Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual dengan Mudah Praktis

Cara Mencari Saluran TV Digital Manual
Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual

PENAGUN. Tak sedikit orang mengetahui cara mencari saluran TV digital manual. Di mana TV digital menawarkan gambar yang lebih berkualitas dibandingkan  TV analog pada umumnya. Ini merupakan poin tambahan pada TV digital sebagai televisi modern. Beredar info dari KOMINFO bahwa siaran digital merupakan jaringan free to air, maka bagi Anda pecinta TV digital tidak perlu membayar iuran televisi lagi.

Namun, tidak semua saluran siaran pada TV digital gratis. Ada beberapa siaran yang wajib membayar. Sedangkan siaran TV digital gratis, Anda bisa mencarinya dengan cara manual.

Cara Mencari Saluran TV Digital secara Manual

Anda bisa menggunakan kotak converter yang dikenal dengan nama STB (Set Top Box) TV digital untuk mencari saluran TV digital secara manual. Alat ini mampu mengubah siaran digital menjadi siaran analog. Cara kerjanya pun mudah. STB ini akan memindai saluran TV secara otomatis dengan mengandalkan spectrum.

Berbeda dengan televisi keluaran terbaru yang sudah tertanam decoder digital untuk mencari saluran TV digital secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu memasang decoder tambahan lagi. Sedangkan untuk TV keluaran lama memerlukan decoder tambahan seperti STB sebagai pemancing jaringan dan mencari saluran TV secara manual.

Anda bisa tahu apakah TV Anda sudah terpasang decoder atau belum dengan melihatnya pada menu pengaturan pada televisi.

Biasanya fitur ini akan menyimpan saluran TV sebagai memori televisi. Sehingga Anda tidak perlu mencari saluran dengan cara yang rumit lagi. Anda cukup melakukan scroll ke arah atas bawah menggunakan remote TV bawaan, maka Anda akan mudah menemukan berbagai channel saluran yang tersimpan sebelumnya.

Adakalanya Anda perlu memindai saluran TV secara berkala untuk menjaga saluran TV Anda agar tidak hilang. Selain menjaga saluran agar tetap ada, hal ini bisa mengecek apakah ada saluran tambahan yang muncul dalam frekuensi udara saluran.

Berikut ini adalah langkah-langkah mencari saluran TV digital secara manual yang bisa Anda terapkan:

  • Pilih Menu “Pengaturan” pada TV
  • Silahkan pilih ‘Pemindaian Saluran’
  • Selanjutnya memilih “Jenis Saluran”

Dalam pengaturan di atas Anda bisa memilih-milih saluran televisi yang tersedia dan tersimpan untuk dimunculkannya ke layar kaca televisi Anda.

Baca juga: Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola TV Anda Sendiri. Mudah, loh

Mengenal Frekuensi TV Digital

KOMINFO sebagai otoritas penayangan dan siaran televisi menjelaskan bahwa pemerintah menyarankan masyarakat untuk beralih dari TV analog ke TV digital. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan secara langsung. sehingga memerlukan proses yang cukup panjang.

Anda tidak perlu merasa khawatir karena Anda yang saat ini memiliki TV analog model lama, Anda bisa beralih dengan memanfaatkan teknologi STB. Peralihan frekuensi dari TV analog ke TV digital membuat beberapa frekuensi saluran TV mengalami perubahan juga. Hal ini tergantung dari server satelit yang digunakan oleh stasiun televisi masing-masing.

Di sinilah STB memiliki peranan penting sebagai pengatur frekuensi saluran televisi. Anda perlu mengganti frekuensi ketika Anda beralih dari TV analog ke TV digital. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan Set Top Box (STB).

Cara mencari saluran TV digital manual dengan mengubah frekuensi TV, maka Anda perlu mengatur parameter transponden. Di mana parameter transponden ini perlu disesuaikan dengan settingan yang telah ada pada televisi tersebut.

Cara Mencari Saluran TV Digital Sharp

Cara Mencari Saluran TV Digital Sharp


Cara mencari saluran TV digital manual pada tiap merk TV itu berbeda-beda. Begitu juga dengan TV digital merk Sharp. Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara mencari saluran TV Digital Sharp secara manual. Berikut panduannya.

