Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix Yang Hilang

Cara mencari sinyal parabola matrix yang hilang
Cara mencari sinyal parabola matrix yang hilang

Sedang asyik-asyiknya menonton TV, tiba-tiba TV Anda sinyalnya hilang. Duh, sedihnya. Padahal, lagi nonton film kesukaan di channel TV parabola. Sebenarnya tidak sulit mencari sinyal parabola matrix yang hilang. Kuncinya adalah tahu penyebabnya. Anda perlu mencari tahu apa penyebab hilangnya sinyal TV Anda. Sehingga Anda bisa menemukan solusi bagaimana cara mencari sinyal parabola matrix yang hilang.

kenapa matrix TV tidak ada sinyal ? bila tv anda menggunakan matrik, maka anda bisa memeriksa komponen berikut ini untuk menemukan solusinya:
1. Receiver
2. Parabola
3. Kabel LNB
4. TV
Penasaran, kenapa sinyal parabola tiba tiba hilang? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Baca juga: Panduan Cara Mencari Saluran TV Digital Manual dengan Mudah Praktis

Cara mencari sinyal parabola matrix yang hilang

sedang mencari solusi bagaimana cara mencari sinyal parabola matrix yang hilang? Anda berada di tempat yang tepat. Anda akan belajar menemukan solusi menyelesaikan sinyal TV matrix yang hilang.

Tahap pertama, Anda perlu mencari tahu apa penyebab utama TV matrix Anda tidak menerima sinyal. Apakah masalah ada pasa receiver, parabola, kabel, LNB atau pada TV-nya. Anda harus menelusurinya terlebih dahulu.
Matrix merupakan salah satu brand (merek) produk penerima siaran TV lewat parabola. Nama matrik sudah dikenal luas oleh masyarakat. Matrix termasuk merek yang dikenal luas dan kualitasnya bagus.

Tetapi bagaimanapun juga, tetap ada potensi terjadi kerusakan pada matrix.

Menemukan kerusakan parabola Matrix

Menemukan kerusakan parabola Matrix


Anda bisa memperoleh informasi tentang kemungkinan kerusakan matrix ini dari indikator yang muncul di TV Anda. Silakan tekan remote control pada receiver.

Apakah ada sinyal yang masuk lewat antena parabola Anda atau tidak? Secara umum indikator ini menunjukkan 2 informasi penting:
Pertama, indikator yang menunjukkan level positif. Artinya sinyal parabola sedang bekerja dengan baik.
Kedua, Indikator kualitas sinyal parabola Anda. Warna indikator ini menunjukkan kekuatan sinyal parabola yang masuk.

Semakin tinggi level pada indikator, maka semakin semakin besar pula sinyal yang mampu ditangkap oleh antena parabola.


Pastikan kedua indikator ini menunjukkan angka positif. Semakin tinggi angka pada indikator menunjukkan kualitas sinyal yang diterima bagus.

Sebaliknya, bila indikator menunjukkan angka 0, maka TV parabola tidak mampu menerima sinyal sama sekali.

Bagaimana bila indikator sinyal parabola matrix 0%  ?

Bila indikator sinyal pada TV Anda menunjukkan angka 0%, maka ini pertanda bahwa LNB pada parabola Anda tidak bekerja dengan baik.

Ada kemungkinan, terjadi kerusakan pada LNB. Bukan hanya LNB, ada kemungkinan ada kerusakan pada kabel antena atau konektor pada antena mengalami kendor.

Anda bisa melakukan pemeriksaan pada semua komponen yang terhubung dengan matrix parabola. Termasuk besar kemungkinan terjadi kerusakan pada kabel parabola.

Bukankah, kabel selain berfungsi untuk menyalurkan sinyal dari parabola ke receiver, juga punya fungsi untuk menyalurkan tegangan receiver ke LNB.

Jadi, kedudukan kabel ini sangat vital. Bila ada gangguan pada kabel, maka yang lain juga ikut terganggu. Pastikan LNB parabola memperoleh tegangan yang cukup dari receiver.

Baca juga: Kapan TV Analog di Hapus dan Apa Solusinya ? Simak Penjelasannya

Tips mengatasi parabola matrix tidak ada sinyal

Saat TV Anda kehilangan sinyal secara tiba-tiba, tentu Anda merasa jengkel dan kecewa. Iya, kan? Padahal, Anda sedang menonton film yang lucu dan kocak.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melakukan pemeriksaan komponen dan sambungan secara berkala. Inilah komponen yang perlu Anda periksa secara berkala:

LNB

Sering sekali penyebab utama hilangnya sinyal pada parabola adalah kerusakan pada LNB. Maka, Anda perlu memperbaiki receiver Anda.

Boleh jadi, LNB rusak karena pengaturan yang kurang tepat. Maka, pastikan Anda melakukan pengaturan pada LNB dengan baik dan benar.

Konektor

Lakukan pemeriksaan pada konektor secara berkala. Konektor terhubung langsung dengan kabel, maka periksa apakah ada masalah dengan kabel dan sambungan pada konektornya.

Pastikan tidak ada kabel yang terputus, lecet karena gangguan tikus. Sering sekali tikus jadi biang kerok sinyal hilang.

Kabel biasanya mengeluarkan aroma yang unik dan bagi tikus ini menarik. Maka dia gigit kabelnya hingga putus. Dikiranya ada makanan di sana. Dia tidak menemukan makanan tapi kabel antena Anda yang jadi korban.

Posisi antena renggang

Bisa saja antena parabola Anda mengalami kerenggangan. Maka, saat terjadi perengangan pada antena, akan mempengaruhi sinyal receiver.

Baut yang kendor membuat sinyal yang masuk terhambat dan tidak sempurna.

Pastikan antena, kabel dan LNB bautnya kuat. Sehingga parabola tidak mudah bergeser karena angin yang kencang.

Transponder

Anda bisa mengecek transpondernya. Ada kemungkinan terjadi masalah pada transponder ini. Maka, cek apakah ada masalah di sini. Misalnya, terjadi perengganngan akibat baut yang kurang kuat. Perbaiki baut dan kencangkan lagi.

Letak parabola

Tanpa Anda sadari, ada penghalang yang menghalangi parabola Anda menerima sinyal.

Misalnya, pohon yang tumbuh di sekitar parabola. Anda bisa memangkas pohon yang rindang agar parabola Anda bisa menerima sinyal dengan sempurna.

Baca juga: Panduan Cara Memasang Kabel Parabola ke TV Led yang Benar 100% Work!

Kesimpulan

Parabola menjadi primadona banyak orang karena bisa menerima banyak siaran televisi dari berbagai negara. Tetapi terkadang Anda merasa kecewa karena tiba-tiba sinyal parabola matrix hilang begitu saja. Dalam kondisi seperti ini, Anda perlu mencari tahu bagaimana cara mencari sinyal parabola matrik yang hilang.

Menjalankan semua tips sederhana yang sudah penulis sajikan dalam tulisan di atas akan membantu Anda menemukan solusi sinyal parabola yang hilang. Sehingga anda bisa menikmati sajian TV yang jernih, jelas dan tanpa ada

Post a Comment for "Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix Yang Hilang"