Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tutorial Cara Memperpanjang SIM 100% Online Tanpa Keluar Rumah

cara perpanjang SIM online

Postingan ini sebenarnya melanjutkan postingan sebelumnya yang berjudul Mengurus SIM dan STNK Bisa Serba Online, Daftar Dulu di Aplikasi Digital Korlantas Polri Jadi bagi yang mau melanjutkan membaca postingan disini, pastikan sudah membaca postingan sebelumnya tersebut, karena materinya sangat sambung-menyambung sekali, hehe. Seperti yang kita ketahui sekarang ini, layanan POLRI khususnya dari KORLANTAS sudah menerapkan layanan digital yang serba online. Hal itu untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluan seperti urusan SIM, STNK, SKCK, dan lain-lain. Di postingan ini saya akan bahas khusus mengenai pengurusan perpanjang SIM. Untuk pengurusan SIM khususnya perpanjang SIM, bisa dilakukan secara full online dari rumah, sekali lagi yang saya bahas disini benar-benar 100% online atau online penuh tanpa sedikitpun keluar rumah, jadi kita daftar sambil rebahan saja, kemudian kita tunggu, lalu SIM akan dikirim ke rumah kita. Sepertinya sangat cocok untuk kaum rebahan di zaman sekarang hehe. 

Langkah-Langkah Perpanjang SIM Online dari Rumah

Disini saya akan ambil contoh untuk perpanjang SIM C. Karena kebetulan belum lama saya habis memperpanjang SIM C saya lewat full online dan semuanya hanya dari rumah, tanpa keluar rumah sedikitpun. Saya tulis ini berdasarkan pengalaman saya sendiri, berikut step-step atau tahapan cara perpanjang SIM online.

Buka aplikasi Digital Korlantas POLRI, bagi yang belum tahu cara daftarnya, pastikan baca dulu postingan sebelumnya di link ini. Pastikan semua data profil sudah terverikasi, dari mulai NIK, NAMA, No.HP, sampai Alamat Email anda. Selain itu, SIM lama anda juga harus sudah terverifikasi di aplikasi atau dengan kata lain SIM lama anda sudah terhubung online, bisa dilihat gambar SIM anda sudah tampil di aplikasi, lihat contoh dibawah.

Perpanjang SIM Full Online dari Rumah

Langkah berikutnya masih di halaman dashboard-nya, pilih menu SIM atau yang berlogo tulisan SINAR. Lihat lingkaran merah digambar berikut.


Perpanjang SIM Full Online dari Rumah
 

Setelah itu akan muncul halaman berikut. Klik perpanjangan SIM

 
cara perpanjang SIM full online
 

Nanti akan muncul jendela yang berisi sarat-sarat perpanjangan SIM, dibaca saja sampai ke bawah. Jika sudah, klik tombol Lanjutkan. Kemudian akan tampilan halaman berikutnya seperti gambar dibawah ini.

Lihat kotak warna biru pada gambar diatas. Itu adalah seluruh tahapan-tahapan yang akan dilalui dalam memperpanjang SIM via aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI ini. Tahapan-tahapan tersebut adalah Registrasi Identitas, Kelengkapan Persyaratan, Lokasi SATPAS, Rekening Pengembalian, Pengiriman/Pengambilan, dan Konfirmasi Data