Pilih Chanel di Menu

Sebelum melakukan langkah awal, sebaiknya lakukan reset ulang pada TV Anda. Bisa dikatakan kalau pengaturan perlu ke mode default atau reset seperti baru.

Tinggal Anda pilih ‘Menu’ pada remot atau pada kanal TV. Maka akan segera muncul menu pada layar TV.

Memilih Opsi Pencarian

Dalam melakukan pencarian terdapat 2 opsi; yaitu manual dan otomatis. Di sini Anda akan memilih dengan cara manual. Sehingga Anda bisa memilih ‘Search Manual’.

Pilihan Saluran

Anda akan berada pada list (daftar) saluran yang tersedia dan tersimpan pada TV. Berbeda dengan opsi ‘auto search, Anda perlu membiarkan jaringan TV Anda untuk mencari salurannya secara otomatis.

Jika sudah tersedia berbagai pilihan saluran, silahkan memilih saluran yang Anda sukai untuk dimunculkan ke TV Anda.  Tunggu proses jaringan hingga selesai, dan Anda siap menikmati berbagai saluran dengan frekuensi baru pada TV Sharp.

Cara Mencari Saluran TV Digital Samsung

Tidak jauh berbeda dengan cara mencari saluran TV digital manual pada merk Sharp. Pada TV merk Samsung pun bisa Anda lakukan dengan mudah. Namun ada beberapa fitur yang berbeda dari merk Sharp. Temuanya memiliki keunggulannya masing-masing.

Anda bisa memilih dengan cara manual, Anda bisa memilih saluran yang Anda sukai. Ya, meskipun kekurangan dari pencarian manual lebih memakan waktu di bandingkan cara otomatis. Namun, Anda memiliki kepuasan sendiri karena berhasil mencari saluran TV dengan teliti.

Berikut adalah langkah-langkah mencari saluran TV Digital Samsung secara manual:

  1. Klik tombol ‘Menu’ pada remot TV Samsung;
  2. Pilih ‘Pengaturan’ yang terpampang pada panel TV;
  3. Silahkan pilih opsi ‘Manual Search’ atau ‘Pencarian Manual’.
  4. Perlu di ketahui, sebelum klik opsi manual, sebaiknya atur terlebih dahulu ke posisi BG
  5. Di sana akan terlihat beberapa saluran TV yang bisa Anda pilih;
  6. Setelah memilih saluran, silahkan munculkan dengan cara klik slurannya;
  7. Anda bisa melakukan hal ini berulang hingga beberapa salurang yang Anda inginkan muncul semua.

Untuk mencari saluran TV dengan opsi auto, Anda bisa memilih opsi ‘Auto Search’. Tunggu proses pencarian saluran pada TV Samsung Anda hingga selesai.

Location Code TV Digital Indonesia

Location Code TV Digital Indonesia


Saat membeli TV digital, Anda perlu mengisi location code alias kode pos tempat Anda tinggal saat ini. Hal ini Anda lakukan saat pertama kali Anda melakukan pencarian saluran pada TV Anda.

Location code atau kode pos ini sangat penting dalam pencarian saluran TV Digital. Hal ini karena satelit saluran televisi dapat memposisikan saluran atau frekuensi yang tepat untuk lokasi Anda. Dengan begitu, Anda bisa menikmati saluran TV dengan layar  gambar yang jernih.

bila Anda salah mengisi kode pos sembarangan, maka Anda tidak dapat menjangkau frekuensi saluran televisi tertentu. Mengapa? Karena jaringannya berada di luar jangkauan TV Anda. Mungkin ini yang jadi penyebab utama kenapa gambar pada TV Anda tidak jernih.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa

Ternyata, Anda bisa mendapatkan siaran TV Digital walaupun menggunakan antena biasa. Cukup download aplikasi sinyal TV Digital di Google PlayStore. Bahkan,  hanya dengan menggunakan antena UHF. Ini adalah kolaborasi cantik antara antena UHF dan aplikasi saluran TV Digital pada smartphone Anda. Maka Anda tetap bisa mencari saluran TV Digital, meskipun Anda hanya menggunakan antena biasa.

