Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengurus SIM dan STNK Bisa Serba Online, Daftar Dulu di Aplikasi Digital Korlantas Polri

Digital Korlantas POLRI

Hallo sobat Penagun, postingan kali ini saya akan bahas mengenai aplikasi di android yang bernama Digital Korlantas POLRI yang bisa digunakan untuk keperluan mengurus SIM maupun STNK secara online. Sekarang sudah serba digital dan online, begitu juga dengan pengurusan SIM atau STNK. Program POLRI dengan tagline-nya PRESISI, beberapa waktu lalu meluncurkan program SINAR (SIM Nasional Presisi) untuk pengurusan SIM secara online. Untuk STNK kedepan juga akan diluncurkan program serupa yang namanya SIGNAL, tetapi untuk sekarang belum aktif, jadi baru program SINAR yang sudah berjalan untuk saat ini. Program-program digital dari POLRI tersebut berada dalam satu aplikasi yang bernama Digital Korlantas POLRI. Aplikasi ini untuk sementara sudah support di smartphone berbasis android. Jadi sebelum anda mengurus keperluan SIM atau administrasi lainnya secara online, anda harus mendaftar dulu di aplikasi Digital Korlantas POLRI ini.

Bagaimana Cara Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI?

Caranya sangat mudah sekali, anda pertama kalinya buka google playstore di HP android anda lalu cari aplikasi dengan kata kunci Digital Korlantas POLRI

  • Setelah anda download aplikasinya, lalu anda install di smartphone anda.
  • Setelah proses instalasi selesai, lakukan registrasi menggunakan nomer handphone anda, nanti biasanya ada disuruh membuat PIN juga, pokoknya ikuti saja instruksi-nya.
  • Jika sudah selesai proses registrasi anda akan masuk halaman dashboard aplikasi Digital Korlantas POLRI.
  • Saat anda sudah masuk dashboard akun, anda belum bisa membuka berbagai program atau menu-menu di aplikasi tersebut sebelum anda melakukan verifikasi berbagai dokumen.
  • Pertama yang anda lakukan adalah upload dokumen SIM anda. Lihat gambar dibawah, klik di bagian lingkaran merah.
Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI

  • akan muncul halaman baru seperti berikut. Pilih SIM A atau SIM C. lalu isikan nomer SIM-nya. Lalu dibagian atas pojok kanan klik Simpan Data
Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI

  • Nanti jika berhasil, maka halaman depan dashboard akun anda akan tampil seperti ini.
Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI
  • Jika proses diatas tidak berhasil atau biasanya ditandai notifikasi gagal proses digitalisasi, solusinya adalah lakukan di lain waktu, pastikan akses ke internet lancar, coba terus sampai berhasil.
  • Langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi e-KTP anda. Biasanya otomatis muncul pop-up seperti dibawah ini. Klik saja Verifikasi Sekarang
Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI
  • Nanti anda disuruh foto wajah anda, ikuti saja instruksinya, biasanya disuruh kedip mata sekali, terus membuka mulut dan disuruh angguk-angguk kepala hehe. Kalau berhasil diterima, proses verifikasi e-KTP dinyatakan valid atau berhasil
Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI
  • Langkah selanjutnya adalah verifikasi email, biasanya muncul pop-up seperti berikut. Atau jika pop-up nya tidak muncul, anda bisa lihat di menu profil dashboard akun anda, kemudian pilih ubah profil, nanti disitu ada pilihan verifikasi email, klik saja disitu.
Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI
  • Nanti di email anda akan dikirim sebuah tautan untuk melakukan verifikasi seperti contoh gambar berikut. Klik saja Aktivasi Akun Saya. maka harusnya email anda sudah terverifikasi.
Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI
  • Sekarang semua proses dokumen sudah terverifikasi, anda bisa cek di dashboard akun anda, pilih profile, kemudian pilih ubah profil, maka semua yang terverifikasi akan ditandai tanda centang. Jika sudah semua terverifikasi anda sudah bisa memanfaatkan menu-menu atau program-program yang ada di dalam aplikasi Digtial Korlantas POLRI.
Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Nah mudah bukan, cara mendaftar di aplikasi Digital Korlantas Polri. Lain waktu saya akan bahas setiap program-program-nya di aplikasi ini misal cara memperpanjang SIM, memperpanjang STNK, dan lain-lain. Update, untuk lebih detil tentang cara memperpanjang SIM secara online bisa dilihat di postingan saya berikutnya yang berjudul Panduan Cara Perpanjang SIM Full Online Tanpa Keluar Rumah. Semoga Bermanfaat.



Post a Comment for "Mengurus SIM dan STNK Bisa Serba Online, Daftar Dulu di Aplikasi Digital Korlantas Polri"