Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

cara mengatasi wifi lemot di HP OPPO. HP Anda Jadi Cepat dan Wuuusss

cara mengatasi wifi lemot di HP OPPO
Bagaimana cara mengatasi wifi lemot di HP OPPO

PENAGUN.COM. HP OPPO Anda sering mengalami koneksi lemot saat menggunakan Wifi? Tenang jangan khawatir. Jangan buru-buru menelpon provider Wifi Anda. Kami mempunyai cara mengatasi Wifi lemot di HP OPPO dan HP merk yang lainnya.

Koneksi internet lemot pastinya bikin sebel bukan? buka website saja loadingnya lama sekali. Balasan chat tidak langsung terkirim. Ya, baik kamu yang menggunakan jaringan selular maupun wifi tentunya tidak ingin mengalami koneksi internet yang lambat. Banyak pengguna smartphone yang mengAndalkan wifi agar koneksinya lancar. Apalagi mereka yang menggunakan internet untuk kebutuhan kerja atau komunikasi dengan orang lain. Namun faktanya jaringan wifi sering kali mengalami masalah di HP OPPO Anda.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan memberikan tips mempercepat koneksi wifi Anda tanpa membutuhkan alat tambahan, seperti restart modem atau menghubungi customer service provider internet Anda.

Anda bisa mempercepat jaringan wifi di HP Anda dengan menggunakan fitur yang sudah ada di HP OPPO Anda. Simak ulasannya sampai selesai untuk mengetahui langkah-langkah detailnya.

Cara Mengatasi Wifi Lemot Di HP OPPO

Bagi Anda yang menggunakan wifi baik di rumah atau di kantor, pasti sering mengalami jaringan tiba-tiba lemot. Solusi umum yang Anda lakukan biasanya mencabut adaptornya kemudian menancapkan kembali. Memang cara itu cukup mudah mengatasi wifi yang lemot.

Setelah di restart biasanya koneksi akan kembali normal. Namun bagaimana cara agar tidak lemot di HP OPPO? Salah satunya adalah dengan memblokir iklan yang sering muncul di HP Anda. Iklan itu terkadang bawaan dari aplikasi tertentu, terlebih iklan Pop Up. Iklan itu juga berperan memperlambat jaringan internet di HP OPPO Anda.

Selain memblokir iklan, berikut tips mempercepat jaringan di HP OPPO.

Menggunakan VPN

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jaringan lemot di HP Anda adalah menggunakan VPN. Mengaktifkan VPN di HP Anda nyatanya cukup efektif untuk mempercepat koneksi saat membuka situs tertentu. VPN ini menyediakan server luar negeri yang kecepatan jaringannya jauh lebih baik.

Ada cukup banyak pilihan aplikasi VPN di Play Store yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memilih aplikasi VPN yang mempunyai rating dan feedback yang bagus dari pengguna sebelumnya.

Membersihkan Cache

Jika jaringan wifi Anda lemot, Anda bisa mencoba membersihkan Cache Browser terlebih dulu. Cache yang menumpuk ini juga membuat HP Anda lemot saat berselancar di dunia maya. Untuk membersihkan cache ini, Anda tidak perlu memasang aplikasi tambahan.

Ponsel OPPO Anda biasanya sudah tersedia fitur pembersih ponsel yang bisa Anda gunakan. Anda bisa menghapus cache ini secara rutin. Misalnya tidak bisa setiap hari, Anda bisa menghapus cache setiap dua atau tiga hari sekali.

Menutup Aplikasi yang tidak terpakai

Aplikasi yang baru saja Anda gunakan dan tutup itu biasanya masih tersimpan di latar belakang ponsel. Terkadang pengguna ponsel tidak menyadari hal itu. Padahal itu sangat berpengaruh terhadap kecepatan ponsel dan jaringan internet Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa menutup aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan. Ini akan memperlancar kecepatan jaringan internet di HP OPPO Anda.

Itulah cara mengatasi wifi lemot di HP OPPO Anda. Cukup mudah bukan? bisa Anda coba ketika Anda ingin mempercepat jaringan. Namun bagaimana jika sudah melakukan cara di atas namun masih saja lemot jaringannya?

