Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri

Sobat Blogger, pada kesempatan kali ini saya akan share salah satu alternatif tempat atau marketplace belanja atau membeli barang dari luar negeri. Yang melatar-belakangi postingan ini saya buat adalah karena kita tahu salah satu marketplace yang paling familiar yaitu Aliexpress, sudah tidak bisa lagi melayani pengiriman ke Indonesia, karena diblokir dengan alasan yang saya sendiri juga sepertinya belum mengerti sampai sekarang. Berita diblokirnya Aliexpress ini bisa dibaca dipostingan sebelumnya di link ini. Nah setelah bertapa 7 bulan 7 purnama, akhirnya saya bisa menemukan salah satu alternatif marketplace dari china seperti aliexpress yang wajib kita coba jika ingin membeli barang-barang dari luar negeri khususnya dari cina ya, karena marketplace ini memang berasal dari china dan menjual produk-produk yang made in china juga. Marketplace itu namanya adalah TAOBAO.

Cara Daftar di Marketplace TAOBAO

Untuk panduan cara daftar dan juga cara akses di marketplace Taobao ini sebenarnya ada 2 cara yaitu lewat web-nya atau lewat aplikasi android. Kita bisa pilih salah satunya, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Taobao ini adalah marketplace dari china maka dari itu jangan kaget kalau bahasa bawaan-nya adalah bahasa china. Disini saya sarankan, kita gunakan akses dua-duanya yaitu baik lewat web maupun lewat aplikasi android, karena dua-duanya saling melengkapi.

Cara Daftar dan Akses Taobao via Web

Untuk versi web, kita bisa translate dari bahasa china ke bahasa indonesia tentunya kita harus menggunakan browser chrome, karena pengaturan translate bahasa di browser chrome bisa dibilang paling mudah. Kenapa kita butuh fitur translate bahasa? karena seperti kita ketahui, taobao ini marketplace dari china, sehingga bahasa default-nya pun menggunakan bahasa china. Untuk cara daftar di marketplace Taobao via website adalah sebagai berikut.

  • Sebelumnya pastikan kita menggunakan browser google chrome.
  • Pertama kali kita kunjungi web-nya di https://world.taobao.com/
  • Nah, semuanya akan tampil dalam bahasa china.hehe. Tampilan webnya kurang lebih akan seperti ini.
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri

  • Untuk mendaftar atau register, maka klik tanda lingkaran merah pada gambar diatas.
  • Kemudian akan tampil halaman seperti berikut ini.
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri
  • Lihat lingkaran biru pada gambar diatas, pastikan pilihan bahasa english-nya sudah diklik ya.
  • Kemudian lanjut kita isikan saja data-data yang diminta. Untuk kode negara indonesia kita cari +62. kemudian isikan nomer hp kita disebelah kanannya.
  • Langkah berikutnya yaitu bagian kolom Verifikation Code. Kita klik terlebih dahulu tulisan Request Verification Code-nya. Nanti kita akan terima kode verifikasi lewat SMS ke nomer HP kita, lalu masukan kode itu di kolom verification code-nya.
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri
  • Jika sudah klik tombol Agree and Register. 
  • Sekarang kita sudah punya akun di taobao dengan data login menggunakan nomer HP kita.
Untuk cara akses-nya atau cara loginnya adalah sebagai berikut.
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri
  • akan tampil halaman seperti dibawah ini
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri

  • Lihat gambar diatas, langkah pertama, klik tanda lingkaran merah paling atas (langkah 1). Kemudian dibawahnya isikan no.HP yang tentunya sudah kita daftarkan sebelumnya.
  • Kemudian langkah berikutnya request kode dengan mengklik tanda lingkaran merah paling kanan. Biasanya setelah klik request kode sms, akan tampil kode captcha terlebih dahulu. Model captchanya pun model captcha geser. Kita geser ke kanan, akan muncul gambar-gambar berbagai jenis, kita gesernya berhenti di 2 gambar yang sejenis. Misal disitu ada 2 buah hewan beruang, maka kita gesernya sampai gambar beruang yang paling kanan. Jadi kuncinya, kita cari 2 gambar atau lebih yang sejenis. Misal beruang dengan beruang, bunga dengan bunga. Setelah dapat 2 gambar yang sejenis, maka slide kita geser ke bagian gambar sejenis tersebut yang paling kanan atau terakhir. Nah setelah berhasil maka akan keluar tanda centang hijau, maka code akan terkirim ke HP kita.
  • Jika kodenya sudah terkirim via SMS, kita tinggal input saja kodenya seperti keterangan pada gambar diatas.
  • Langkah terakhir klik tombol login yaitu tombol kotak panjang warna merah.
  • Kemudian kita akan masuk ke halaman dashboard Taobao seperti pada gambar dibawah.

Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri

  • Jika masih bingung dengan bahasa china, coba lihat gambar diatas. Pada menu google chrome, lihat pojok kanan atas. Klik tanda bulat 3 seperti ditunjukan pada lingkaran merah paling atas pada gambar diatas.
  • Lalu langkah kedua, klik menu Translate...
  • Bagian atas browser, akan muncul pop-up seperti gambar berikut.
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri

  • Kemudian klik bagian English. Maka pada halaman taobao tersebut akan berubah menjadi bahasa english. Cuma memang pasti ada bagian yang acak-acak-an, tapi setidaknya kita bisa mengira-ngira apa artinya hehe.