Registrasi Data Identitas SIM

Tahapan pertama yaitu Registrasi Identitas. Lihat kotak warna merah pada gambar sebelumnya diatas. Ada kotak merah pertama yaitu isian tentang Data SIM. Kita pilih sesuai jenis SIM yang mau diperpanjang, misal saya mau memperpanjang SIM C , berarti klik gambar motor. kemudian dibawahnya isikan Nomor SIM-nya. Lanjut ke bagian dibawahnya yaitu Unggah Dokumen. Silakan unggah dokumen yang diminta, yaitu Foto fisik e-KTP, foto fisik SIM, Foto Tanda Tangan, dan Pas Foto. Khusus untuk pas foto background yang diminta adalah warna biru dan resolusinya adalah 480x640 pixel. Untuk mengubah warna background foto, kita bisa lakukan secara online yaitu kunjungi saja webnya remove(dot)bg atau bisa menggunakan aplikasi android yang bernama pixomatic. Sedangkan ntuk mengubah resolusi foto, kita bisa gunakan aplikasi canva di HP, atau ACDSee di PC kita, atau juga bisa dilakukan secara online via web misal salah satunya di imageresizer(dot)com. Sangat mudah, ga sampai satu menit, beres..hehe. Setelah semuanya diisi dan diupload, klik LANJUT di pojok atas kanan, maka kita akan menuju step berikutnya yaitu Kelengkapan Persyaratan. Pada tahap Kelengkapan Persyaratan ini kita diminta untuk melakukan tes psikologi online dan tes pemeriksaan kesehatan secara online juga.

Tes Psikologi SIM Secara Online di epPSi

Untuk tes psikologi dilakukan melalui aplikasi epPSi. Di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI sudah disediakan atau diarahkan ke link aplikasi epPSi-nya, kemudian kita klik dan install saja. Jika sudah install kita daftar dulu atau buat akun di epPSi. Perlu diingat, saat daftar atau register di epPSi kita diminta email kita, pastikan email yang terdaftar di aplikasi epPSi sama dengan email yang terdaftar di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI. Kemudian jika sudah selesai daftar dan punya akun, masuk ke halaman dashboardnya, klik menu Tes Psikologi SIM

Nanti disitu kita disuruh memiliki atau membeli voucher sebagai sarat untuk mengikuti tes psikologi online ini. Cara memiliki voucher sudah dijelaskan disitu atau bisa dilihat di gambar berikut. 

Tes Psikologi SIM Secara Online

Ikuti saja petunjuknya, nanti kita diminta membayar biaya test sebesar Rp 37500. Pembayaran seingat saya waktu itu tersedia menggunakan bank BNI. Kalau kita mau transfer dari rekening selain BNI, karena mungkin kita rekeningnya bukan di BNI, tidak masalah kok, jadi tetap bisa transfer antar bank, cuma mungkin ada biaya admin-nya. Jika sudah kita bayar, kita bisa langsung masuk untuk mengerjakan tes psikologinya. Soal-soalnya banyak, tapi cukup mudah lah untuk kita kerjakan. Nanti kalau sudah selesai dan dinyatakan lulus, maka secara otomatis akan muncul tanda centang pada bagian Kelengkapan Persyaratan di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI

Pemeriksaan Kesehatan Online di e-Rikkes

Langkah berikutnya adalah Pemeriksaan Kesehatan Online. Tahap ini masih bagian dari Tahap Kelengkapan Persyaratan di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI. Pemeriksaan kesehatan online ini menggunakan aplikasi e-Rikkes. Di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI sudah disediakan atau diarahkan link e-Rikkes-nya, jadi tinggal klik dan otomatis nanti akan ter-install. Langkah pertama kita harus bikin akun dulu di e-Rikkes. Pastikan email yang terdaftar di aplikasi e-Rikkes sama dengan email yang terdaftar di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI. Setelah punya akun, kita login, nanti akan masuk halaman dashboard seperti gambar dibawah.