Solusi finalnya, Anda bisa melaporkan masalah tersebut ke provider internet Anda. Berarti penyebab jaringan lemot itu bukan sepenuhnya dari HP Anda. Namun pada jaringan pusat yang lambat, baik penyebabnya baru perbaikan atau masalah yang lainnya. Jangan ragu untuk menghubungi customer service provider internet Anda.

Baca juga: Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual dengan Mudah Praktis

Mencari Penyebab Wifi Lemot di HP OPPO

Mencari Penyebab Wifi Lemot di HP


Kenapa jaringan wifi fi HP saya lemot? Kenapa wifi lemot padahal jaringan bagus? Untuk menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan rangkuman jawabannya di bawah ini.

Koneksi internet terganggu

Penyebab pertama mengapa jaringan internet di HP Anda lemot adalah koneksi internet terganggu. Untuk memastikan apakah internetmu terganggu atau tidak, maka Anda bisa mencobanya di sini. Jika kecepatan internetnya normal dan wajar, Anda bisa mengecek penempatan router wifi Anda.

Namun jika ternyata tidak ada koneksi internet, kemungkinan gangguan jaringan itu berasal dari provider internet Anda. Jangan ragu untuk menghubungi customer service agar mendapatkan penangan lebih lanjut.

Kabel LAN tidak tersambung dengan baik

Jika masih lemot juga, Anda bisa mengecek kabel LAN di router Wifi Anda. Kemungkinan ada kesalahan dalam menyambung kabel LAN atau kabel LAN belum tersambung dengan tepat. Jika Anda bisa mengeksekusi sendiri, Anda bisa mengatasi permasalah kabel itu sendiri. Namun apabila Anda tidak bisa, jangan ragu untuk menghubungi provider wifi Anda. 

Pastikan Anda tidak mencoba-coba menyambungkannya jika memang tidak paham. Hal itu bisa merusak router Wifi itu sendiri.

Salah Penempatan Router

Anda dapat mengecek posisi router WiFi jika jaringan masih lemot di HP OPPO Anda. Router ini layaknya antena pada TV di rumah Anda. Jika penempatan router di lantai atau di posisi yang rendah, sinyal wifi pun tidak bisa menjangkau ke tempat yang lebih jauh. Untuk mengatasi ini, Anda bisa meletakkan router di posisi yang lebih tinggi. Bisa di atas almari atau membuatkan tempat sendiri yang lebih tinggi.

Selain itu, jangan tempatkan router di ruangan tertutup! Itu akan menghambat sinyal Wifi Anda. Kalaupun sinyalnya bagus, itu hanya di ruangan itu saja. Di luar ruangan itu, sinyalnya yang Anda dapatkan lemah dan membuat kecepatan internet lemot. Pastikan Anda memilih ruangan terbuka yang bisa menjangkau banyak tempat untuk router WiFi Anda.

Namun juga jangan Anda tempatkan di dekat jendela. Itu berpotensi membuat internet Anda lemot. Penyebabnya karena jaringan internet akan terbagi ke dengan ruang yang berada di luar jendela. Anda juga bisa menjauhkan barang eletronik dari posisi router agar internet tida lemot. Mengapa? Karena alat elektronik tersebut menghasilkan gelombang eletromagnetif yang membuat kecepatan internet kurang optimal.

Jarak Router Terlalu Jauh

Penyebab mengapa jaringan internet Wifi Anda lemot selanjutnya karena jarak router Anda terlalu jauh. Penempatan router terlalu jauh dengan posisi Anda. Jadi, sinyal yang didapatkan oleh HP OPPO Anda juga lemah. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa meletakkan router di tempat yang strategis. Ya, tempat yang sering Anda tempati, misalnya ruang tamu atau ruang keluar yang sering Anda jadikan untuk beraktivitas dengan ponsel Anda.

Banyak Pengguna

Alasan internet wifi lemot selanjutnya karena pengguna wifi terlalu banyak. Jaringan internet wifi itu bisa digunakan oleh siapapun selama ponsel mereka masih menjangkau sinyalnya. Namun jika banyak yang menggunakan maka akan berpengaruh pada kecepatan internetnya.