Untuk kekurangannya saat akses via web, kalau yang saya alami yaitu setiap kita login atau akses via web, dibutuhkan verifikasi code SMS ke nomer HP kita. Nah kadang kode HP tersebut tidak sampai terkirim ke nomer HP kita, atau kalaupun kodenya terkirim, kadang saat diinput kode tersebut tidak langsung berhasil, terkadang ada batasan atau limit karena beberapa kali kita login. Sebenarnya selain login menggunakan verifikasi kode SMS, ada cara login lain yaitu lewat Scan QR Code. Nah login di web dengan Scan QR Code inilah yang saya sarankan tiap kali kita akses Taobao via website, karena lebih praktis dan pasti berhasil, tidak perlu mengandalkan kode-kode verifikasi. Sarat utama kita login di website Taobao via scan QR Code ini adalah kita harus sudah mempunyai aplikasi Taobao di android. Cara login di website Taobae via scan QR Code ini akan saya jelaskan pada postingan lainnya di blog ini ya.

Cara Daftar dan Akses Taobao via Aplikasi Android

Nah setelah kita tahu cara daftar dan akses Taobao via browser atau web, kemudian kita lanjutkan bagaimana caranya akses atau membuka marketplace Taobao dengan aplikasi android kita. Langkah-langkah-nya adalah sebagai berikut

  • buka playstore di HP android kita
  • cari aplikasi Taobao , berikut gambar logo-nya.

Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri

  • kemudian download dan install seperti biasa di android. Saya anggap teman-teman sudah bisa download dan install aplikasi di android ya, jadi tidak perlu saya jelaskan detil lagi disini.
  • Setelah diinstall, lalu buka aplikasi Taobao tersebut.
  • akan tampil pop-up seperti gambar di bawah ini.
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri
  • Klik saja default-nya atau tombol yang berwarna orange.
  • Biasanya kita akan diarahkan langsung ke halaman marketplace-nya, tetapi posisi kita belum login ya.
  • Untuk memulai login, lihat gambar dibawah ini, klik yang ditandai lingkaran merah.
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri
  • nanti akan masuk halaman login-nya, seperti screenshoot di bawah ini

Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri

  • Nah, pada gambar diatas, lihat lingkaran tanda merahnya, pastikan klik disitu ya. Nanti akan login menggunakan no.HP. No.HP disini adalah no.HP yang sudah didaftarkan lewat website ya, seperti sudah dijelaskan sebelumnya di atas.
  • Nanti kita disuruh input kode negara dan nomer HP, kurang lebih hampir sama saat kita login via web. Untuk kode negara masukan saja +62. kemudian sebelah kanannya nomer HP tanpa awalan 0.
  • Kemudian klik tombol warna orange dibawah-nya. Akan muncul pop-up, klik saja tombol yang menyala orange. Jika nanti ada minta code verifikasi SMS, masukan saja kodenya. Kode nya akan terkirim via SMS ya, biasanya 4 digit angka.
  • Jika sudah berhasil login, maka akan masuk tampilan dashboard aplikasi Taobao-nya. Kurang lebih seperti contoh gambar dibawah ini.
Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri
  • Jika ada popup yang berbunyi allow bla..bla..bla.. seperti contoh gambar diatas, klik saja Allow. Sekarang kita sudah berada di halaman dashboard Taobao.
Untuk aplikasi Taobao ini full menggunakan bahasa cina ya. Untuk saat ini saya belum ketemu caranya agar bisa translate ke bahasa inggris. Saya sudah cari-cari panduannya di berbagai forum, sepertinya katanya sih memang ga bisa translate ke english. Berbeda jika akses via web kita bisa translate ke english. Tapi jika teman-teman ada yang tahu caranya translate ke english di aplikasi Taobao ini, silakan share aja di kolom komentar ya, biar sama-sama belajar. Untuk saat ini saya pun masih meraba-meraba menu-menu di aplikasi Taobao ini, tapi jangan kuatir nanti lama-lama juga bakal hafal kok mana tombol beli, mana tombol keranjang, mana tombol search, mana tombol wishlist/favorit, dan lain-lain hehe. Mungkin lain waktu akan saya jelaskan menu-menu di aplikasi Taobao lewat postingan tersendiri ya.

Bagaimana Cara Pembayaran di Taobao

Nah untuk metode pembayaran memang tidak semudah di aliexpress ya. Kalau di aliexpress kita bisa menggunakan berbagai metode pembayaran tapi untuk Taobao ini hanya menggunakann kartu kredit. Tapi jangan kuatir buat yang tidak mempunyai kartu kredit, kita gunakan pihak ketiga, atau jasa titip (jastip) untuk belanja di taobao ini, jadi kita tinggal terima beres aja, barang tinggal kita tunggu saja di rumah. Nanti akan saya jelaskan di postingan berikutnya, segera saya akan posting. 

Mungkin sementara itu saja share tentang marketplace Taobao, salah satu alternatif belanja dari luar negeri. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Marketplace Taobao, Alternatif Belanja Dari Luar Negeri"