Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan Cara Restart HP Oppo Tanpa Tombol Power

Cara Restart HP Oppo Tanpa Tombol Power
Cara Mudah Restart HP Oppo Tanpa Tombol Power

PENAGUN.COM. Saat tombol power HP Oppo Anda rusak atau tidak berfungsi, tentu sangat menyebalkan. Hal itu karena tombol tersebut sangat fungsional dalam me-restart ponsel Anda. Tanpa tombol tersebut, masih banyak yang bingung bagaimana menghidupkan atau mematikan HP tanpa tombol power. Nah, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan panduan cara restart HP OPPO tanpa tombol power.

Cara yang paling umum untuk restart HP memang menekan tombil power dan tombol volume secara bersamaan. Namun, bagi ponsel yang salah satu tombolnya sudah rusak. Kami akan memberikan langkah-langkah restart HP dengan lengkap dan mudah.

Cara ini bisa Anda coba untuk berbagai merek HP OPPO. Jadi, silahkan baca artikelnya hingga selesai untuk tutorial lengkapnya.

Cara Restart Hp Oppo Tanpa Tombol Power

Memang cara yang paling mudah untuk mematikan ponsel adalah menekan tombol power dan volume up secara bersamaan. Setelah itu, ponsel Anda akan otomatis restart sendiri. Cara ini termasuk cara yang universal. Tidak hanya berbagai merek ponsel OPPO saja, namun juga ponsel dari berbagai merek yang lainnya.

Namun bagaimana jika tombol power rusak? Nah, ini terkadang yang menjadi masalah. Namun, Anda jangan khawatir karena ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mematikan ponsel tanpa tombol power.

Salah satu caranya Anda bisa mengecek mengapa tombol HP tersebut tidak berfungsi lagi. Jika karena hanya terlepas tombolnya, maka Anda bisa menggunakan tusuk gigi. Ya, tusuk gigi yang selama ini kita gunakan untuk membersihkan sisa makanan di mulut kita.

Jika kerusakannya hanya lepasnya tombol power, maka tusuk gigi ini sangat work. Anda masih bisa mematikan, menghidupkan bahkan restart HP dengan menggunakan tusuk gigi tersebut. Caranya pun sangat mudah. Anda tinggal colokkan tusuk gigi tersebut ke komponen tombol power.

Ketika Anda mencolokkan ke dalam komponen power, lakukan secara perlahan-lahan! Jangan sampai merusaknya hingga menjadi tidak berfungsi lagi. Namun, cara ini hanya bersifat sementara. Anda harus memperbaiki lepasnya tombol power tersebut agar bisa berfungsi normal kembali.

Cara ini tidak berlaku jika memang yang rusak komponen power di dalamnya. Jika seperti itu, Anda bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan fitur bawaan dari ponsel hingga menggunakan aplikasi.

Baca juga: Cara mengatasi wifi lemot di HP OPPO. HP Anda Jadi Cepat dan Wuuusss

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

Untuk mematikan HP OPPO tanpa tombol power, Anda bisa menggunakan fitur tambahan. Adapun fitur yang bisa Anda gunakan adalah pengatur purna tugas.  Fitur ini bisa Anda temukan di berbagai HP OPPO baik tipe lama maupun tipe baru. Namun memang tidak semua HP OPPO sudah ada fitur pengatur purna tugas ini.

Menggunakan pengaturan di ponsel OPPO Anda

Cara menggunakan fitur ini pun juga cukup mudah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama, buka menu pengaturan di ponsel OPPO Anda.

Kedua, pilih pengaturan lainnya atau pengaturan tambahan.

Ketiga, pilih pengaturan waktu tugas. Opsi ini biasanya berada di bawah pilihan tanggal dan waktu.

Keempat, silahkan atur jam waktu tugas baik mematikan atau menghidupan HP OPPO Anda. Anda bisa mengaturnya dengan menggeser jamnya.

Kelima, aktifkan pengaturan tersebut.