Di saat yang bersamaan banyak yang menggunakan wifi, maka kecepatan internet pun akan menurun. Apalagi, jika Anda pengguna laptop atau komputer yang menggunakan wifi yang sama. Hal itu akan berpengaruh pada kecepatan jaringan internet Anda.

Sebagai contohnya adalah wifi publik, kecepatan internetnya pasti terbatas. Hal itu karena banyak yang menggunakan untuk berbagai keperluan mereka, termasuk main game online atau nonton video di Youtube.

Download File-file Besar

Download file-file besar juga mempengaruhi kecepatan internet. Apalagi yang mendownload file besar tersebut tidak hanya satu pengguna. Maka hal itu bisa  mengakibatkan jaringan menjadi down dan kecepatan internet menjadi turun drastis.

Jika Anda sedang download file besar dan kecepatan internetnya turun, itu hal yang wajar. Namun jika tidak sedang melakukan pengunduhan file besar, namun internetnya lambat. Anda bisa melaporkan permasalahan ini kepada provider internet Anda.

Cara Mempercepat Jaringan HP OPPO

Bagaimana cara mempercepat jaringan wifi di HP? Sama dengan solusi di atas yakni memblokir iklan, menggunakan VPN, dan membersihkan cache browser. Selain itu, Anda juga bisa memasang aplikasi percepatan koneksi  yang bisa Anda download di Play Store.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Anda bisa menemukan aplikasi yang cukup efektif untuk mempercepat jaringan internet di HP Anda. Meskipun perlu pembuktian yang lebih lanjutan, banyak yang sudah menggunakan dan memberikan feedback bagus.

Adapun aplikasi mempercepat jaringan internet ini diantaranya: Network Speed Booster, Internet Speed Master atau Accelerator Plus. Anda tinggal download dan memasang salah satu aplikasi tersebut. Setelah itu, rasakan perbedaan kecepatan jaringan internet HP Anda!

Cara Mengatasi jaringan Wifi Lemot di HP OPPO

Dalam sub-bahasan ini, kami akan memberikan solusi internet lemot sesuai dengan penyebab-penyebabnya. Adapun solusi jaringan Wifi lemot adalah sebagai berikut.

Batasi Pengguna Internet

Jika salah satu penyebab jaringan wifi menjadi lemot karena banyak pengguna, maka Anda harus membatasi pengguna wifinya. Bagaimana caranya? Anda bisa memakai password wifi. Password tersebut hanya Anda beritahukan kepada orang yang Anda kehendaki. Dengan demikian, orang lain yang numpang wifi  tanpa izin tidak bisa menikmati fasilitas wifi dari Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah password secara berkala untuk mengantisipasi pembobolan password yang sudah ada.

Batasi Kecepatan Download

Jaringan internet menjadi lemot karena untuk mengunduh file-file besar. Maka dari itu, Anda bisa mengantisipasinya dengan membatasi kecepatan downloadnya.  Pembatasan kecepatan itu akan membuat jaringan internet menjadi lebih stabil dan menghindarkan Anda dari jaringan lemot.

Posisikan Router di Tempat yang strategis

Untuk bisa menjangkau banyak tempat, Anda bisa menempatkan router di posisi yang lebih tinggi. Bisa di atas almari atau di tempelkan di atas pintu. Usahakan jangan menaruhnya di ruangan yang tertutup. Itu akan menghalangi sinyal untuk menjangkau luar ruangan itu.

Letakkan di dekat di mana Anda  dan keluarga sering beraktivitas dengan menggunakan ponsel. Hal itu akan membuat sinyal yang diterima HP OPPO Anda kuat. Kecepatan internet pun juga akan stabil untuk berbagai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Ada beberapa cara mengatasi wifi lemot di HP OPPO yang bisa Anda coba sendiri. Seperti memblokir iklan, menghidupkan VPN dan beberapa yang lainnya. Selain itu, Anda juga  perlu mengantisipasi penyebab jaringan wifi menjadi lemot. Adapun solusi untuk mencegahnya diantaranya membatasi pengguna internet, membatasi kecepatan download dan memposisikan router di tempat yang strategis.

Post a Comment for "cara mengatasi wifi lemot di HP OPPO. HP Anda Jadi Cepat dan Wuuusss"