Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kapan TV Analog di Hapus dan Apa Solusinya ? Simak Penjelasannya




Kapan TV Analog di Hapus
Mengetahui Kapan TV Analog di Hapus

Kapan tv analog di hapus. Televisi merupakan salah satu hiburan dan update informasi yang masyarakat butuhkan selama ini. Berkembangnya teknologi informasi, membuat mereka mulai meninggalkan televisi sebagai sumber informasi primer. Banyak orang yang lebih suka mencari informasi dengan cara googling di internet. Akhirnya sajian konten televisi mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat.

Kapan tv analog di hapus? Pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informasi akan menghentikan penyiaran televisi analog pada akhir november 2022.

Mau tahu kenapa tv analog akan dihapus dan bagaimana solusinya? Simak artikel ini hingga selesai.

Kapan tv analog di hapus

Dalam waktu dekat tv analog akan hilang dari peredaran. TV analog akan tergantikan oleh televisi digital. Televisi digital terkenal sebagai televisi yang ramah internet, hemat penggunaan paket data, memiliki suara yang jernih, gambar yang jelas dan beberapa manfaat yang lainnya.

Baca juga: Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual dengan Mudah Praktis

Pengertian tv analog

Apa yang dimaksud dengan tv analog? TV analog adalah sebuah tv yang bergantung penuh pada frekuensi yang dikeluarkan oleh sebuah pemancar televisi. Keberadaan antena sangat penting pada tv analog karena pemancar memancarkan sinyal.

Antena menangkap sinyal ini dan masuk pada televisi. Semakin dekat televisi dengan stasiun pemancar atau relay, maka sinyalnya semakin kuat. Sebaliknya, semakin jauh televisi analog dari pemancarnya, maka sinyalnya semakin lemah.  Channel yang masuk juga semakin kecil dan melemah.

Sedangkan Wikipedia memberi definisi tv analog sebagai televisi yang terpancar menggunakan variasi voltase (frekuensi) bersumber dari sinyal. Pada televisi  analog biasanya menggunakan frekuensi NTSC (National Television System Committee), PAL dan SCAM.

Faktor penting yang mendukung sebuah tv analog berfungsi dengan baik adalah antena. Maka Anda perlu memasang antena pada tempat yang strategis dan tanpa ada halangan. Sehingga sinyal yang dipancarkan oleh stasiun televisi atau relaynya bisa diterima oleh antena dengan baik dan sempurna.

Baca juga: Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix Yang Hilang

Apakah benar tv analog akan dihapus

Beredar kabar bawha KOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informasi) berencana mematikan siaran tv analog secara permanen. Rencana ini akan terlaksana secara bertahap dan berakhir pada November 2022.

Hal ini sesuai dengan rancangan teknis dari lembaga penyiaran publik, lembaga penyiaran swasta serta lembaga penyiaran komunitas. Jasa penyiaran televisi wajib menghentikan siaran televisi analog mereka pada 2 november 2022 pukul 24 wib.

Alasan TV analog akan dihapus



Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa pemerintah menghapus tv analog, Apakah tv analog mengganggu. Ataukah sudah tidak bermanfaat sama sekali?

Berikut kutipan dari JUBIR (Juru Bicara) Kominfo.

Dia menyebutkan bahwa “Pemerintah mematikan tv analog karena terbatasnya spektrum frekuensi yang ada”. Pemerintah mulai menata kembali bagaimana masyarakat bisa menikmati siaran televisi tanpa menggunakan frekuensi manual.

Masyarakat bisa menikmati televisi menggunakan frekuensi digital yang lebih ringan, mudah dan murah.

Tv digital solusi bila tidak ada tv analog

Apakah Tv analog frekuensinya benar-benar akan dihapus? Anda tidak perlu kuatir tetap ada solusi untuk hiburan Anda dan keluarga. Salah satunya adalah memanfaatkan tv digital. Pada TV digital Anda tidak perlu membeli peralatan tv lagi  tetapi Anda cukup membeli antena saja. Tepatnya, antena digital. Ada dua cara agar Anda bisa menikmati tv digital dari rumah Anda:

Pertama, Memanfaatkan STB (Set Top Box)

STB merupakan sebuah device (alat) yang berfungsi melakukan konversi sinyal digital menjadi suara dan gambar yang bisa tampil pada televisi biasa.

Sehingga dengan memanfaatkan STB ini, Anda tidak perlu menjual tv analog Anda dan membeli tv digital terbaru. Anda cukup menambahkan antena digital dan STB ini untuk mengubah sinyal digital ke tv analog yang Anda punya.

Kedua, membeli tv digital

Anda tidak perlu membeli STB tetapi Anda langsung membeli tv digital. Anda punya tv digital, maka Anda tidak memerlukan perangkatan yang lain.

Secara fisik tv digital dan tv analog tidak jauh berbeda. Anda perlu berhati-hati saat membeli pastikan yang Anda beli benar-benar tv digital yang bisa menangkap sinyal digital tanpa memerlukan peralatan tambahan.

Tetapi walaupun Anda menggunakan televisi digital Anda tetap perlu menggunakan antena digital untuk mendukung sinyal.

Baca juga: Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual dengan Mudah Praktis

Kelebihan televisi digital dibanding TV analog

Saat tv digital sudah lounching, maka masyarakat akan menerima siaran informasi, berita dan apapun jauh lebih cepat dan berkualitas.

Berikut beberapa keuntungan tv digital dibanding tv analog:

  1. Kecepatan internet tinggi
  2. Gambar lebih jernih jelas
  3. Suara lebih jernih dan mantap
  4. Pilihan channel stasiun televisi lebih banyak

Kesimpulan

Menikmati siaran televisi adalah hiburan bagi masyarakat. Terutama masyarakat yang tinggal di pedesaan.

Tidak semua orang bisa mengakses internet sebagai sumber informasi yang lengkap dan banyak pilihan. Salah satunya karena sinyal yang lemah. Lokasi jauh dari kota.

Daya beli lemah untuk membeli android dan lain sebagainya.

Pemerintah menutup siaran tv analog karena kurang efektif dan efesien. Tv analog cenderung lebih boros insfrastuktur, biaya penyiaran  lebih mahal dan mulai tertinggal dengan negara lain. Maka pemerintah melalui Kominfo memberikan solusi terbaik, memanfaatkan TV digital.

Post a Comment for "Kapan TV Analog di Hapus dan Apa Solusinya ? Simak Penjelasannya"