Setelah Anda menggunakan pengaturan waktu tugas ini, maka HP OPPO Anda akan mati dengan otomatis. Anda bisa mengatur durasi waktu HP dalam keadaan mati.

mematikan HP OPPO dengan menggunakan fitur Aksebilitas

Selain menggunakan pengaturan waktu tugas, Anda bisa mematikan HP OPPO dengan menggunakan fitur Aksebilitas. Fitur ini terdapat di berbagai ponsel android termasuk ponsel OPPO. Bagaimana untuk bisa menggunakan fitur ini? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasannya sebagai berikut.

Pertama, buka menu pengaturan atau setting di ponsel OPPO Anda.

Kedua, pilih Aksebilitas.

Ketiga, pilih menu Interaction and Dexterity

Keempat, fokus pada bagian atas, pilih opsi Assistan Menu.

Kelima, aktifkan opsi hingga menjadi On.

Setelah itu, fitur menu asisten ini sudah berfungsi dan akan muncul di layar ponsel Anda. Untuk mematikan ponsel, Anda tinggal menekan menu tersebut. Pilih opsi Power Off menu. Selanjutnya, Anda bisa memilih opsi menu screen off untuk mematikan HP tersebut.

Cara Shutdown Hp Oppo Tanpa Tombol Power

Cara Shutdown Hp Oppo Tanpa Tombol Power


Pada pembahasan di atas, kami sudah memberikan cara mematikan HP OPPO dengan menggunakan fitur bawaan ponsel. Anda juga bisa mematikan HP OPPO dengan menggunakan beberapa pilihan aplikasi yang tersedia di Play Store, seperti aplikasi “Double Tap Screen on and Off” dan “Power Button to Volume Button”

Aplikasi “Double Tap Screen on and Off” bisa Anda instal di ponsel OPPO Anda. adapun langkah-langkahnya mengaktifkan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

Pertama, instal aplikasi “Double Tap Screen on and Off” dari Play Store. Tunggu hingga selesai mengunduh.

Kedua, buka aplikasi tersebut.

Ketiga, aktifkan menu Double Tap to Screen On

Keempat, jika muncul kotak peringatan, tekan OK saja.

Aplikasi sudah berjalan. Jika Anda ingin mematikan ponsel Anda, Anda cukup mengetuk menu Screen Off pada fitur bawan android Anda. Untuk mengakses fitur tersebut, Anda harus mengaktifkannya terlebih dulu untuk perizinannya.

Untuk menggunakan aplikasi ini memang sedikit ribet dan tidak semua ponsel support. Oleh karena itu, jika Anda sudah mencoba namun tidak berhasil, Anda bisa menggunakan opsi aplikasi kedua yakni Aplikasi “Power Button to Volume Button”

Bagaimana cara instal aplikasi “Power Button to Volume Button” ini? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama, instal aplikasi “Power Button to Volume Button” dari Play Store. Tunggu hingga selesai mengunduh.

Kedua, buka dan jalankan aplikasi tersebut.

Ketiga, pilih opsi Enable atau Disable Volume Power

Keempat, Aktifkan Boot Anda Screen Off.

Setelah semua Anda aktifkan, selanjutnya Anda bisa merestart HP OPPO Anda. Setelah itu, saat Anda ingin mematikan HP Anda, Anda cukup mengetuk opsi Turn Off Screen.

Ada banyak aplikasi di Play Store yang bisa Anda gunakan untuk mematikan ponsel OPPO Anda. Namun kedua aplikasi di atas merupakan aplikasi yang banyak penggunanya serta terbukti cukup efektif untuk mematikan ponsel tanpa menggunakan tombol power.

Cara Reboot Hp Oppo Tanpa Tombol Power

Cara Reboot Hp Oppo Tanpa Tombol Power


Sebenarnya apa manfaat HP di restart? Restart atau Reboot HP memang penting untuk menjaga dan meningkatkan performa HP. Jika Anda merasa HP Anda lemot, salah satu cara mengatasinya adalah dengan restart HP Anda. Jika di atas, kami sudah menjelaskan restart HP menggunakan alat tusuk gigi atau jarum. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan panduan cara restart HP OPPO tanpa tombol power dengan aplikasi. 

Bagaimana restart HP OPPO dengan aplikasi? salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Shutdown dari developer Semiadom yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store.

