Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tutorial Cara Membatasi Pengguna WiFi Indihome Fiberhome Anda

Cara Membatasi Pengguna WiFi Indihome Fiberhome
Cara Membatasi Pengguna WiFi Indihome Fiberhome

Indihome menjadi salah satu layanan internet dengan jangkauan yang luas di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan Indihome memiliki banyak pengguna hingga saat ini. Berbicara mengenai Indihome, pernahkah Anda mendengar Indihome Fiberhome? Bagi Anda yang belum tahu, pasti Anda merasa kebingungan. Indihome Fiberhome adalah layanan digital yang menggunakan teknologi fiber optik dengan layanan Triple Play. Layanan ini terdiri dari Telepon Rumah, Internet Rumah, dan TV Interaktif.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mempercayakan Indihome Fiberhome sebagai layanan untuk menunjang akivitas di rumah. Namun, terkadang merasa kesal jika kecepatan internet Anda menjadi lambat karena banyak orang yang menggunakan WiFi Indihome. Apalagi ada pengguna yang ikut menikmati tanpa izin dari Anda.

Untuk itu, Anda harus mengetahui cara membatasi pengguna WiFi Indihome Fiberhome agar kecepatan internet stabil. Selain itu, kuota batas pemakaian wajar Anda juga tidak cepat habis setiap bulannya karena munculnya akses internet dari pengguna yang tidak meminta izin.

Cara Membatasi Pengguna WiFi Indihome Fiberhome

Anda pasti bertanya-tanya, apakah WiFi bisa dibatasi penggunaannya? Tentu saja bisa. Keuntungan jika Anda membatasi WiFi Indihome yaitu Anda dapat mengontrol berapa jumlah pengguna maksimum yang bisa terhubung dengan WiFi Anda.

Selain itu, kecepatan akses internet Anda juga akan semakin stabil, karena pengguna yang tidak terlalu banyak. Jadi semakin sedikit pengguna WiFi Anda, maka semakin stabil juga koneksi internet WiFi Anda.

Masing-masing modem memiliki cara yang berbeda untuk membatasi penggunanya. Jika Anda pengguna WiFi Fiberhome, Anda bisa membatasi pengguna WiFi dengan cepat dan mudah. Pda modem tersebut sudah menyediakan fitur untuk membatasi siapa saja yang dapat menggunakan WiFi. Yuk simak cara membatasi pengguna WiFi Indihome Fiberhome berikut ini.

·         Pertama, sambungkan perangkat ke jaringan WiFi terlebih dahulu.

·         Selanjutnya, Anda harus mengunjungi admin panel pada IP 192.168.1.1. Bisa lewat web browser yang sering Anda gunakan.

·         Kemudian login dengan menggunakan username dan password admin.

·         Lalu, masuk ke bagian menu “Network”. Kemudian pilihlah “WLAN Settings” lalu pilih “WiFi control”.

·         Selanjutnya atur nilai pada bagian kolom SSID yang Anda ingin batasi.

·         Kemudian masukkan angka. Angka tersebut harus sesuai dengan jumlah maksimal pengguna yang bisa terhubung dengan WiFi.

·         Terakhir, tekan tombol “Apply” agar Anda bisa menyimpan perubahan tersebut.

Lalu, berapa batas pengguna WiFi Indihome? Setelah Anda mengaktifkan pengaturan tersebut, secara otomatis hanya beberapa orang saja yang bisa menggunakan WiFi Indihome Anda. Misalnya Anda ingin membatasi pengguna maksimal lima orang yang bisa menggunakan WiFi Indihome, maka lima orang tersebut yang bisa terhubung dengan WiFi Indihome Anda.

Bagi Anda yang tidak menggunakan Indihome Fiberhome, Anda bisa menggunakan cara membatasi pengguna WiFi Indihome berikut ini.

Baca juga: Panduan Cara Restart HP Oppo Tanpa Tombol Power

Cara Membatasi WiFi Indihome ZTE

Cara membatasi WiFi Indihome ZTE tidak berbeda jauh dengan modem Fiberhome. Anda juga dapat memanfaatkan dashboard admin untuk membatasi penggunanya. Mungkin saja, Anda hanya akan menemukan perbedaan dari segi tampilannya saja dan itu tidak menjadi masalah.

Berikut ini cara membatasi pengguna WiFi Indihome ZTE:

·         Pertama ketikkan IP address 192.168.1.1 pada browser Anda, kemudian tekan tombol “Enter”.

·          Selanjutnya, akan muncul tampilan login ZTE.

·         Kemudian Anda dapat memasukkan username admin dan password pada kolom yang telah tersedia, lalu klik login.

·         Anda akan terarah sebagai admin pada dashboard modem Indihome ZTE.

·         Pada dashboard, masuklah ke menu “Network” lalu pilih “SSID Settings”. Pada bagian “Choose SSID”, Anda bisa memilih SSID yang aktif.

·         Pada bagian “Maximum Clients” Anda bisa mengganti dengan angka (misal 1-32) sesuai batas pengguna WiFi yang Anda inginkan.

·         Kemudian tekan tombol “Submit” untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Cara Membatasi WiFi Indihome Huawei

Anda akan tetap menggunakan dashboard admin untuk membatasi pengguna WiFi Indihome pada modem Huawei yang satu ini. Perbedaannya, hanya pada tampilannya saja. Berikut ini cara membatasi pengguna WiFi Indihome Huawei:

·         Pertama ketikkan IP address 192.168.100.1 pada browser Anda, kemudian tekan tombol “Enter”.

·         Selanjutnya, akan muncul tampilan login Huawei pada layar Anda.

·         Kemudian masukkan username telecomadmin dan password admintelecom, kemudian klik “Login”.

·         Anda akan masuk ke dashboard modem Huawei sebagai admin.

·         Selanjutnya, buka menu “WLAN” lalu klik “WLAN Basic Configuration” kemudian pilih “SSID WiFi” yang akan Anda batasi penggunanya.

·         Kemudian pada SSID Configuration Details bagian Number of Associated Devices, Anda dapat mengetikkan jumlah pengguna maksimal WiFi Indihome yang Anda inginkan.

·         Terakhir tekan tombol “Apply” untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Berapa Bandwidth Indihome 20 Mbps?

Nah, berapa bandwith Indihome 20 Mbps? Paket layanan broadband dengan kecepatan akses 20 sampai 50 Mbps, cocok untuk rumah dengan jumlah pengguna yang aktif mengakses internet sebanyak tiga hingga delapan orang. Perangkat yang terhubung ke internet WiFi Indihome Anda bisa sebanyak 4-15, berupa laptop atau PC, Smartphone, televisi, tablet atau IP camera. Jenis aktivitasnya juga beragam, seperti download atau upload file, browsing, video, lagi, streaming Youtube video kualitas HD, dan video OTT.

Baca juga: Panduan Cara Memprogram TV LG Lengkap dan Mudah 

Kesimpulan

WiFi Indihome sudah terkenal dengan jaringan yang cepat dan kuat. Namun, pada kenyataannya terkadang WiFi Indihome bisa mengalami penurunan kecepaatan karena lemot. Solusinya adalah dengan cara membatasi pengguna WiFi Indihome Fiberhome Anda agar kecepatannya kembali stabil. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tutorial Cara Membatasi Pengguna WiFi Indihome Fiberhome Anda"