kita akan ada notifikasi SMS dari telkomsel yang isinya agar kita segera upgrade atau migrasi kartu 3G telkomsel kita ke kartu 4G.

Syarat Migrasi Layanan Telkomsel 3G ke 4G

Untuk memanfaatkan semua layanan jaringan 4G di kartu 4G, tentunya ada syarat-syarat mutlak yang diperlukan. Jangan sampai kita dah capai-capai ganti kartu ke kartu 4G ternyata kita ga bisa akses jaringan 4G-nya, kan ga lucu, hehe. Nah berikut ini sarat-sarat agar layanan 4G Telkomsel bisa kita nikmati.

  1. Sarat pertama tentunya yang akan dibahas lebih lanjut di postingan ini yaitu pelanggan harus memastikan bahwa mereka memiliki kartu SIM Telkomsel yang mendukung jaringan 4G. Jika kartu SIM yang dimiliki pelanggan tidak mendukung jaringan 4G, pelanggan harus mengganti kartu SIM mereka dengan kartu SIM yang mendukung jaringan 4G. Untuk detil bagaimana cara migrasi kartu 3G ke 4G akan dijelaskan di bagian selanjutnya dalam postingan ini.
  2. Kemudian sarat kedua adalah pastikan pelanggan mempunyai device atau smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G. Pelanggan juga harus memastikan bahwa mereka telah mengaktifkan jaringan 4G di ponsel mereka. Pelanggan harus mengaktifkan jaringan 4G di ponsel mereka dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah diberikan oleh Telkomsel.
  3. Lalu sarat ketiga adalah pelanggan harus memastikan bahwa mereka memiliki paket data yang mendukung jaringan 4G. Jika pelanggan tidak memiliki paket data yang mendukung jaringan 4G, pelanggan harus mengubah paket data mereka ke paket data yang mendukung jaringan 4G. Tetapi pada saat ini tentunya paketan-paketan data dari telkomsel rata-rata semuanya sudah mendukung jaringan 4G. 

Langkah-Langkah Ganti Kartu 3G ke 4G 

Nah disini saya akan jabarkan secara detil bagaimana caranya ganti kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa harus ke GRAPARI, alias dilakukan secara full online dari rumah. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menukarkan kartu 3G ke 4G telkomsel, antara lain datang langsung ke GRAPARI terdekat, Call Center 188, aplikasi My Telkomsel, atau bisa dilakukan lewat website telkomsel. Yang akan saya jelaskan disini adalah langkah-langkah menukar kartu telkomsel 3G ke 4G lewat website telkomsel.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Kartu 3G ke 4G

Ada beberapa hal atau sarat yang perlu diperhatikan buat kita yang mau tukar kartu 3G ke 4G Telkomsel, antara lain sebagai berikut.

  1. Layanan ganti kartu 3G ke 4G telkomsel ini bisa dilakukan oleh pelanggan TELKOMSEL PRABAYAR (Simpati) ataupun TELKOMSEL PASCABAYAR (Kartu Halo)
  2. Sarat untuk kartu prabayar yaitu kartu belum melewati masa tenggang atau lebih amannya kartu statusnya masih aktif. Kemudian untuk kartu halo tentunya billing atau tagihan bulan terakhir sudah terlunasi.
  3. Nomor kartu telkomsel anda tidak terhubung ke layanan perbankan misal internet banking atau mobile banking. Atau tidak terhubung ke layanan e-wallet misal linkaja. Pengalaman saya nomer kartu telkomsel yang terhubung ke linkaja pasti statusnya seperti terhubung ke layanan perbankan sehingga tidak bisa dilakukan penggantian kartu secara mandiri atau online, harus datang langsung ke GRAPARI.
  4. Pada penggantian kartu secara online ini, nanti kartu yang baru akan dikirimkan dari GRAPARI terdekat ke lokasi sesuai yang anda daftarkan. Biaya pengiriman kartu tersebut ditanggung oleh pelanggan.
  5. Wajib menyiapkan berkas-berkas seperti e-ktp, kartu keluarga, foto selfie, alamat email, dan foto diri memegang kartu identitas dan memegang kertas berisi tanda tangan pelanggan dan tanggal pemesanan.
  6. Kemudian perlu diketahui, proses ganti kartu secara online atau mandiri hanya bisa dilakukan lewat browser di smartphone anda, hal ini dikarenakan kita nantinya diminta untuk proses foto selfie langsung.

Langkah-Langkah Tukar Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online

Jika persaratan-persaratan diatas sudah disiapkan, maka selanjutnya kita ikuti langkah-langkah memulai menukar kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa harus ke GRAPARI. Berikut langkah-langkah-nya.

  • Masuk ke laman https://my.telkomsel.com/sim-replacement. Jangan lupa ya lakukan di browser smarphone anda.
  • Setelah itu masukan nomer ponsel dan alamat email kita disitu. kemudian klik LANJUTKAN.
  • Kemudian kita disuruh memasukan kode OTP 6 digit angka. Kode OTP dikirimkan dari pihak telkomsel ke email kita. Jadi kita buka email kita dulu, disitu nanti ada inbox dari telkomsel yang berisi kode OTP 6 digit angka. 
  • Masukan saja kode OTP 6 digit angka tersebut. Lalu klik LANJUTKAN
  • Kemudian pilih alasan ganti kartu yaitu Upgrade Kartu 4G
  • Selanjutnya kita disuruh memasukan kode OTP lagi, cuma kali ini kode OTP dikirim ke SMS nomer kita. Masukan saja kode OTP tersebut.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi yang bunyinya bahwa nomer ponsel anda akan dinonaktifkan setelah menyelesaikan proses ganti kartu (maksimal 1x24jam). Klik LANJUTKAN saja.
  • Kemudian kita akan ikuti langkah-langkah seperti upload identitas, kemudian foto selfie, juga pengisian alamat pengiriman termasuk pembayaran. Ikuti saja instruksi-instruksinya sampai selesai ya. Setelah selesai akan mendapatkan semacam ORDER ID untuk mengecek status order kita.
  • Jika sudah selesai kita tinggal nunggu kartu SIM 4G Telkomselnya dikirim ke rumah kita. 
  • Kita bisa mengecek status order kita di laman https://my.telkomsel.com/sim-replacement. Kemudian pilih menu Cek Status Pemesanan Ganti Kartu kemudian kita masukan order ID yang sudah kita dapatkan sebelumnya.

Bagaimana Untuk Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Yang Terhubung ke Perbankan?

Nah khusus untuk kartu telkomsel kita yang terhubung atau terdaftar ke layanan perbankan seperti internet banking atau mobile banking, maka proses migrasi kartunya harus mendatangi langsung GRAPARI terdekat. Saratnya cukup bawa kartu identitas yaitu e-ktp dan kartu keluarga. Prosesnya pun sebenarnya singkat, cuma mungkin antriannya yang lama hehe.

Mungkin itu saja yang saya sampaikan tentang Cara Upgrade dan Tukar Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa ke Grapari dan Tanpa Ganti Nomer. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Upgrade dan Tukar Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa ke Grapari dan Tanpa Ganti Nomer"