Mengapa kami merekomendasikan aplikasi ini? Aplikasi bisa Anda jalankan di semua jenis ponsel, termasuk ponsel besutan OPPO. Selain itu, Anda juga tidak perlu root ponsel Anda untuk bisa menjalankan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga berukuran yang cukup kecil, tidak lebih dari 100Kb. User interface aplikasi ini juga cukup sederhana sehingga bisa digunakan oleh pengguna berbagai usia. Yang lebih keren lagi, aplikasi ini juga tidak mengandung iklan. Jadi Anda tetap nyaman menggunakannya.

Memasang aplikasi Shutdown pada ponsel Anda

Berikut langkah-langkah memasang aplikasi Shutdown di ponsel Anda.

Pertama, install aplikasi “Shutdown” dari Play Store.

Kedua, tekan icon aplikasi

Ketiga, ada empat pilihan menu diantaranya restart, power off, silent dan airplane. Opsi tersebut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Keempat, ketuk opsi restart.

Setelah itu, ponsel akan melakukan restart otomatis. Tunggu proses muat ulang tersebut hingga selesai dan ponsel Anda akan muat ulang tanpa menggunakan power off.

Namun jika tombol power Anda rusak, maka kami sarankan Anda memilih opsi restart atau reboot. Dengan demikian, ketika Anda akan menghidupkan kembali, Anda tidak perlu menekan tombol power.

Selain menggunakan aplikasi Shutdown di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan di Play Store seperti aplikasi Fast Reboot. Untuk menginstal aplikasi ini, langkah-langkahnya hampir sama dengan aplikasi Shutdown di atas.

Aplikasi Fast Reboot ini juga menjadi pilihan banyak pengguna untuk reboot HP tanpa menggunakan tombol power.

Penyebab Perlu Restart HP Anda

Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda merestart HP Anda. Nah, berikut adalah manfaat lengkapnya.

Menyegarkan sistem ponsel

Dengan Anda merestart ponsel OPPO Anda, maka semua file sementara, termasuk sampah ponsel yang tidak penting di sistem ponsel akan terhapus secara otomatis. Ketika ponsel Anda menyala kembali, maka sistem ponsel akan lebih segar dan siap untuk Anda gunakan kembali sebagai daily driver.

Mengatasi Aplikasi Bermasalah

Ada aplikasi bermasalah di ponsel Anda? Tenang. Anda bisa memuat ulang ponsel Anda. setelah Anda memuat ulang ponsel, aplikasi yang eror tersebut bisa Anda gunakan kembali dengan normal.

Membersihkan RAM

Reboot ponsel juga mempunyai manfaat untuk membersihkan kapasitas RAM. RAM penuh akan mempengaruhi kinerja ponsel. Jika RAM tidak rutin Anda bersihkan, maka akan berpengaruh ponsel Anda menjadi lemot. 

Mengatasi Gagal Sistem pada Ponsel

Mungkin Anda sering menemukan ada beberapa fitur ponsel OPPO Anda yang tidak bekerja dengan baik. Oleh karenanya, reboot ponsel bisa Anda lakukan untuk mengatasi gagal sistem pada ponsel Anda.

Itulah empat alasan mengapa Anda perlu melakukan restart HP OPPO secara rutin. Dengan menggunakan cara di atas, Anda bisa reboot HP dengan mudah sekalipun tanpa menggunakan tombol power.

Kesimpulan

Jika Anda mendapati ponsel Anda bermasalah pada tombol powernya, maka Anda bisa melihat panduan cara restart HP OPPO tanpa tombol power. Anda masih tetap bisa memuat ulang ponsel Anda dengan memanfaatkan fitur yang tersedia pada ponsel tersebut. Ada beberapa fitur bawaan ponsel yang memudahkan Anda untuk mematikan atau menghidupan ponsel OPPO dengan sekali ketuk.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan, seperti aplikasi Shutdown atau Fast Reboot untuk memuat ulang ponsel. Dengan bantuan aplikasi tersebut, Anda bisa menghidupkan ponsel dengan cepat. Namun demikian, kami tetap menyarankan Anda untuk memperbaiki ponsel Anda agar bisa bekerja dengan baik. Tombol power tidak hanya berfungsi untuk reboot saja namun juga untuk kebutuhan yang lainnya.

Post a Comment for "Panduan Cara Restart HP Oppo Tanpa Tombol Power"