Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tahap Awal Penghentian Siaran TV Analog Ditunda, Akan Dimulai April 2022

Migrasi TV Analog ke Digital

Halloo sobat Penagun, masih melanjutkan perihal pembahasan mengenai migrasi siaran TV Analog ke siaran TV Digital, disini saya akan update info tentang informasi mengenai tahapan penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off  (ASO). Sebelumnya saya pernah ngepost mengenai teknis caranya agar TV tabung bisa menangkap siaran TV digital, disitu sedikit saya tulis kapan siaran TV Analog bakal dimatikan secara penuh? Disitu dijelaskan bahwa penghentian siaran TV Analog akan dilakukan paling lambat 2 November 2022

Tahapan Penghentian Siaran TV Analog

Perlu diketahui, bahwa penghentian Siaran TV Analog atau Analog Switch Off ini tidak langsung dihentikan total pada tanggal 2 November 2022, tetapi melalui proses dan beberapa tahapan. Pada mulainya tahapan pertama penghentian siaran tv analog itu akan dimulai pada agustus 2021, tapi berhubung masih dalam suasana pendemi covid-19 dan pemerintah masih fokus dalam penangganan musibah pendemi covid-19, maka tahapan penghentian siaran TV analog akan dimulai pada akhir April 2022. Jadi ditunda dari yang tadinya agustus 2021 menjadi april 2022. 

Tahapan-tahapan secara lengkap penghentian Siaran TV analog adalah tahap pertama akhir April 2022, kemudian dilanjutkan tahap kedua pada awal Agustus 2022, dan terakhir pada tahap ketiga yaitu awal November 2022. Analog Switch Off ini memerlukan beberapa tahapan karena mengingat luasnya wilayah Indonesia. Jadi walaupun ditunda di tahapan pertamanya, tetapi target terakhir penghentian siaran TV Analog tetap sesuai rencana sebelumnya yaitu di bulan November 2022. Jadi bulan November 2022 TV anda sudah tidak lagi bisa menangkap siaran TV Analog. Bagi yang masih punya TV Tabung silakan baca postingan saya sebelumnya di link ini mengenai teknis caranya agar TV tabung bisa menangkap siaran TV digital.

Kelebihan TV Digital daripada TV Analog

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya kenapa sih harus migrasi ke siaran TV Digital? Berikut beberapa kelebihan TV Digital dibandingkan TV Analog:

  1. Jangkauan TV Digital lebih luas. Perlu diketahui selama ini TV Analog hanya bisa menjangkau 68% wilayah Indonesia, selebihnya yang 32% adalah blank spot. Dengan TV Digital nantiyan seluruh wilayah Indonesia bisa tercover.
  2. Gambar TV Digital dijamin bersih alias tanpa "semut", kemudian suara juga lebih jernih ketimbang TV analog.
  3. Pada kondisi sinyal lemah, pada TV digital gambar tetep tidak kabur, berbeda dengan TV analog semakin lemah sinyal-nya semakin ga jelas gambar dan suaranya.
  4. Pada siaran TV Digital memiliki kemampuan layanan interaktif. Dapat secara langsung memberikan rating. 
  5. Bisa mendapatkan fasilitas Electronics Program Guide untuk mengetahui acara yang telah dan akan ditayangkan.

Itulah banyak kelebihan TV Digital ketimbang TV Analog. Kemudian perlu diketahui bahwa TV Digital bukan layanan streaming yang butuh koneksi internet. TV Digital juga bukan TV berlangganan seperti TV Kabel atau satelit yang berbayar bulanan. TV Digital adalah televisi free to air dengan sistem digital yang mana tidak berbayar alias gratis. Jadi anda tetap menggunakan antena UHF seperti biasa, sudah mendapatkan kualitas yang sangat baik dan tahan cuaca buruk. 

Postingan ini ditulis bulan agustus 2021, tahap awal penghentian siaran TV analog ini 8 bulan lagi yaitu bulan april 2022, maka saran saya khususnya bagi yang masih punya TV Tabung atau TV generasi lama, segera siapkan dari sekarang agar TV Tabungnya bisa menangkap siaran TV Digital, silakan baca postingan saya di link ini mengenai teknis caranya agar TV tabung bisa menangkap siaran TV digital.

Mungkin itu saja informasi tentang tahapan-tahapan penghentian siaran TV Analog yang perlu sobat ketahui dari sekarang. 

Post a Comment for "Tahap Awal Penghentian Siaran TV Analog Ditunda, Akan Dimulai April 2022"