Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan Cara Mengatur Kecepatan Wifi Indihome Rumah Anda

Cara Mengatur Kecepatan Wifi Indihome

Indihome menjadi salah satu layanan internet yang memiliki basis WiFi serta menjadi andalan bagi banyak pengguna internet di Indonesia. Selain mempunyai layanan yang unggul, kecepatan jaringan milik Indihome sangat kuat dan stabil sehingga banyak orang yang menggunakan layanan ini. Walaupun demikian, jika terlalu banyak pengguna yang terhubung pada satu SSID yang sama, maka kecepatan koneksipun akan semakin lemah.

Bagaimana cara mengatur kecepatan WiFi indihome? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan Wifi di rumah Anda antara lain:

  1. Masuk ke Situs Pengaturan Modem
  2. Mencari Alamat IP Modem
  3. Mengubah Pengaturan Modem
  4. Menggunakan Software P2pover

Koneksi internet yang melemah, pasti akan membuat penggunanya jengkel. Karena, Anda sudah mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk memperoleh koneksi, namun justru malah lemot. Apalagi jika para penggunanya orang-orang yang tidak Anda kenal. Nah, agar WiFi Anda berjalan dengan stabil dan koneksinya lancar. Maka Anda perlu membatasi jumlah pengguna WiFi. Hal ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif agar terhidar dari koneksi yang lemot.

Namun, dari banyaknya pengguna indidome masih ada yang bingung apakah indohome bisa dibatasi penggunanya? Jawabannya adalah bisa. WiFi Anda akan lemot jika terlalu banyak pengguna yang terhubung secara bersamaan. Untuk itu Anda harus tahu bagaimana cara membatasi pengguna WiFi.

Mau tahu bagaimana perinciannya masing-masing? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Bandwith Internet

Bagi Anda yang masih bingung dengan bandwith internet itu apa? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Bandwidth Internet

Bandwidth merupakan kapasitas yang bisa digunakan pada kabel ethernet agar trafik paket data bisa melewati dengan maksimal tertentu. Pengertian lainnya dari bandwidth internet yaitu jumlah konsumsi transfer data yang terhitung dalam satuan waktu bit per second (bps).

Lalu, apa itu bandwith pada indihome? Bandwidth intenet indihome adalah kapasitas maksimal dari jalur komunikasi untuk melakukan proses penerimaan dan pengiriman data dalam hitungan detik.

Ada istilah lain yaitu Bandwidth Analog. Bandwidth Analog merupakan perbedaan antara frekuensi yang terendah dengan frekuensi yang tertinggi pada suatu rentang frekuensi. Cara mengukurnya dengan menggunakan satuan waktu Hertz (Hz) untuk mengetahui informasi atau data yang bertransmisi pada suatu waktu.

Sebagian orang menganalogikan Bandwidth dengan lebar jalan raya. Sedangkan data yang masuk melewatinya bisa diibaratkan kendaraan yang melintasi jalan raya tersebut. Semakin sedikit kendaraan yang lewat, maka lalu lintas menjadi semakin lancar. Begitupun sebaliknya.

Semakin besar bandwidth (jalan) maka semakin besar juga kendaraan yang bisa melewatinya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika bandwidth menjadi pertimbangan Anda dalam menggunakan jaringan internet. Karena, semakin besar bandwidth maka kecepatan pertukaran data yang terjadi akan semakin cepat.

Baca juga: Cara mengatasi wifi lemot di HP OPPO. HP Anda Jadi Cepat dan Wuuusss

Cara Mengatur Kecepatan WiFi Indihome

Ada cara membatasi dan juga cara mengatur kecepatan WiFi indihome yang bisa Anda coba di rumah. Anda bisa melakukannya dengan mengubah pengaturan pada modem WiFi.

Namun agar tidak memperlambat koneksi internet, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu pengguna WiFi. Apakah ada pengguna tidak mendapatkan izin menggunakan jaringan WiFi Anda.

Selain menggunakan mikrotik, Anda bisa mengatur kecepatan WiFi Indihome dengan menggunakan browser lewat HP Android. Simak caranya berikut ini.

Masuk ke Situs Pengaturan Modem

Cara mengatur kecepatan WiFi Indihome bisa dengan masuk ke situs website pengaturan modem Indihome. Anda dapat melakukannya lewat browser di HP atau laptop. Setiap jenis modem mempunyai alamat IP yang berbeda.

Kemudian masuk atau login dengan user dan kata sandi, biasanya username dan kata sandi default sudah tersedia pada bagian modem, buku manual atau kardus modem tersebut.

Mencari Alamat IP Modem

Untuk mengatur kecepatan WiFi melalui pengaturan modem, Anda harus mengetahui alamat IP modem tersebut. Anda bisa mencarinya dengan membuka pengaturan cmd lewat PC atau laptop.

Caranya yaitu dengan menekan tombol Windows+R bersamaan, lalu akan muncul kotak dialog cmd. Kemudian pilih OK. Anda harus mengetikkan “ipconfig” kemudian tekan enter. Biarkan sistem bekerja. Cari menu “Ipv4 Address”, kemudian lihat sebelah kanannya. Angka yang muncul tersebut, menunjukkan alamat IP modem Anda.

Mengubah Pengaturan Modem

Jika Anda sudah berhasil masuk, maka cara mengatur kecepatan WiFi Indohome Anda dan membatasi kecepatannya adalah dengan mengubah pengaturan modem. Caranya yaitu pilih tab “Network”, lalu pilih menu “WLAN” dan menu “Basic” untuk mengubah pengaturan.

Selanjutnya pilih atau centang pada kolom “IEEE 802.1.11b Only” pada kolom “Mode”. Kemudian tekan tombol “Submit”. Namun, setiap model mempunyai cara yang berbeda dalam mengatur dan membatasi kecepatan WiFi.

Menggunakan Software P2pover

Selain menggunakan pengaturan modem, Anda juga bisa membatas kecepatan WiFi Indihome dengan menggunakan software P2pover. Software tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara mengunduhnya secara gratis di internet.

Pastikan Anda sudah terhubung ke jaringan WiFi, lalu pilih tab “Advanced Option”. Pada system setting Anda bisa memilih menu Adapter, kemudian klik “Auto Select” dan “OK”.

Atur waktu untuk membatas lewat menu “Schedule Setting”. Pengaturan ini untuk membatasi hari hingga jam pembatasan WiFi. Anda dapat mengatur limit WiFi pada menu “Rule Setting”. Kemudian pilih pengguna yang akan Anda batasi dengan cara pilih menu “Scan”.


Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatur kecepatan WiFi Indihome. Sekarang Anda bisa mengatur kecepatan dan membatasi kecepatan internet tanpa harus membeli peralatan mikrotik atau router baru. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

Post a Comment for "Panduan Cara Mengatur Kecepatan Wifi Indihome Rumah Anda"