Tes kesehatan online e-Rikkes

Setelah masuk dashboard e-Rikkes, kita klik menu Pendaftaran. Nanti disitu kita diminta verifikasi identitas kita, yaitu disuruh foto identitas KTP dan foto selfie. Pastikan identitas kita di e-Rikkes sama dengan identitas kita di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI. Lalu isi biodata dan isi form riwayat kesehatan kita. Isi saja form tersebut sesuai data yang kita perlukan. Nah yang perlu diperhatikan adalah saat mengisi bagian PILIH FASKES atau DOKTER. Kita sebenernya bisa memilih tempat faskes di daerah kita, tapi biasanya kalau memilih tempat faskes atau dokter di daerah kita, kita masih diwajibkan untuk mendatangi tempat faskes atau dokter yang kita pilih tersebut, jadi berasa tidak full online alias masih harus keluar rumah. Nah bagaimana caranya agar kita ga perlu keluar rumah, alias tes kesehatannya full online dari rumah? caranya pilih tempat faskes di KOTA ADM. JAKARTA PUSAT dan faskes-nya adalah PUSDOKES POLRI. Jika sudah, kita bisa langsung mengisi form riwayat kesehatan kita, isi saja sesuai kondisi kesehatan kita apa adanya. Setelah selasai mengisi form riwayat kesehatan, akan lanjut mengisi form pemeriksaan e-Rikkes berupa tinggi badan dan berat badan serta golongan darah. Setelah itu klik SUBMIT. Maka hasil Tes Kesehatan sudah terekam di aplikasi dan otomatis terintegrasi di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI. Jadi secara otomatis akan muncul tanda centang juga pada bagian Kelengkapan Persyaratan di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI. Hasil tes kesehatan kita bisa juga dilihat di dashboard e-Rikkes lalu pilih menu Hasil Pemeriksaan. Oh ya, tes kesehatan e-Rikkes ini GRATIS ya.

Pemilihan Lokasi SATPAS

Setelah tahap Kelengkapan Persyaratan diatas (e-ppsi dan e-rikkes) selesai, tahapan selanjutnya adalah pemilihan Lokasi Satpas. Lokasi Satpas adalah lokasi pengurusan atau penerbitan SIM. Pilihlah lokasi SATPAS yang terdekat dengan daerah kita atau sesuai keinginan kita, tidak harus sesuai dengan alamat KTP anda. Misal alamat KTP kita di semarang, tapi saat kita mengajukan perpanjangan SIM online ini, kita sedang liburan lama di rumah saudara yang berada di JAKARTA PUSAT, berarti kita pilih saja LOKASI SATPAS yang ada di JAKARTA PUSAT. Tentunya nanti di bagian alamat pengiriman, tulislah alamat posisi kita di JAKARTA PUSAT. Nanti SIM akan dikirim ke alamat posisi kita di JAKARTA PUSAT. 

Nomer Rekening Pengembalian

Pada tahapan ini kita diminta untuk mengisi nomer rekening pengembalian. Maksudnya ketika pengajuan SIM kita misal ditolak, maka uang akan dikembalikan ke rekening yang kita input di bagian ini.

Pengiriman/Pengambilan

Pada tahapan ini, kita diminta input alamat pengiriman SIM yang kita ajukan. Isikan alamat kita berada sekarang, tidak harus sama dengan alamat di KTP. Pastikan alamat yang kita isi benar dan sedetail mungkin untuk menghindari kegagalan pengiriman.

Konfirmasi Data

Jika sudah melakukan pengisian alamat pengiriman, kita diminta untuk konfirmasi data-data yang sudah kita isi sebelumnya. Tujuannya untuk memastikan data-data yang kita input sebelumnya sudah benar dan sesuai.

Lakukan Pembayaran Perpanjangan SIM

Tahap terakhir adalah kita melakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM. Untuk SIM A sebesar Rp.80rb , dan SIM C sebesar 75rb. Tentunya nanti ditambah dengan biaya pengiriman yang besarnya sesuai dengan jarak SATPAS dengan alamat pengiriman. Setelah itu kita tinggal menunggu saja SIM itu datang ke rumah kita. Ini contoh amplop yang berisi SIM yang dikirimkan ke rumah saya..

Perpanjang SIM Full Online dari Rumah

Demikian info perpanjangan SIM full 100% online dari pengalaman pribadi saya, sangat mudah bukan, ga perlu keluar rumah, hehe. Sekarang layanan POLRI makin mantap sehingga masyarakat semakin mudah untuk mengurus dokumen dan keperluan lainnya.

Post a Comment for "Tutorial Cara Memperpanjang SIM 100% Online Tanpa Keluar Rumah"