Berikut adalah cara mendapatkan siaran TV Digital dengan antena biasa:

Siaran TV Digital Sudah Ada

Sebelum memanfaatkan cara memperoleh siaran TV Digital dengan antena biasa, silahkan Anda cek dulu apakah di daerah Anda tersedia jaringan siaran TV digital? Jika belum, maka Anda akan kesulitan untuk memperoleh siaran TV Digital menggunakan antena biasa.

Anda bisa cek melalui digital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Selain itu, Anda juga bisa cek melalui aplikasi android yang bisa Anda unduh di Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini bernama sinyal TV Digital. Aplikasi ini akan meminta akses lokasi Anda, sehingga aplikasi bisa memunculkan beberapa siaran TV Digital yang ada di lokasi Anda.

Menggunakan Antena UHF

 Antena UHF selain berfungsi untuk TV Analog, juga bisa menayangkan siaran TV Digital. Jadi, jika Anda sudah memiliki antena UHF, maka Anda bisa mendapatkan siaran TV Digital dengan antena biasa. Anda bisa meletakkan antena ini baik dalam ruangan atau luar ruangan.

Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya antena Anda letakkan di luar ruangan. Apa tujaunnya? Agar antenna dapat lebih optimal menangkap sinyal dari satelit siaran TV Digital.

Set Top Box

Jika Anda tidak memiliki antena UHF, maka jalan alternatifnya adalah menggunakan Set Top Box. Saat Anda membeli TV, biasanya Anda mendapatkan STB secara gratis.  STB ini gratis untuk masyarakat dari Kominfo. Hal ini bertujuan agar masyarakat Indonesia beralih dari TV analog ke TV Digital.

Tapi jika Anda tidak mendapatkan STB saat membeli televisi, Anda bisa membelinya di toko elektrik terdekat. Umumnya, STB ini dibanderol mulai harga 150 ribu rupiah tergantung merk dan tipenya.

Ketika Anda sudah memiliki Set Top Box, maka silahkan Anda hubungkan STB ke TV Analog Anda. Cara menghubungkannya mudah. Anda bisa menggunakan kabel AV. Kabel ini biasanya berwarna merah, putih atau kuning.

Sebaiknya Anda mengikuti panduan yang tertera di buku panduan saat membeli TV atau Set Top Box. Karena setiap warna memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Mencari Siaran TV Digital dengan Remote

Jika Set Top Box sudah terpasang dan tersambung dengan antena UHF, saatnya Anda mencari siaran TV Digital dengan menggunakan remote bawaan TV. Karena jika menggunakan remote universal, biasanya tidak bisa bekerja karena sensor yang berbeda.

Silahkan Anda cari menu AV pada layar TV. Kemudian pilih opsi ‘Pengaturan’. Hal ini bisa Anda lakukan secara auto atau manual. Langkah-langkahnya sudah penulis jelaskan pada artikel di atas.

Namun, untuk lebih praktisnya, sebaiknya Anda memilih ‘Auto Search’. Dengan begitu, Anda tinggal menunggu jaringan untuk mencari dan mendeteksi siaran TV Digital yang tersedia.

Inilah panduan bagaimana cara mendapatkan siaran TV Digital dengan memanfaatkan antena biasa. Jadi, Anda tidak perlu risau dan galau lagi. Meskipun Anda memiliki TV Analog atau TV jadul, Anda masih tetap bisa menikmati siaran televisi digital hingga saluran luar negeri.

Kesimpulan

TV adalah hiburan yang murah bagi keluarga. Menikmati tontonan TV bersama keluarga pasti sangat menyenangkan. Tetapi tiba-tiba TV Anda bermasah. Saluran TV digital Anda hilang tiba-tiba tanpa Anda tahu sebabnya. Maka, Anda mencari solusi Cara Mencari Saluran TV Digital Manual. Penulis telah menyajikan banyak cara bagi Anda untuk menemukan saluran TV digital Anda dengan mudah. Semoga artikel ini bisa menjawab semua masalah yang Anda hadapi tentang saluran TV digital. 

Post a Comment for "Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual dengan Mudah Praktis"